Sukses

Kasus Gagal Ginjal Akut di DKI, Ini Riwayat Obat yang Dikonsumsi

Riwayat minum obat yang dikonsumsi pada kasus gagal ginjal akut di DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), ada riwayat minum obat dari kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak (GGAPA) di DKI Jakarta. Satu pasien mengonsumsi obat penurun demam merek Praxion dan satunya -- masuk kategori suspek -- minum obat beli mandiri.

Juru Bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril menyampaikan, satu kasus terkonfirmasi gagal ginjal akut berusia 1 tahun. Ia mengalami demam pada tanggal 25 Januari 2023.

"Diberikan obat sirup penurun demam yang dibeli di apotek dengan merek Praxion. Pada tanggal 28 Januari, pasien mengalami batuk, demam, pilek, dan tidak bisa buang air kecil (Anuria)," ujarnya dalam rilis resmi pada Senin, 6 Februari 2023.

"Kemudian dibawa ke Puskesmas Pasar Rebo, Jakarta Timur, untuk mendapatkan pemeriksaan, dan pada tanggal 31 Januari mendapatkan rujukan ke Rumah Sakit Adhyaksa."

Sebagai informasi, Praxion biasa digunakan untuk mengatasi demam dan gejala nyeri pada bayi dan anak-anak. Jenis Praxion di antaranya, Praxion Suspensi, Praxion Drops dan Praxion Forte.

Ketiga jenis obat sirup Praxion ini tertulis telah dinyatakan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berdasarkan Lampiran II Penjelasan BPOM RI Nomor HM. 01.1.2.11.22.179 yang dikeluarkan tanggal 17 November 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diberikan Obat Racikan

Sementara satu kasus anak masih merupakan suspek gagal ginjal akut, yakni anak berusia 7 tahun. Ia mengalami demam pada tanggal 26 Januari 2023.

"Kemudian mengonsumsi obat penurun panas sirup yang dibeli secara mandiri. Pada tanggal 30 Januari mendapatkan pengobatan penurun demam tablet dari Puskesmas," Mohammad Syahril melanjutkan.

"Pada tanggal 1 Februari, pasien berobat ke klinik dan diberikan obat racikan."

Pada tanggal 2 Februari 2023, anak 7 tahun ini dirawat di RSUD Kembangan, kemudian dirujuk Saat ini, masih menjalani perawatan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Pemeriksaan lebih lanjut sedang dilakukan terkait pasien ini.

3 dari 3 halaman

Pasien Meninggal Dunia

Sayangnya, pada pasien terkonfirmasi gagal ginjal akut yang memiliki riwayat mengonsumsi Praxion dinyatakan meninggal dunia.

Dikarenakan ada gejala gagal ginjal akut, maka direncanakan untuk dirujuk ke RSCM. Akan tetapi, keluarga menolak dan pulang paksa. Pada tanggal 1 Februari 2023, orangtua membawa pasien ke RS Polri dan mendapatkan perawatan di Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan pasien sudah mulai buang air kecil.

"Pada tanggal 1 Februari, pasien kemudian dirujuk ke RSCM untuk mendapatkan perawatan intensif sekaligus terapi Fomepizole. Namun, tiga jam setelah di RSCM pada pukul 23.00 WIB, pasien dinyatakan meninggal dunia," lanjut Mohammad Syahril.

Ditegaskan kembali oleh Syahril, dua kasus gagal ginjal akut di atas dilaporkan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Kemenkes meminta agar Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah lain untuk aktif memantau pasien dengan gejala GGAPA.

"Penambahan kasus tercatat pada tahun ini, satu kasus konfirmasi GGAPA dan satu kasus suspek,” tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.