Sukses

9 Ide Kegiatan yang Dapat Dilakukan Kaum Jomlo di Hari Valentine

Hari Valentine biasanya dihabiskan bersama dengan pasangan. Namun, jika Anda jomblo, jangan risau dan lakukan hal ini saja.

Liputan6.com, Jakarta - Valentine Day alias hari kasih sayang sudah di depan mata. Bagi yang memiliki pacar atau sudah berumah tangga, tentu ini jadi salah satu momen berbagi kasih yang menyenangkan. Anda bisa bertukar coklat atau kado kecil dengan sang pujaan hati.

Namun,apa kabar dengan kaum jomlo yang tengah menangis di pojokan?

"Hari Valentine mungkin terasa sulit bagi para jomlo tergantung caranya mendefinisikan hari tersebut, tetapi pada kenyataannya, Anda dapat mendefinisikannya menjadi apa pun yang diinginkan," ungkap psikolog klinis Alice Shepard, Ph.D dilansir dari situs Apartment Therapy.

Don't worry, be happy, Anda masih bisa merayakan Valentine meski tanpa kekasih. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan sendiri untuk bersenang-senang di hari kasih sayang menurut situs Verywell Mind:

1. Manjakan Diri

Jika Anda ingin tetap merayakan Hari Valentine meski sendiri, jadikan hari tersebut sebagai momen memanjakan diri.

"Menjadi jomlo berarti memiliki kebebasan untuk membuat semua keputusan sendiri," ujar terapis berlisensi dan konselor hubungan Rachel Sussman. "Cobalah untuk fokus pada energi Anda dan rayakan kebebasan atas status jomlo yang disandang di Hari Valentine."

Sebagai referensi, Anda dapat melakukan beberapa hal menarik berikut ini:

-Makan makanan favorit Anda

-Menikmati hobi

-Tidur larut malam

-Cuti kerja

-Menulis jurnal

2. Jadilah Pengagum Rahasia Anda Sendiri

Pada Hari Valentine, Anda mungkin mulai sibuk scroll media sosial dan melihat semua unggahan gambar bunga dan cokelat yang diterima rekan kerja, teman, dan orang yang Anda cintai. Akan tetapi, pernahkah Anda berpikir bahwa mereka mungkin mengirimkan hadiah tersebut untuk dirinya sendiri?

Jika Anda merasa sedih karena sendirian di Hari Valentine, coba kirimkan beberapa bunga atau coklat favorit ke tempat kerja atau rumah Anda sendiri.

"Jika Anda menginginkan bunga, perhiasan, atau makanan lezat dari restoran bagus, pesan sendiri barang-barang itu terlebih dahulu sehingga dapat dinikmati di hari Valentine," ujar Sussman.

Hadiah ini akan terasa istimewa karena dikirim oleh seseorang yang paling mengenal Anda—siapa lagi jika bukan diri Anda sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Buat Rencana Lain

 Rencanakan kegiatan rekreasi atau hobi yang tidak berkaitan dengan Hari Valentine. Misalnya, Anda dapat:

-Mendaki

-Manicure pedicure

-Memesan makanan dari restoran favorit

-Bermain video game favorit

-Berolahraga.

Memiliki rencana untuk melakukan sesuatu kegiatan yang Aanda anggap menyenangkan akan membantu mengalihkan pikiran dari kenyataan bahwa Anda masih sendiri. Dengan demikian, perhatian Anda akan teralihkan ke diri sendiri sehingga waktu yang dihabiskan secara solo tersebut tetap terasa menyenangkan.

4. Berbagi Kebahagiaan

Apakah Anda mengenal seseorang yang baru saja kehilangan orang penting lainnya? Memberikan hadiah kecil padanya di Hari Valentine akan sangat berarti dan dapat membuat Anda juga merasa lebih baik. Anda dapat mempertimbangkan opsi di bawah ini sebagai kejutan kecil untuk orang tersebut:

-Parsel buah

-Kotak hadiah berisi pernak-pernik kecil yang disukai, misalnya aksesoris atau camilan

-Bunga

-Cookie buatan sendiri

Anda juga bisa menawarkan waktu Anda untuk melakukan hal menyenangkan bersama.

3 dari 4 halaman

5. Rencanakan Aktivitas dengan Teman Sesama Jomlo

Jika Anda memiliki teman jomlo, rencanakan waktu hang out bersama mereka. Berada bersama orang lain yang memiliki situasi serupa akan membantu meringankan rasa kesepian.

Pastikan untuk menjaga acara kumpul-kumpul tersebut tetap ceria dan menyenangkan. Anda dapat mencoba melakukan hal-hal di bawah ini:

-Bermain game

-Menonton film bersama

-Masak makanan

Selain mengurangi rasa sepi, menghabiskan quality time dengan teman akan menjaga hubungan sosial Anda tetap kuat. Ini juga membuat Anda merasa dicintai.

Jika terhalang jarak, Anda dapat merencanakan kegiatan secara virtual. "Anda juga dapat mengadakan makan malam bersama selcara virtual di Hari Valentine, dengan semua yang hadir memesan makanan dari restoran favoritnya masing-masing untuk dinikmati bersama," jelas Sussman.

6. Kirim Hadiah Anonim

Kebanyakan orang tidak pernah menerima hadiah dari pengagum rahasia. Pertimbangkan untuk mengirim hadiah secara anonim kepada seseorang yang berada di posisi yang sama dengan Anda. Orang tersebut tidak harus crush Anda—cukup seseorang yang ingin Anda lihat tersenyum.

Gagasan hadiah dapat mencakup:

-Buku yang disertai dengan pembatas spesial

-Kalender

-Cokelat, permen, dan camilan lainnya.

-Bunga

-Gift card

-Keranjang makanan

-Hadiah buatan sendiri.

4 dari 4 halaman

7. Hindari Hal-Hal Romantis

Hindari menonton film romantis dan mendengarkan lagu-lagu cinta karena dapat memicu lebih banyak perasaan kesepian di Hari Valentine.

Kegiatan ini dapat menimbulkan kesedihan dan perasaan depresi karena sendirian selama Valentine, khususnya jika Anda baru saja putus cinta. Cobalah menonton acara bergenre lain menjelang dan pada Hari Valentine.

Selain itu, Shepard menyarankan untuk menghindari media sosial untuk mencegah Anda merasa sedih dan sepi karena melihat banyak unggahan romantis.

8. Hubungi Seseorang

Ambil kesempatan untuk menjangkau seseorang yang sudah lama tidak Anda ajak bicara. Orang itu mungkin anggota keluarga, teman, atau bahkan crush yang tidak kunjung peka.

Siapa tahu orang tersebut mungkin juga merasa kesepian di Hari Valentine sehingga akan menyambut undangan baik Anda mungkin untuk mengejar ketinggalan dan kembali terhubung.

9. Lakukan Rutinitas Harian

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kesendirian di Hari Valentine adalah dengan melakukan rutinitas harian Anda, misalnya:

-Membersihkan rumah

-Pergi berbelanja bahan makanan

-Olahraga

-Bermain bersama hewan peliharaan

-Memasak

-Mengerjakan tugas lainnya

Lakukan rutinitas yang biasanya Anda lakukan. Ini akan membantu membuatnya tampak seperti hari lainnya.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini