Sukses

Menstrual Disc Alat Tampung Darah Haid Inovasi Baru, Ini Bedanya dengan Cangkir Menstruasi

Dokter kebidanan dan kandungan Dinda Derdameisya menjelaskan soal menstrual disc yang dapat digunakan perempuan ketika datang bulan.

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Dinda Derdameisya menjelaskan soal menstrual disc yang dapat digunakan perempuan untuk menampung darah ketika datang bulan.

Menstrual disc adalah salah satu inovasi terbaru untuk perempuan menampung darah haid pada saat menstruasi,” kata Dinda kepada Health Liputan6.com melalui pesan suara, Sabtu (6/3/2023).

Dengan kata lain, menstrual disc fungsinya sama dengan menstrual cup (cangkir menstruasi). Kedua alat ini bisa menampung darah haid agar tidak merembes. Menstrual disc tidak dibuat khusus sebagai alat hubungan seks.

“Apakah menstrual disc memang dibuat untuk hubungan seks? Enggak, sebenarnya menstrual disc itu sama dengan menstrual cup, gunanya untuk menampung darah haid,” jelas Dinda.

Melansir laman Step to Health, menstrual disc adalah alat sanitasi untuk menampung darah haid yang ramah lingkungan. Tidak seperti pembalut dan tampon, menstrual disc dapat digunakan berulang. Selain tidak menimbulkan banyak sampah, alat ini juga menekan biaya pembelian pembalut.

Selain itu, opsi ini tidak menimbulkan risiko kesehatan apa pun, aman digunakan, dan memberikan serangkaian manfaat lainnya.

Secara fisik, menstrual disc mirip dengan menstrual cup, hanya saja lebih datar dan lebar.

Alat ini terbuat dari silikon berstandar medis. Bahan ini didefinisikan oleh ensiklopedia Netinbag sebagai polimer sintetik yang sifatnya memungkinkan kontak yang aman dengan jaringan hidup. Desain ini memungkinkan menstrual disc untuk ditempatkan cukup dekat dengan leher rahim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mirip Kelopak Bunga Mawar

Beberapa dokter mengatakan bahwa penampilan dan ketebalan alat tersebut mirip kelopak bunga mawar.

Mereka juga menunjukkan bahwa bahan yang digunakan dapat menghindarkan dari kemungkinan mengubah pH vagina atau mengembangkan infeksi.

Menstrual disc memiliki sifat hipoalergenik atau dapat meminimalisasi munculnya alergi. Selain itu, dapat pula mengurangi risiko kebocoran darah karena melekat dengan mulus ke dinding vagina.

Selain manfaat tersebut, memilih menstrual disc adalah cara untuk menghilangkan penggunaan plastik yang berlebihan.

Sebuah laporan di majalah National Geographic menunjukkan bahwa produk menstruasi yang umum terbuat dari berbagai macam plastik. Dibungkus dengan plastik, menggunakan aplikator plastik, tali plastik, dan dengan lapisan penyerap tipis dari unsur yang sama.

3 dari 4 halaman

Perbedaan dengan Menstrual Cup

Sebagai inovasi baru, menstrual disc tentu memiliki perbedaan dengan menstrual cup.

Dari segi ukuran, menstrual disc dibuat dengan satu ukuran yang sama. Sementara, menstrual cup memiliki berbagai ukuran tergantung pengguna.

Menstrual disc tidak memiliki tarikan pegangan seperti menstrual cup. Karena itu, menstrual disc tidak mengganggu pengguna dan lebih nyaman digunakan.

Dari sisi daya tahan, menstrual disc dapat digunakan selama beberapa tahun karena lapisan silikon ultra tipis yang menyusunnya. Meskipun metode ini kurang tahan lama dibandingkan dengan menstrual cup, metode ini tetap ramah anggaran dalam jangka menengah.

4 dari 4 halaman

Penempatan dan Kapasitas

Dari segi penempatannya, menstrual disc ditempatkan sangat dekat dengan serviks atau leher rahim, di area terdalam dari saluran vagina.

Sebaliknya, menstrual cup ditempatkan lebih rendah, hampir di tengah vagina. Sehingga, risiko kebocoran lebih tinggi dari menstrual disc.

Dari segi kapasitas penampungan, menstrual cup memiliki kapasitas penyimpanan 30 hingga 50 mililiter. Sementara, menstrual disc bisa menampung hingga 75 mililiter. Karena tekstur dan desainnya, menstrual disc dapat digunakan hingga 12 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.