Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ramai Bahasan Berhubungan Seks Saat Haid Pakai Menstrual Disc, Aman Enggak Sih?

Liputan6.com, Jakarta Salah seorang influencer di Twitter membagikan pengalaman melakukan hubungan seks saat datang bulan dengan bantuan menstrual disc.

“Akhirnya nyobain berhubungan seksual saat menstruasi pakai Flex menstrual disc. Ternyata nyaman, nggak ganggu aktivitas seksual sama sekali, bahkan nggak ‘berasa’. Ternyata menstrual disc efektif jadi barrier supaya darah nggak luber kemana-mana,” cuit pengguna akun Twitter tersebut pada Jumat, 2 Juni 2023.

Tak butuh waktu lama, unggahan ini pun menjadi bahan perbincangan warganet. Banyak yang penasaran, banyak pula yang mempertanyakan keamanannya.

Terkait hubungan seks saat menstruasi serta penggunaan menstrual disc, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Dinda Derdameisya memberi penjelasan.

“Sebenarnya kalau dari sisi kesehatan sih lebih baik saat menstruasi itu tidak melakukan hubungan seksual," kata Dinda. 

"Hal ini karena ostium atau lubang dari serviks (mulut rahim) itu sedang terbuka dengan keluarnya darah dari rahim, ditakutkan kuman-kuman bisa masuk saat melakukan hubungan seksual,” kata Dinda kepada Health Liputan6.com melalui pesan suara, Sabtu (3/6/2023).

“Jadi yang ditakutkan sebenarnya adalah infeksi,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 3 halaman

Fungsi Menstrual Disc

Dinda kemudian menjelaskan soal menstrual disc. Alat ini merupakan salah satu inovasi terbaru untuk perempuan menampung darah haid pada saat menstruasi.

“Kalau pemasangannya tepat, melakukan hubungan seksual sudah pasti dia  (menstrual disc) tidak mengganggu karena mulut rahimnya tertutup sama menstrual disc.”

“Tapi balik lagi, sebaiknya higienitas atau kebersihannya itu dijaga benar, diperhatikan benar. Karena dengan masuknya menstrual disc, sudah pasti risiko infeksi sudah meningkat. Ditambah lagi aktivitas seksual yang dapat meningkatkan risiko infeksi,” jelas Dinda.

Jadi, lanjutnya, jika memang memilih hubungan seksual menggunakan menstrual disc maka ada baiknya untuk memperhatikan higienitasnya.

3 dari 3 halaman

Menstrual Disc Bukan Alat untuk Hubungan Seks

Seperti dijelaskan Dinda, menstrual disc berfungsi untuk menampung darah haid saat menstruasi. Ini bukan alat khusus yang dibuat agar perempuan bisa melakukan hubungan seksual saat datang bulan.

“Apakah menstrual disc memang dibuat untuk hubungan seks? Enggak, sebenarnya menstrual disc itu sama dengan menstrual cup, gunanya untuk menampung darah haid.”

Hubungan Seks Dianjurkan Saat Tidak Menstruasi

Dari sisi kesehatan, hubungan seks memang dianjurkan saat tidak sedang menstruasi.

“Ini terlepas dari ajaran agama ya, memang seks lebih baik dilakukan saat tidak menstruasi untuk kepentingan kebersihan dan higienitas,” kata Dinda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.