Sukses

5 Cara Tunjukkan Kasih Sayang kepada Kucing, Mulai dari Tatapan Mata hingga Asah Insting

Selain dengan pelukan dan camilan, begini cara tunjukkan rasa sayang kepada kucing.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemilik anabul tentu ingin menunjukkan rasa sayang pada peliharaannya. Memberi pelukan dan camilan tentu bisa membuat kucing senang. Namun, bagaimana caranya menunjukkan kasih sayang yang lebih dalam?

Berikut lima cara menyenangkan menunjukkan kasih sayang pada kucingmu dengan bahasa yang dia pahami menurut PetMD.

Tatap Mata Kucing dengan Lembut

Salah satu cara untuk menunjukkan kasih sayang kepada kucing adalah dengan menatap matanya dengan lembut. Hal ini disampaikan oleh penulis buku terlaris berjudul Cat Wise, Pam Johnson-Bennett.

"Ketika Anda menatap kucing Anda, selalu gunakan tatapan yang lembut dan jangan pernah menatap dengan tatapan tajam," kata Johnson-Bennett.

Johnson-Bennett menekankan untuk tidak memberikan tatapan tajam karena itu merupakan randa ancaman bagi hewan.

Kedipan mata yang lambat menunjukkan bahwa kamu rileks dan tidak akan menyakiti mereka. Kucing mungkin akan membalas dengan kedipan mata, ini biasa disebut ‘ciuman kucing’.

Tunjukkan Kasih Sayang Setiap Hari

Meskipun kucingmu tidak membutuhkan banyak perhatian, tetaplah menunjukkan cinta kepada mereka setiap hari. 

Menurut konsultan perilaku kucing bersertifikat, Marilyn Krieger, penting untuk menyempatkan waktu untuk melakukan kontak fisik dengan kucing sebagai tanda sayang.

"Penting bagi pecinta kucing untuk mengatur waktu khusus untuk membelai, merangkul, dan memijat kucing mereka, jika mereka suka,”

Jika kucing tidak menyukai hal itu, kamu dapat mencari cara lain untuk bersenang-senang bersama mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikan Lingkungan yang Nyaman

Kucing menghabiskan banyak waktu di rumah, sehingga penting bagi lingkungan di sekitar mereka untuk menjadi aman dan menstimulasi.

"Semua pelukan, belaian, mainan, kata-kata manis, dan bentuk kasih sayang lainnya tidak akan berarti apa-apa jika kucing tidak merasa aman atau tertekan," kata Johnson-Bennett.

Pastikan kucingmu merasa aman dan mudah mendapatkan makanan, minuman, dan tempat buang air.

Tidak hanya itu, terdapat banyak cara untuk membuat lingkungan kucing lebih menyenangkan selain hal-hal dasar tersebut.

Menurut ahli perilaku hewan dan co-founder dari Feline Minds, Mikel Delgado, memberikan penggaruk kucing, tempat duduk di jendela, dan pohon kucing dapat membuat mereka merasa lebih aman dan bisa mengawasi lingkungannya.

Kucing juga menyukai tempat tidur yang hangat, terutama yang sudah tua dan memiliki masalah sendi.

3 dari 4 halaman

Pahami Keinginannya

Pernahkah kucingmu datang untuk dipeluk, tapi kemudian meronta dan kabur setelah beberapa detik? Jika iya, mungkin kamu perlu mengubah cara membelai mereka. 

"Tubuh kucing sangat sensitif sehingga kamu harus mengelus daerah tertentu yang mereka sukai jika ingin mendapatkan reaksi positif," kata Johnson-Bennett. 

Misalnya, beberapa kucing suka dielus dagunya, tetapi ada juga yang suka digelayuti dari kepala sampai kaki.

Perhatikan pula reaksi kucing ketika mengelus berbagai bagian tubuhnya agar tahu bagian mana yang membuat mereka merasa tenang dan senang.

Meskipun banyak pecinta kucing suka membelai kucing selama berjam-jam, kamu harus tahu kapan harus berhenti.

Johnson-Bennett menyarankan untuk berhenti saat mereka terlihat sudah bosan dengan kontak fisik.

“Jadi, perhatikan sinyal bahwa kucing mulai bosan dengan kontak fisik,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Bantu Asah Insting Predator

Kucing merupakan predator alami, tetapi tikus yang tergeletak di belakang sofa tidaklah menjadi mangsa yang menantang bagi mereka. 

Menurut Delgado, salah satu cara terbaik untuk menunjukkan kasih sayang pada kucing adalah dengan mengajak mereka untuk bermain secara interaktif setiap hari. 

Kamu bisa menggunakan mainan seperti tongkat bulu untuk digerakkan seperti mangsa, sehingga kucing dapat melepaskan insting predator yang mereka miliki.

Kegiatan ini tidak hanya merangsang perilaku alami kucing, tetapi juga memberikan latihan yang mengurangi stres.

"Ini adalah cara yang bagus untuk membentuk ikatan, terutama ketika kucingmu bukan tipe yang suka dipeluk,” kata Delgado.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.