Sukses

Ikuti 5 Cara Ini untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Agar sistem kekebalan daya tubuh dapat bekerja dengan baik dan maksimal, maka diperlukan serangkaian tindakan secara rutin dan berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta Sistem kekebalan adalah cara tubuh melindungi diri dari infeksi dan penyakit. Melawan segala sesuatu mulai dari virus pilek dan flu hingga kondisi serius seperti kanker. 

Mempunyai daya tahan tubuh yang kuat berarti tubuh dapat terhindar infeksi dan penyakit. Agar sistem kekebalan daya tubuh dapat bekerja dengan baik dan maksimal, maka diperlukan serangkaian tindakan secara rutin dan berkelanjutan.

Apa saja? Inilah beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menjaga Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan berarti mengonsumsi banyak buah dan sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan susu dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak. Menjaga pola makan sehat juga berarti membatasi lemak jenuh, kolesterol, garam, dan gula tambahan.

Menjaga pola makan memberikan banyak nutrisi yang mendukung fungsi kekebalan tubuh yang optimal. Namun, perlu diketahui bahwa terlalu banyak vitamin dan mineral dapat berbahaya. Konsultasikan pada ahli gizi jika kamu merasa membutuhkan suplemen nutrisi.

3 dari 7 halaman

2. Rutin Berolahraga

Olahraga yang teratur membantu kamu merasa lebih baik, tidur lebih nyenyak, dan mengurangi kecemasan. Berkat olahraga, sel darah putih dapat bersirkulasi lebih lancar sehingga lebih cepat mendeteksi keberadaan penyakit. 

Dikombinasikan dengan makan dengan baik, olahraga dapat membantu seseorang mempertahankan berat badan yang sehat. Lakukan olahraga ringan seperti yoga atau senam selama 30 menit.

4 dari 7 halaman

3. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan dapat mempengaruhi fungsi tubuh. Seseorang dapat dikatakan obesitas apabila Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih besar atau sama dengan 25 pada orang dewasa.

Obesitas juga dapat menurunkan efektivitas vaksin untuk berbagai penyakit, termasuk Influenza, Hepatitis B, dan Tetanus. Cara aman untuk membantu menjaga berat badan yang sehat  termasuk mengurangi stres, makan makanan sehat, cukup tidur, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

5 dari 7 halaman

4. Tidur yang Cukup

Tidur yang nyenyak atau berkualitas dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima, sehingga siap melawan patogen penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh. 

Hindari begadang karena dapat membuat tubuh lelah dan sulit berkonsentrasi. Terlalu sering begadang juga dapat terserang resiko penyakit. 

6 dari 7 halaman

5. Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di pagi hari dipercaya mampu meningkatkan imun tubuh untuk melawan virus atau bakteri. Hal ini disebabkan karena sinar matahari mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mengurangi terkena penyakit. 

Selain itu, berjemur juga bisa mengurangi rasa stres. Berjemur selama 15 menit di pagi hari dapat meningkatkan kadar hormon serotonin pada tubuh. Hormon serotonin merupakan hormon yang mempengaruhi suasana hati seseorang. Jadi, coba untuk rutin berjemur di pagi hari selama 10-15 menit. 

7 dari 7 halaman

6. Konsumsi Susu Bear Brand

Susu Bear Brand terbuat dari 100% susu murni berkualitas tinggi yang telah mengalami proses sterilisasi sehingga dapat langsung dikonsumsi. Dengan segala kebaikan susu, kemurnian dalam Bear Brand dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi.

Rasakan langsung manfaat mengonsumsi susu Bear Brand secara rutin bagi kesehatan. Satu kaleng susu Bear Brand mengandung  banyak protein, vitamin, dan lemak yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh dan kesehatan. Susu bear brand mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, mineral, dan kalori.

Bear Brand dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena susu sapi juga mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin E, selenium dan seng. Senyawa tersebut dapat memberikan manfaat susu sapi yang berperan dalam mencegah berbagai virus yang masuk ke dalam tubuh.

Imunitas adalah pertahanan tubuh terhadap organisme asing. Merawat diri sendiri sama saja membantu merawat sistem kekebalan tubuh. Tunggu apalagi, konsumsi Bear Brand dan Rasakan Kemurniannya!

 

Penulis: Kadek Argyanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini