Sukses

Eratkan Jaringan Komunitas, Dari Halte Ke Halte Ajak Followers Keliling Jakarta Barat

Komunitas Dari Halte Ke Halte mengajak para followers Instagram jalan-jalan keliling Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas dari halte ke halte (DHKH) pada Sabtu (4/3) mengajak para pengikut (followers) mereka di Instagram jalan-jalan ke sejumlah destinasi menarik di kawasan Jakarta Barat.

Dengan menggandeng HMD Global, perusahaan asal Finlandia yang berafiliasi dengan Nokia, followers DHKH dibawa ke Museum MACAN, Nasi Gandul Bu Endang, dan Grouphead Coffee.

Dijelaskan salah satu Co-Founder Dari Halte ke Halte, Bowo, followers yang ikut jalan-jalan kali ini adalah orang-orang yang berhasil memenangkan kuis yang mereka buat.

Sebab, lanjut Bowo, tidak bisa dengan hanya mengisi formulir pendaftaran lantaran ditakutkan jumlahnya akan membludak.

"Jadi, cara paling oke adalah dibikin kuis untuk menentukan 10 pemenang ini," kata Bowo kepada Liputan6.com yang ikut serta di dalam rombongan tersebut.

Tentang Dari Halte ke Halte

Komunitas yang lahir pada tahun 2019 ini menyajikan beragam informasi menarik mengenai tempat-tempat di Jakarta, baik restoran, street food, dan tempat rekreasi.

Dari halte ke halte juga bakal menginformasikan halte, stasiun, atau pemberhentian terdekat untuk menuju tempat-tempat yang direkomendasikan.

Berbagi informasi lewat Instagram dan Twitter, komunitas ini telah memiliki lebih dari 114.000 followers di Instagram dan 143.000 followers di Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan-jalan Keliling Jakarta sebagai Kegiatan DHKH

Bowo, mengatakan, sebelumnya DHKH sudah sering mengadakan jalan-jalan bersama para followers media sosial. 

Pada awal terbentuknya, tujuan awal DHKH adalah memberikan rekomendasi tempat agar orang-orang bisa bepergian sendiri.

"Tapi ternyata sejalan, mereka pengin di-guide. Itulah kenapa kita bisa jalan-jalan bareng dengan adanya sponsor. Nah, kali ini tuh Nokia," Bowo melanjutkan.

Kuis untuk Followers

Kuis yang diadakan untuk memilih para pemenang hanyalah dengan menjawab pertanyaan yang diunggah pada Instagram DHKH.

"Pertanyaannya 'Kalau kalian mau diajak jalan-jalan bareng Nokia C31, kalian penginnya ke mana?'. Mereka cukup menjawab pertanyaan itu aja sih," kata Bowo.

Selanjutnya, pemenang ditentukan dari jawaban yang telah dikirim pada kolom komentar. Menurut Bowo, jawaban yang dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan.

"Selain jawaban yang bagus, juga (dipertimbangkan) misalnya mereka followers loyal, suka kasih rekomendasi, dan lainnya. Jadi, ada banyak poin yang menjadi ketentuan," katanya.

Salah satu pengikut DHKH yang terpilih, Pipit, mengonfirmasi kebenarannya. "Datang sendiri dan semuanya baru kenal di sini karena kita diambil dari pemenang kuis," ujarnya.

Dijelaskan Bowo bahwa DHKH telah beberapa kali mengadakan jalan-jalan juga di berbagai daerah, seperti Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara.

"Biasanya kita ke museum dulu, makan, sama ngopi," katanya.

3 dari 3 halaman

HMD sebagai Sponsor Acara

Acara jalan-jalan DHKH juga didukung oleh HMD Global. Sebagai sponsor, HMD memberikan pengalaman menggunakan ponsel Nokia C31 kepada para peserta.

Selama jalan-jalan, HMD meminjamkan ponsel kepada masing-masing peserta untuk dapat melihat dan mencoba fitur-fitur yang ditawarkan, seperti kamera ponsel.

Menurut marketing public relations HMD, Iin, tujuan kerja sama adalah untuk mengajak para peserta mengeksplorasi ponsel yang baru rilis pada 2022 tersebut.

Oleh sebab itu, jalan-jalan bersama ini juga disertai dengan pengenalan produk.

"Siapa tahu mereka (para peserta) ada interest, jadi, kita bisa sharing juga," katanya.

Nokia Sponsor Kegiatan Dari Halte ke Halte

Iin juga mengungkap bahwa kerja sama dengan DHKH dilakukan karena alasan nilai dan tujuan yang baik dari komunitas tersebut.

"Kita melihat, objektif komunitas ini bagus, positif, sejalan sama apa yang mau kita achieve juga," ujarnya.

Salah satu hal yang menjadi fokus HMD adalah tingginya kejahatan siber. Dengan demikian, Nokia C31 memiliki security updates.

"Selain itu, handphone kita tahan banting, andal, tangguh. Intinya, bisa jadi teman sehari-hari untuk jangka waktu yang lebih lama," Iin menjelaskan.

Kerja sama dengan jalan-jalan atau ngider bareng ini juga mendatangkan keuntungan bagi para peserta, seperti adanya kuis berhadiah mengenai pengetahuan produk, serta keseruan dan perluasan jaringan yang didapat para peserta.

"Kesannya sih sangat excited dan unexpected karena (awalnya) nggak dikasih tau bakal ke mana. Ternyata seru pol, enak pol," kata salah satu peserta yang memenangkan kuis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.