Sukses

Usir Kesendirian Saat Valentine Day, Bahagiakan Diri dengan Cara Ini

Cara mengatasi kesendirian saat Valentine Day bisa dengan cara membahagiakan diri sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Suasana Valentine Day (Hari Valentine) tepat tanggal 14 Februari dapat membangkitkan berbagai emosi, mulai dari kegembiraan dan kegembiraan hingga kesendirian dan kesepian. Khusus mereka yang merasa 'sendirian aja' di hari kasih sayang, momen ini dapat jadi refleksi diri sendiri.

Senior consultant, Mental Health, And Behavioural Sciences, Max Super Speciality Hospital di Shalimar Bagh, Deepali Batra memberikan cara untuk melawan perasaan kesendirian dan memanfaatkan Hari Valentine ini sebaik-baiknya.

Salah satu cara terbaik untuk menghindari rasa kesendirian dan kesepian di Hari Valentine adalah menghabiskan waktu bersama diri sendiri. Manfaatkan kesempatan untuk memanjakan diri sendiri dan lakoni hobi atau minat Anda.

"Baik itu membaca buku atau mencoba hobi baru, meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah cara yang bagus untuk mengungkapkan cinta Anda pada diri sendiri," kata Deepali, dikutip dari Financial Express pada Selasa, 14 Februari 2023.

Cara lainnya mengusir kesendirian di Hari Kasih Sayang ini adalah menjalin hubungan dengan teman lama. Baik itu melalui panggilan telepon, obrolan video atau pertemuan langsung. Anda bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang yang membawa kegembiraan dalam hidup.

"Ini dapat menjadi cara yang bagus menyebarkan cinta kepada orang lain atau menjangkau orang yang dicintai dapat menjadi cara yang bagus untuk merasa baik dan mengangkat semangat Anda," lanjut Deepali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rayakan Cinta untuk Diri Sendiri

Jika Anda merasa kewalahan dengan emosi dan tidak dapat mengontrol, maka mencari bantuan profesional, seperti psikolog klinis, mungkin akan membantu.

"Berbicara dengan seseorang yang terlatih untuk mendengarkan dan memberikan bimbingan bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi perasaan Anda dan menemukan cara untuk merasa lebih baik," Deepali Batra melanjutkan.

Terakhir, penting untuk diingat bahwa Hari Valentine hanyalah satu hari dalam setahun, dan itu bukan ukuran harga diri Anda.

"Cintai diri Anda tanpa syarat dan ingatlah untuk merayakan cinta yang Anda miliki untuk diri sendiri setiap hari, tidak hanya pada kesempatan ini," tutup Deepali dalam artikel berjudul, Embracing self-love on Valentine’s Day: How to avoid feeling lonely.

Kesimpulannya, Hari Valentine bisa menjadi kesempatan yang luar biasa untuk merayakan cinta diri dan menghargai orang-orang dan hal-hal yang membuat hidup kita bahagia. Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, terhubung dengan orang lain, dan terlibat dalam tindakan kebaikan, Anda dapat menghindari perasaan kesendirian dan kesepian serta memanfaatkan hari kasih sayang sebaik mungkin.

3 dari 3 halaman

Rencanakan Kegiatan dan Berbagi Kebahagiaan

Mengutip Verywell Mind, ada beberapa cara lain untuk menghabiskan Valentine Day, terutama bagi Anda yang merasa 'sendirian', antara lain:

1. Rencanakan Kegiatan

Rencanakan kegiatan rekreasi atau hobi yang tidak berkaitan dengan Hari Valentine. Misalnya, Anda dapat:

  • Mendaki
  • Manicure pedicure
  • Memesan makanan dari restoran favorit
  • Bermain video game favorit
  • Berolahraga

Memiliki rencana untuk melakukan sesuatu kegiatan yang Anda anggap menyenangkan akan membantu mengalihkan pikiran dari kenyataan bahwa Anda masih sendiri. Dengan demikian, perhatian Anda akan teralihkan ke diri sendiri sehingga waktu yang dihabiskan secara solo tersebut tetap terasa menyenangkan.

2. Berbagi Kebahagiaan

Apakah Anda mengenal seseorang yang baru saja kehilangan orang penting lainnya? Memberikan hadiah kecil padanya di Hari Valentine akan sangat berarti dan dapat membuat Anda juga merasa lebih baik. Anda dapat mempertimbangkan opsi di bawah ini sebagai kejutan kecil untuk orang tersebut:

  • Parsel buah
  • Kotak hadiah berisi pernak-pernik kecil yang disukai, misalnya aksesoris atau camilan
  • Bunga
  • Cookie buatan sendiri

Anda juga bisa menawarkan waktu Anda untuk melakukan hal menyenangkan bersama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.