Sukses

Konsumsi Sayuran Hijau Bikin Perut Kenyang Lama, Makan Sayur Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Makan sayur adalah cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami

Liputan6.com, Jakarta - Makan sayuran adalah cara menurunkan kolesterol secara alami. Begitu kata Dokter spesialis penyakit dalam, Jeremia Immanuel Siregar 

Menurut Jeremia, kolesterol tinggi tidak baik bagi tubuh karena bisa berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan pembuluh darah.

Makan sayur dinilai sebagai cara yang paling sederhana untuk melawan kolesterol tinggi. Sebab, sayuran mengandung banyak serat atau fiber, terutama sayuran hijau.

"Serat merupakan zat yang penting untuk membantu mencegah penyerapan kolesterol. Jadi, kalau kita makan banyak serat, kolesterol yang masuk ke tubuh kita bisa dicegah untuk diserap sehingga bisa banyak dikeluarkan," ujar Jeremia dalam saluran Youtube DRV Channel dikutip Health Liputan6.com pada Selasa, 31 Januari 2022. 

Kenapa Makan Sayur Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi?

Jika kolesterol banyak dikeluarkan, otomatis kolesterol dalam tubuh bisa turun. Selain mencegah penyerapan kolesterol, serat juga bisa membuat perut cepat kenyang.

"Serat atau fiber itu berguna supaya kita kalau makan bisa cepat kenyang. Kenapa begitu? Seperti kita ketahui serat itu adalah zat yang tidak mudah dicerna sehingga membuat kita merasa kenyang," ujarnya.

Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah Sebelum Makan

Perut yang terasa kenyang mencegah asupan makan berlebih. Konsumsi sayur dan buah sebelum makan makanan berat membantu mengatur asupan karbohidrat dan lemak menjadi lebih sedikit.

"Hal ini bermanfaat supaya kita tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan lain yang mengandung kolesterol sehingga kolesterol kita semakin rendah, stabil, dan kita semakin sehat," dia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengandung Banyak Kalium

Sayur dan buah tertentu juga mengandung banyak kalium. Ini adalah garam yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah. Konsumsi kalium membantu tekanan darah agar tidak melambung tinggi.

"Ini berlawanan dengan garam yang biasa kita sebut natrium. Sodium atau natrium adalah jenis mineral yang mudah ditemukan pada berbagai makanan terutama garam dapur," katanya.

Makan Sayur Turunkan Risiko Hipertensi

Natrium sering kali dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

"Jadi, kalau kita banyak konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung kalium. Hal tersebut juga bisa membantu kita menstabilkan tekanan darah," kata Jeremia.

3 dari 4 halaman

Contoh Sayuran dengan Manfaat Tinggi

Secara umum, sayur-sayuran memang baik untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang mengandung manfaat lebih tinggi dari sayuran lainnya, contohnya bayam.

Dalam tayangan kartun Popeye, bayam selalu digunakan untuk menambah kekuatan. Hal ini tidak keliru karena secara ilmiah, bayam terbukti mengandung banyak serat dan vitamin.

Manfaat Makan Bayam

"Selain berguna untuk menurunkan kolesterol, bayam juga mengandung zat besi. Biasanya, zat besi didapat dari protein hewani seperti daging merah, tapi bayam juga mengandung zat besi yang cukup baik," ujar Jeremia.

Konsumsi bayam dapat membuat tubuh mendapat nutrisi zat besi yang cukup. Zat besi sendiri berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah. Jika sel darah cukup, tubuh menjadi sehat.

4 dari 4 halaman

Selain Bayam

Sayuran lainnya yang mengandung serat banyak dan bisa menurunkan kolesterol adalah brokoli.

"Brokoli juga mengandung banyak antioksidan. Ini berfungsi untuk menstabilkan metabolisme kita," katanya.

Brokoli membantu metabolisme di dalam tubuh yang kurang baik akibat makanan tidak sehat menjadi lebih baik.

Ini juga akan memengaruhi regenerasi sel-sel tubuh menjadi lebih baik. Antioksidan juga berfungsi menjaga imunitas sehingga tubuh tetap sehat.

Selain brokoli, sayuran lain yang juga mengandung antioksidan adalah wortel. Selain antioksidan, wortel juga mengandung vitamin A yang cukup banyak. Seperti diketahui, vitamin A baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.