Sukses

Bio Farma Sudah Menerima Pelatihan Teknologi Vaksin mRNA dari Afrika Selatan

Pelatihan transfer teknologi vaksin mRNA dari Afrika Selatan telah diterima oleh Bio Farma.

Liputan6.com, Bandung Bio Farma telah menerima pelatihan transfer teknologi vaksin messenger RNA (mRNA) langsung dari ‘Hub’ technology transfer Afrigen, yang berlokasi di Afrika Selatan. Pelatihan ini termasuk langkah awal Bio Farma sejak ditunjuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai perusahaan penerima transfer teknologi mRNA pada Februari 2022.

Head of Corporate Communication Bio Farma Iwan Setiawan mengatakan, upaya transfer teknologi vaksin mRNA ini terus berjalan sampai saat ini. Indonesia, dalam hal ini Bio Farma menjalin komunikasi dengan ‘hub’ mRNA Afrigen di Afrika Selatan.

“Kami transfer teknologi juga kemarin dari WHO, istilahnya yang dari ‘hub mRNA’ Afrigen itu. Ya sedang berjalan gitu. Masih terus berproses,” kata Iwan saat diwawancarai Health Liputan6.com usai kunjungan delegasi Ghana di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat pada Rabu, 17 Mei 2023.

Pelatihan Langsung di Afrigen

Saat ini, Afrigen ditunjuk sebagai mRNA Transfer Technology ‘hub’ yang sudah memberikan pelatihan pengenalan (introduction training) terkait mRNA technology.

“Bio Farma baru menerima Package 1a dari Medicines Patent Pool (MPP),” terang Iwan.

Merujuk informasi WHO perihal Technology Transfer Packages: Platform and Product Based WHO, Package 1 adalah kategori R&D Good Manufacturing Practice (GMP) untuk menghasilkan uji klinis Fase I/II.

Kategori 1a disebutkan ‘pelatihan langsung di Afrigen' soal teknologi mRNA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lakukan Transfer Teknologi mRNA

Sebagai informasi, program transfer teknologi mRNA didasarkan pada “hub” transfer teknologi Afrigen, yang terletak di Afrika Selatan. Mereka akan memberikan pengembangan teknologi, pelatihan dan transfer teknologi kepada negara penerima (recipient).

“WHO/Medicines Patent Pool (MPP) melakukan Transfer Technology ke negara recipient termasuk  Indonesia yang terdiri atas Package 1, 2 dan 3,” Iwan Setiawan melanjutkan.

Informasi pada laman MPP yang diakses per 19 Mei 2023 pukul 15.14 WIB memperlihatkan, sebanyak 6 orang dari Bio Farma menerima pelatihan pengenalan transfer teknologi mRNA dari Afrigen (50 persennya adalah perempuan) dan 10 orang lain mendapat pelatihan dari lembaga lain.

Dari 10 orang di atas, 6 di antaranya, mendapat pelatihan dari International Vaccine Institute (IVI) dan 4 lainnya dari lembaga lain.

Bangun Manufaktur mRNA Lokal Berkelanjutan

Program transfer teknologi mRNA merupakan inisiatif global yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan keamanan kesehatan dengan membangun kemampuan manufaktur mRNA milik lokal yang berkelanjutan di dan untuk negara berpenghasilan rendah dan menengah (low and middle-income countries/LMICs). 

Saat ini, 15 mitra program di LMICs di seluruh dunia menerima pelatihan dan teknologi dari pusat Afrigen dan kemudian akan memproduksi dan menjual produk secara komersial. Konsep intinya adalah pemberdayaan.

3 dari 4 halaman

Dorong Pengembangan Vaksin mRNA

Awalnya, program transfer teknologi mRNA berfokus pada vaksin mRNA untuk melawan COVID-19. Namun, program ini dirancang untuk mendorong pengembangan vaksin dan terapi mRNA lainnya terhadap penyakit penting yang mengancam negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Dengan demikian, memastikan kapasitas yang dibangun oleh proyek ini berkelanjutan dan tersedia untuk memerangi pandemi berikutnya.

Adapun Technology Transfer Packages: Platform and Product Based WHO yang terdiri atas 3 Packages antara lain:

1. Package 1 – Proses R&D GMP untuk menghasilkan uji klinis Tahap I/II

  1. Pelatihan langsung di Afrigen
  2. Dokumentasi (dirinci dalam kontrak)
  3. Dukungan jarak jauh pasca-pelatihan 

2. Package 2a – Proses skala industri yang tidak divalidasi

  1. Dokumentasi (dirinci dalam kontrak)
  2. Dukungan jarak jauh 

3. Package 2 – Proses validasi peningkatan skala industri untuk menghasilkan Fase Materi uji klinis III

  1. Dokumentasi (dirinci dalam kontrak)
  2. Dukungan jarak jauh 

4. Package 3 – Permohonan Izin Edar

  1. Dokumentasi - standar, sesuai persyaratan otoritas pengatur nasional setempat
4 dari 4 halaman

Bio Farma Bakal Jadi Perusahaan Produksi Vaksin mRNA

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, PT Bio Farma akan menjadi perusahaan Indonesia yang memproduksi vaksin mRNA. Perusahaan juga berperan sebagai manufaktur vaksin terbesar di Asia Tenggara.

"Bio Farma sebagai pihak yang menjadi mitra di dalam negeri merupakan produsen vaksin terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas produksi lebih dari 3,2 miliar dosis per tahun dan Bio Farma memproduksi 14 jenis vaksin dan telah mengekspor ke 150 negara," papar Retno di Kantor Pusat WHO, Jenewa, Swiss, Rabu (23/2/2022).

Program transfer teknologi mRNA menjadi solusi yang dibutuhkan negara berkembang. Sifatnya, memberdayakan, memperkuat kemandirian, dan memungkingkan negara berkembang berkontribusi bagi ketahanan kesehatan global.

"Kita benar-benar berharap kerja sama ini akan dapat mempersempit kesenjangan vaksin," sambung Retno.

"Ini merupakan salah satu jalan untuk memastikan kesetaraan akses vaksin dan obat-obatan bagi semua negara, terutama negara berpenghasilan rendah dan menengah."

Pelatihan Pengembangan Vaksin mRNA

Sebagai penerima alih teknologi mrNA, Indonesia nantinya akan mendapatkan pelatihan teknis pada skala industri, tata cara pengembangan vaksin skala laboratorium/klinis dan teknik quality control serta lisensi yang terkait.

Selain Indonesia, ada banyak negara yang telah menerima alih teknologi mRNA. Tercatat ada enam negara dari Afrika, yaitu Mesir, Kenya, Nigeria, Senegal, Tunisia dan Afrika Selatan yang diumumkan 18 Februari 2022.

Dari Asia, ada Indonesia, Bangladesh, Pakistan dan Vietnam. Sementara dari Eropa adalah Serbia.

Amerika Latin adalah Argentina dan Brazil yang telah diumumkan 21 September 2021 lalu. Terakhir, Korea Selatan (Korsel) berperan sebagai pendukung pusat training.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.