Sukses

Tanda Bahaya yang Sering Diabaikan dalam Hubungan, Salah Satunya Kerap Berbohong

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang kita diingatkan oleh orang terdekat untuk menjauhi beberapa orang karena tanda bahaya yang pasangan tunjukkan. Namun, apa saja tanda-tanda bahaya dalam hubungan?

Red flags adalah tanda peringatan yang menunjukkan perilaku yang tidak sehat atau manipulatif dalam hubungan, melansir Better Up.

Pada awalnya, red flags tidak selalu mudah dikenali. Hal inilah yang membuatnya sangat berbahaya. Namun, biasanya perlahan-lahan red flags semakin besar dan menjadi lebih bermasalah.

Apa saja tanda red flags dalam hubungan? Berikut rinciannya mulai dari tidak memiliki batasan hingga manipulatif, menurut Your Tango.

Tidak Memiliki Batasan

Tanda pertama yang umum terjadi adalah pasangan tidak memiliki batasan. Baik itu mengejek Anda, menggunakan bahasa yang tidak Anda sukai, atau memaksa untuk berbagi informasi yang kamu nyatakan sebagai pribadi.

Siapapun yang tidak menghargai hak Anda untuk memiliki ruang sendiri baik emosional, pribadi, fisik, atau mental, berpotensi membuat menjadi frustrasi dalam sekejap.

Membocorkan Rahasia 

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, ketika orang yang sudah dipercaya untuk memegang rahasia tiba-tiba menyebarkan itu kepada orang yang seharusnya tidak tahu, kemungkinan itu bukanlah kebetulan.

Jika hanya terjadi sekali, masih ada kemungkinan itu terjadi secara tak sengaja. Akan tetapi, jika hal tersebut terjadi dua kali atau lebih, Anda benar-benar harus berhenti berbagi cerita dengan dia.

2 dari 5 halaman

Bersikap Dingin dan Suka Berbohong

Bersikap Dingin

Jika Anda telah menyentuh topik yang tidak mereka sukai untuk dibahas, lalu tiba-tiba dia mengabaikan pesan atau teleponmu begitu saja, ini merupakan red flags

Biasanya, mereka yang memiliki red flags tidak pernah ingin membahas topik sensitif yang berhubungan dengan kesalahan mereka. Mereka justru memutus telepon, mengabaikan pesan, mengingatkanmu akan stres mereka, atau mengatakan bahwa bukan saat yang tepat (lagi).

Tidak ada yang suka membahas topik yang sensitif, tetapi jika Anda tidak pernah didengar, mungkin Anda harus mencari seseorang yang peduli dengan perasaan dan kata-kata yang Anda coba sampaikan.

Suka Berbohong

Jika teman atau pasangan Anda suka mengubah fakta ketika mereka tidak suka arah pembicaraan yang sedang berlangsung, itu merupakan salah satu tanda bahaya dalam hubungan yang perlu diwaspadai. Jika tidak ada kepercayaan, maka tidak ada hubungan.

3 dari 5 halaman

Tidak Menghormati dan Terus Menerus Ikut Campur

Tidak Menghormati Anda

Semua orang pasti pernah merasa kesal, stres, dan marah. Namun, bagaimana menghadapi tekanan dapat memberikan pandangan yang jelas tentang karakter asli seseorang. 

Memanggil orang lain dengan nama panggilan atau memperlakukan orang secara kasar akan membuat Anda lebih mengenal karakter seseorang. Ini merupakan tanda bahaya dalam hubungan yang perlu diwaspadai.

Terus Menerus Memberikan Saran Tanpa Diminta

Jika sekali atau dua kali, mungkin ini terasa seperti dia berusaha membantu atau peduli. Namun, terus menerus memberikan saran tanpa diminta merupakan tanda nyata bahwa seseorang ingin mengendalikan Anda.

Anda bisa dengarkan saran yang diberikan jika memang benar-benar butuh. Akan tetapi, jika tidak, cukup lakukan segalanya sesuai keinginan Anda. 

4 dari 5 halaman

Tak Bertanggung Jawab dan Tak Ada Waktu

Tak Bertanggung Jawab dan Menyalahkan Orang Lain

Kita semua pasti melakukan kesalahan. Kecuali melakukan pengkhianatan besar, seringkali kita berusaha untuk bertanggung jawab setelah melakukan kesalahan yang berpengaruh pada nasib hubungan kita.

Jika orang yang Anda hadapi berbuat kesalahan dan tidak berusaha untuk bertanggung jawab, berhati-hatilah.

Tanda-tanda lainnya adalah dia suka menyalahkan orang lain. Mulai dari hal-hal kecil seperti menyalahkan semua mantan pacarnya atas putusnya hubungan atau menyalahkan bosnya atas kehilangan pekerjaannya. 

Biasanya, orang seperti ini suka menempatkan diri sebagai korban di berbagai situasi.

Tidak Pernah Ada Waktu

Saat ini, sangat umum bagi orang untuk mengirim pesan teks lebih banyak daripada berbicara satu sama lain. Namun, jika Anda hanya berkomunikasi via pesan selama lebih dari 10 hari tanpa rencana untuk bertemu, kemungkinan Anda adalah salah satu dari banyak wanita yang dia miliki. Ini bukan hubungan yang pantas untuk waktu Anda.

5 dari 5 halaman

Manipulatif dan Dibenci Orang Terdekat Anda

Manipulatif

Terdengar gila memang, tetapi beberapa orang akan memberitahu Anda bahwa Anda telah mengatakan dan melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak Anda lakukan. Bahkan mereka mengatakan bahwa Anda terlalu berlebihan, padahal tidak.

Gaslighting dan perilaku yang membuat gila ini adalah ciri-ciri umum dari orang yang manipulatif dan suka menindas. Jadi, hindarilah.

Teman-Teman Anda Membenci Dia Dan Sebaliknya

Teman baik yang sejati menyayangi Anda pasti menginginkan yang terbaik untuk Anda. Jika satu teman mengatakan hal buruk tentang pasangan Anda sesuatu, Anda dapat menyalahkannya pada perbedaan kepribadian.

Akan tetapi, jika Anda mendengar komentar buruk itu setiap kali Anda menyebutkan dia, dengarkanlah pandangan mereka.

Hal ini biasanya terjadi dua arah. Jika pasangan Anda terus-menerus mencoba membuat meragukan hubungan Anda dengan teman-teman atau anggota keluarga, waspadalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.