Sukses

Orang Sukses Biasa Lakukan 13 Kegiatan Ini Saat Weekend, Termasuk Merenung

Jika Anda menghabiskan akhir pekan mencoba memulihkan diri dari pekerjaan dalam Netflix terus menerus sepanjang hari atau kesenangan berlebihan, Anda salah. Lantas, apa saja yang harus dilakukan di akhir pekan?

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan (weekend) tak jarang akhir pekan hanya terbuang percuma. Seperti dengan melakukan siklus pasif seperti tidur, makan, minum, dan aktivitas leyeh-leyeh lainnya. Hal ini banyak dilakukan karena tak membutuhkan banyak pikiran dan tenaga.

Namun, akhir pekan yang baik seharusnya bisa membantu Anda mengisi kembali semangat untuk menghadapi apapun yang akan terjadi di pekan depan.

Apa saja yang biasanya orang-orang sukses lakukan di akhir pekan mereka? Apa yang dapat membuat semangat mereka terisi kembali? Inilah aktivitas akhir pekan yang dilakukan orang-orang sukses untuk mengatur ulang dan menyegarkan diri menurut Inc.

1. Membuat agenda

Apabila Anda berpikir akhir pekan tidak memerlukan rencana, mereka memiliki perspektif yang berbeda. Bagi orang-orang sukses, penting bagi mereka untuk memiliki rencana, termasuk di akhir pekan. 

Tidak perlu jadwal rinci apa saja yang harus dilakukan setiap menit atau jam, tetapi Anda harus memiliki agenda yang santai. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan memprioritaskan hal-hal yang paling berarti bagi Anda.

2. Luangkan waktu untuk orang sekitar

Quality time dengan orang yang Anda cintai merupakan cara terbaik untuk menghabiskan waktu, baik dengan anak-anak, pasangan, orang tua, teman, atau hewan peliharaan. Anda dapat gunakan weekend untuk bersantai dengan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mini Vacation Bisa Jadi Opsi Seru

3. Olahraga

Bukan hanya memperkuat dan merilekskan tubuh, olahraga juga dapat membantu membangun pikiran Anda. 

Tentu saja, lebih baik apabila olahraga dilakukan setiap hari, tidak hanya di akhir pekan. Namun, apabila tidak memungkinkan untuk berolahraga setiap hari, menjadwalkan satu atau dua di akhir pekan merupakan pilihan yang baik.

4. Kejar minat Anda

Orang yang benar-benar sukses adalah mereka yang memiliki minat menarik. Mereka tahu bahwa hobi dan aktivitas lain di luar pekerjaan adalah kekuatan potensial untuk kebahagiaan. Bahkan, apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh bisa menghasilkan ide bisnis yang hebat.

 5. Mini vacation

Siapa yang tak menyukai liburan? Seorang workaholic pun pasti ingin pergi ke suatu tempat yang indah untuk melepas penat meski hanya sejenak. Mini vacation merupakan cara yang bagus untuk sejenak melupakan pekerjaan dan melakukan sesuatu yang baru.

6. Jauhi Ponsel

Nikmati akhir pekan dengan matikan semua ponsel, laptop, tablet, TV. Banyak orang mengatakan “ponsel mendekatkan yang jauh, tetapi mejauhi yang dekat”.

Dengan menjauhi ponsel Anda selama akhir pekan, Anda dapat benar-benar menikmati dan berkomunikasi dengan segala yang ada di sekitar Anda. Ingatlah bahwa Anda yang mengontrol ponsel Anda, bukan sebaliknya. 

 

3 dari 4 halaman

Melarikan Diri ke Dunia Lain dengan Membaca Buku

7. Lakukan hal berbau seni

Kapan terakhir kali Anda menonton konser, drama, festival musik, atau pergi ke pameran museum? Seni dapat merangsang imajinasi dan memperbaharui energi.

Ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengisi kembali energi dan semangat Anda.

8. Meditasi

Meditasi dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi ketegangan, dan meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kesejahteraan. Menyisihkan waktu untuk meditasi dapat membantu merefresh diri dan siap menghadapi pekan depan.

9. Buat Plan Secukupnya

Batasi tugas dan singkirkan kesibukan. Anda ingin memulai minggu Anda dengan segar kembali, bukan kelelahan.

10. Baca Buku

Orang-orang sukses senang mencari informasi baru, salah satunya dengan membaca buku. Ini juga merupakan opsi yang baik Jika melarikan diri ke dunia lain sejenak. Anda dapat membaca buku novel, fantasi, atau apapun yang Anda sukai.

4 dari 4 halaman

Renungkan Pengalaman

11. Tidur siang sejenak

Banyak dari kita yang kekurangan tidur di hari-hari kerja. Anda bisa manfaatkan waktu akhir pekan ini untuk mengganti tidur tersebut.

Perlu digarisbawahi bahwa tidur siang yang lama akan membuat Anda pusing, tetapi tidur siang singkat itu bermanfaat secara fisik dan baik untuk menjaga energi dan perhatian. Jadi, tidur siang secukupnya, ya!

12. Pelajari sesuatu yang baru

Bukan hanya memberi pengetahuan baru, belajar juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Temukan keterampilan yang ingin Anda kembangkan atau bidang yang ingin Anda jelajahi lebih dalam. Anda dapat mendaftar untuk kelas akhir pekan atau mempelajari sendiri mengenai bidang itu. 

13. Renungkan pengalaman

Luangkan waktu untuk apa saja yang terjadi minggu lalu. Tentukan hal apa saja yang ingin Anda tingkatkan.

 

Tentu tidak mungkin untuk melakukan semua ini setiap akhir pekan. Namun, jika ada waktu, cobalah. Waktu merupakan sesuatu yang paling mahal di dunia. Pastikan Anda meghabiskan waktu akhir pekan dengan baik dan bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini