Sukses

Apa Itu Hepatitis A yang Mengharuskan Rapper BIG Naughty Gagal Manggung untuk Fokus Jalani Pengobatan, Kenali Gejala hingga Penyebab

Apa saja penyebab dan gejala Hepatitis A, penyakit yang diderita Rapper BIG Naughty

Liputan6.com, Jakarta - Rapper Korea Selatan, BIG Naughty, dikabarkan didiagnosis Hepatitis A dan kondisinya dalam keadaan buruk.

Alhasil, konser BIG Naughty di Universitas Keimyung yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari sejak Selasa 15 Mei hingga Rabu 17 Mei 2023 terpaksa dibatalkan.

"Aku minta maaf karena harus langsung menuju rumah sakit untuk karantina," kata sang rapper dikutip dari Instagram pribadinya @bignaughtyboi pada Senin 15 Mei 2023.

Dalam unggahannya BIG Naughty berjanji untuk menjalani perawatan Hepatitis A dengan sungguh-sungguh agar dapat konser di Universitas Keimyung di lain waktu.

"Jika aku bisa tampil lagi, aku akan mempersiapkan lebih keras dari penampilan lainnya. Maaf sekali lagi," dia menambahkan.

Pernyataan Agensi mengenai Kesehatan BIG Naughty

Tidak lama setelah itu, agensi yang menaungi BIG Naughty, H1GHR Music merilis pernyataan terkait perubahan jadwal dan kondisi yang menimpa artinya.

"Halo, ini H1GHR Music. Kami ingin menginformasikan tentang perubahan jadwal artis kami, BIG Naughty pada tanggal 15, 16, dan 17 Mei. Saat ini BIG Naughty diharuskan beristirahat oleh dokter karena gejala demam tinggi dan kesehatan yang memburuk," begitu bunyi pernyataan yang diunggah di akun @h1ghrmusic kemarin.

Sebenarnya, lanjut H1GHR Music, rapper yang memiliki nama asli Seo Dong Hyeon bersedia untuk berpartisipasi dalam semua jadwal yang telah dibuat.

Namun, agensi menilai sulit bagi BIG Naughty untuk berpartisipasi dalam pertunjukkan yang telah dijadwalkan.

"Mengingat pendapat tim medis dan kesehatan artis adalah prioritas kesehatan kami," katanya menambahkan.

Di akhir pernyataan, H1GHR Music meminta maaf kepada pihak Universitas Keimyung dan seluruh fans atas pemberitahuan mengenai kondisi BIG Naughty yang disebut mengalami penyakit Hepatitis A.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Hepatitis A yang Dikabarkan Didiagnosis BIG Naughty

Dikutip dari situs Sehat Negeriku pada Selasa sore 16 Mei 2023, Hepatitis A adalah peradangan organ hati yang disebabkan infeksi virus hepatitis A.

Infeksi yang akan mengganggu kerja organ hati ini dapat menular dengan mudah, melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus.

Penyebab Penyakit Hepatitis A

Adapun penyebabnya tidak lain adalah virus hepatitis A. Virus ini dapat menyebar dengan mudah melalui konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi tinja penderita hepatitis A.

Faktor Risiko Hepatitis A

Seseorang lebih mudah terkena hepatitis A jika memiliki kondisi sebagai berikut:

  1. Mengunjungi atau tinggal di daerah yang terdapat banyak kasus hepatitis A.
  2. Melakukan hubungan intim dengan penderita hepatitis A.
  3. Tinggal serumah dengan penderita hepatitis A.

 

3 dari 4 halaman

Gejala Hepatitis A

Gejala hepatitis A muncul beberapa minggu setelah penderita tertular virus tersebut. Gejala yang paling disadari oleh penderita hepatitis A adalah perubahan warna mata dan kulit menjadi kuning.

Namun, sebelum timbulnya penyakit kuning, penderita dapat mengalami:

  • Demam
  • Lemas
  • Mual dan muntah
  • Warna urine menjadi gelap
  • Warna tinja menjadi pucat

 

4 dari 4 halaman

Pengobatan Hepatitis A

Hepatitis A akan sembuh dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh penderita dapat membasmi virus tersebut.

Pengobatan yang diberikan hanya untuk meringankan gejala-gejala yang dialami penderitanya, sambil menunggu penyakit sembuh.

Selain itu, penting bagi penderita untuk menjaga kebersihan untuk mencegah penularan ke orang lain.

Penderita yang sembuh akan memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

Pencegahan Hepatitis A

Hepatitis A dapat dicegah dengan beberapa cara, antara lain:

  • Melakukan vaksinasi hepatitis A
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
  • Menghindari konsumsi makanan mentah atau setengah matang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.