Sukses

Putri Ariani Bukan Cuma Pikat Juri America's Got Talent, Waktu Kecil Pernah Bikin Anggun dan Indy Barends Berkaca-Kaca

Sukses mendapat Golden Buzzer dari Simon Cowell di America's Got Talent 2023, rupanya Putri Ariani telah lebih dulu membuat juri lain di ajang serupa terkesima.

Liputan6.com, Jakarta - Sukses mendapat Golden Buzzer dari Simon Cowell di America's Got Talent 2023, rupanya Putri Ariani telah lebih dulu membuat juri lain di ajang serupa terkesima.

Sekitar sembilan tahun lalu, Putri Ariani cilik atau seperti dia memperkenalkan diri pada juri, "Nama saya Ariani Nisma Putri, panggilan saya Putri!", mengguncang panggung audisi Indonesia's Got Talent 2014 dengan lagu "Listen" milik Beyonce yang dinyanyikannya.

Suara merdu nan powerful Putri Ariani cilik dan kemampuannya menghayati lagu berhasil membuat juri yang terdiri dari Anggun C Sasmi, Ari Lasso, Indy Barends dan Jay Subiyakto melongo hingga berkaca-kaca. 

Anggun bahkan langsung membelalakkan mata begitu mendengar Putri mulai bernyanyi. Sang diva pun tak kuasa menahan titik air matanya jatuh di akhir penampilan Putri. Begitu pula dengan juri lainnya.

"Aduh..," ucap Anggun sambil kembali mengusap matanya. "Putri, kamu suaranya bagus."

Anggun mengaku iri dengan gadis cilik di panggung. Menurut Anggun, dia tak bisa menyanyikan lagu itu seperti Putri.

"Bikin aku ngiri, soalnya aku enggak bisa nyanyi lagu itu kayak kamu," ucap Anggun.

Ucapan selamat kemudian ditujukan pada ayah dan ibu Putri karena memiliki anak yang sangat berbakat.

"Mama-Papa Putri, Anda adalah orangtua yang sangat beruntung bisa memiliki anak perempuan di usia 8 tahun dengan kualitas suara yang luar biasa," ucap Indy Barends pada kedua orangtua Putri yang bergabung di panggung dengan anak mereka. 

Tak hanya melaju ke babak berikutnya, Putri Ariani ternyata menjadi pemenang Indonesia's Got Talent 2014. Putri yang saat itu berusia 8 tahun memperoleh hasil voting SMS tertinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putri Ariani Bisa Bernyanyi Sejak Usia 2 Tahun

Putri Ariani tak diragukan adalah sosok yang istimewa. Dia dianugerahi bakat luar biasa. Dari koleksi video lawas akun Youtube Indonesia's Got Talent, diketahui Putri telah bisa bernyanyi mengikuti nada di usia 2 tahun. 

"Udah bisa ngikutin lagu sesuai dengan nadanya," ungkap sang ayah. 

Meski putrinya memiliki keterbatasan sejak lahir, ayah Putri yakin bahwa Tuhan punya rencana untuk buah hatinya. 

Selain bernyanyi, Putri juga mahir memainkan alat musik piano. Uniknya, Putri tidak pernah secara khusus belajar bermain piano. Dalam sebuah talkshow, Putri mengaku belajar main piano secara otodidak. Saat bertemu atau berlatih bersama musisi lainnya, barulah Putri mempelajari chord-chord yang benar dari sebuah lagu. 

Tak sekadar bernyanyi dan bermain musik, Putri juga berbakat mencipta lagu. "Loneliness" adalah lagu ciptaannya yang dibawakan sebagai lagu pertama di panggung America's Got Talent 2023. 

 

3 dari 4 halaman

Kisah Tak Biasa Putri Ariani

Kisah hidup Putri Ariani tak biasa. Putri lahir ketika kandungan sang mama belum genap 7 bulan.

Anak pertama pasangan Ismawan Kurnianto dan Reni Alfianty itu lahir saat usia kandungan 6 bulan 18 hari pada 31 Desember 2005. Reni mengalami placenta previa, kondisi ketika ari-ari atau plasenta bayi berada di bagian bawah rahim sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir.

Lahir lebih cepat dari waktu seharusnya membuat Putri harus diinkubator selama 3 bulan. "Keluar-keluar ada kerusakan di mata," ujar Ismawan. 

Dalam kesempatan berbeda, Reni tidak menyangkal bahwa dirinya pun sempat down mendapati kondisi putrinya memiliki keterbatasan.

Terlebih, kata Reni, Putri adalah cucu pertama dari keluarganya dan juga suami. Putri tidak anak, juga cucu yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya.

"Ini kan cucu pertama dari keluarga saya, cucu pertama dari suami saya. (jadi) ditunggu-tunggu banget," katanya.

Saat Putri lahir, kata Reni, dia pun sempat berpikir,"Kenapa aku sih yang dapat? Tapi habis itu, sudahlah, memang Allah titipkan kepada saya. Ini Anugerah yang Allah kasih ke saya."

 

4 dari 4 halaman

Putri Ariani Ubah Insecure Jadi Bersyukur

Upaya untuk membuat Putri dapat melihat pernah dilakukan orangtuanya. Putri dan keluarga pernah berikhtiar hingga ke Singapura serta menjalani prosedur operasi demi membuat kedua matanya dapat melihat.

Namun Tuhan punya kehendak lain. Saat ini, Putri sama sekali kehilangan daya penglihatan. Meski demikian, remaja 17 tahun itu menerima suratan takdirnya dengan ikhlas. Alih-alih meratapi nasib, Putri justru menikmati hidupnya dan tetap positif menjalani keseharian. 

"Putri enggak merasa gimana-gimana sih kan Putri memang enggak ada memori penglihatan ya. Jadi menurut Putri ini normal-normal aja," kata Putri kepada Zaskia Sungkar dalam vlog The Sungkars yang diunggah sekitar tujuh bulan lalu.

Putri punya kiat tersendiri untuk menjalani hidup yang posiitif, salah satunya yakni mengubah rasa insecure menjadi rasa bersyukur. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.