Sukses

Kim Tae Ri Minta Maaf Setelah Disebut Meminta Fans Jadi Penerjemah Gratis Vlognya

Setelah mengunggah pengumuman meminta penggemar menerjemahkan vlognya, Kim Tae Ri minta maaf.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, aktris Kim Tae Ri mendapat kecaman warganet Korea Selatan setelah mengumumkan sebuah proyek untuk penggemar melalui Instagram pribadinya.

Pada proyek itu, wanita kelahiran 1990 tersebut meminta bantuan sukarela penggemar untuk menerjemahkan video-video vlog-nya ke dalam bahasa asal para penggemar, selain Bahasa Inggris.

"Aku berpikir betapa bagusnya jika vlog memiliki subtitle bahasa yang lebih banyak. Pertanyaannya, bagaimana… Lalu aku memiliki sebuah ide. Jika kalian tertarik untuk membantu secara sukarela dengan terjemahan bahasa kalian, tolong isi formulir: taeriblesubtitles.com," tulis Kim Tae Ri pada Senin 24 Mei 2023.

Tak hanya melalui Instagram sang aktris, agensi Kim Tae Ri, Management MMM, juga mengumumkan permintaan ini di kolom komentar video-video vlog sang aktris, seperti melansir Koreaboo pada Rabu 24 Mei 2023.

Seperti diketahui, bintang Twenty Five Twenty One itu telah mengunggah beberapa video vlog kehidupan sehari-harinya. Dari vlog yang dibagikannya, hingga saat ini, hanya dua video yang menampilkan subtitle bahasa Inggris.

Warganet Sebut Kim Tae Ri Tak Menghargai Pekerjaan Penerjemah

Proyek ini menuai pro kontra dan jadi cukup kontroversial, terutama di jagat maya. Menurut banyak warganet, Kim Tae Ri dan agensi terkesan tak menghargai pekerjaan penerjemah

Sebab, warganet berpendapat, jasa penerjemah sebuah video termasuk pekerjaan profesional yang perlu dihargai dengan uang.

"Masalahnya menerjemahkan sesuatu itu nggak kayak Google Translate, langsung keluar artinya, tapi juga harus milih-milih kalimatnya pas atau nggak, mudah nggak memahaminya, dan lain-lain. Belum lagi ngatur timer-nya,” kicau @mb****eso.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kim Tae Ri Meminta Maaf

Sejak itu, makin banyak teguran menghadang sang penerima piala Aktris Terbaik Baeksang Arts Awards 2022.

Tak menyangkal kesalahan, Kim Tae Ri sontak menghapus pengumuman proyek itu dan mengunggah potret layar hitam dengan caption berisi permintaan maaf.

"Saya seharusnya tidak mendekati penggemar saya seolah-olah saya meminta sumbangan bakat. Itu adalah kesalahan yang jelas, dan saya sangat merenungkan fakta bahwa saya sendiri tidak menyadarinya sebelumnya," tulis Kim Tae Ri pada Selasa malam 23 Mei 2023.

"Saya meminta maaf kepada semua orang yang mungkin merasa tidak nyaman karena pikiran dan tindakan saya yang picik," dia menambahkan.

Warganet Lainnya Marah kepada Agensi, Sebut Bukan Salah Kim Tae Ri

Melihat unggahan Kim Tae Ri, para warganet menerima permintaan maaf sang aktris. Sementara itu, beberapa warganet lainnya mengatakan bahwa kasus ini sepenuhnya salah agensi. 

Terutama, mengingat permintaan tersebu menandakan agensi tak bisa mempekerjakan penerjemah.

"Sebenarnya kita misal mau sukarela nge-sub video bias kita yang emang gak ada sub nya dari sana, ya gapapa. Tapi masalahnya ini diminta cuy, like?? Miskin bgt gile maunya gratisan. Ngadi-ngadi, nih, agensi," protes @****ny26.

"Kesalahan agensinya, malah bikin google form pake proses seleksi segala, ya itu sama aja kayak kerja," @i****ismyno1 turut berpendapat.

“Astaga… agency nya kenapa deh? Ngirit budget kah?,” kicau @****gshafa.

3 dari 4 halaman

Penggemar Setia Membela Kim Tae Ri

Di tengah kontroversi, wanita yang memulai karier akting pada 2016 itu tetap memiliki penggemar yang setia mendukungnya.

“Hai Tae Ri, kita semua tahu bahwa kamu adalah orang yang bijaksana dan perhatian. Semua orang membuat kesalahan sesekali. Aku percaya bahwa kamu adalah manusia yang baik dan penyayang. Aku tahu kamu memperlakukan orang dengan hormat dan rasa sayang yang besar,” penggemar dengan akun @525****m memberi dukungan yang disukai ratusan akun.

Penggemar Internasional Kim Tae Ri Sebut Warganet Korea Berlebihan

Tak hanya kontra, komentar yang pro dengan Kim Tae Ri juga mencuat. Menurut beberapa penggemar, warganet Korea atau K-Netz yang mempermasalahkan permintaan tersebut cenderung berlebihan.

“Sumpah K-Netz ni kenapa deh, perasaan fans internasional aja adem ayem, gak ada itu komen-koment kebencian,” komentar penggemar asal Indonesia, @a***36_, disukai hampir seribu akun.

Tak hanya itu, beberapa penggemar sang aktris yang netral turut bangga pada Kim Tae Ri. Sebab, menurut penggemar, yang terpenting adalah sang idola berani mengakui kesalahan dan bertanggung jawab.

“Dear Kim Tae Ri, kami selalu tahu niat baikmu dan kamu akan selalu mendapat dukungan kami,” kicau @****i_yeosin.

4 dari 4 halaman

Drama yang Dibintangi Kim Tae Ri

Terlepas dari isu kontroversi, Kim Tae Ri selalu dikenal sebagai aktris yang sangat berbakat. Bagaimana tidak? Meski baru debut tahun 2016, ia sudah menyabet piala Baeksang Arts Awards 2022 sebagai Aktris Utama Terbaik.

Untuk melihat performa akting Kim Tae Ri yang luar biasa, simak drama-drama berikut.

Mr. Sunshine

Serial televisi Korea Selatan tahun 2018 ini ditulis oleh Kim Eun-sook dan disutradarai oleh Lee Eung bok. Ada banyak bintang terlibat, termasuk Lee Byung-hun dan Kim Tae Ri sebagai pemeran utama. 

Mr. Sunshine adalah drama dengan rating tertinggi ketiga dalam sejarah televisi kabel Korea, dengan episode terakhir mencapai 18,129 persen dan menjaring rating rata-rata 12,955 persen.

Twenty-Five Twenty-One

Tidak semua kisah cinta harus diakhiri dengan pasangan yang bersatu dalam pernikahan dan hal itu tidak apa-apa! K-drama berbasis olahraga ini dibintangi oleh Kim Tae Ri, Nam Joo Hyuk, Jo Yuri, dan Choi Hyun Wook. 

Twenty-Five Twenty-One menjadi salah satu drama Korea yang secara indah menangkap esensi persahabatan di masa muda.

Entourage

Drama dengan genre komedi hitam ini bercerita tentang kehidupan di industri hiburan, berdasarkan serial televisi Amerika dengan nama yang sama.

Drama ini mulai ditayangkan di jaringan kabel tvN 4 November 2016 dan selesai pada 24 Desember 2016. Sayangnya, Kim Tae Ri hanya terlibat sebagai cameo saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.