Sukses

7 Gerakan Yoga yang Bisa Bantu Redakan Nyeri Pinggang hingga Pundak Usai WFH

WFH membuat kebiasaan untuk duduk di meja kerja semakin bertambah. Akibatnya, nyeri pinggang, pundak, hingga punggung kerap tak terhindarkan.

Liputan6.com, Jakarta - Kerja dari rumah atau work from home (WFH) sudah lumrah dilakukan sejak pandemi COVID-19 berlangsung. Namun ternyata, ada dampak tak terduga yang datang berupa pegal linu, nyeri punggung, nyeri pinggang, hingga pundak.

Nyeri-nyeri tersebut dapat muncul akibat berbagai macam kondisi. Mulai dari kebiasaan duduk yang semakin bertambah tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik lain, maupun meja dan kursi kerja yang kurang ergonomis.

Tak semua orang pun memiliki budget untuk membeli furnitur yang dapat mendukung WFH jadi lebih baik. Jika Anda salah satunya, tak perlu bersedih karena ternyata ada lho gerakan yoga yang dianggap bisa membantu redakan nyeri akibat WFH.

"Pose-pose ini bisa membantu Anda setelah duduk di meja atau di depan laptop sepanjang hari. Jika Anda siap untuk merasa lebih baik, Anda bisa mencobanya," ujar guru yoga dan pernapasan, Olivia Otten mengutip Elite Daily, Senin (26/12/2022).

Lalu, apa sajakah gerakan yang direkomendasikan? Berikut diantaranya.

1. Standing Forward Fold

Olivia mengungkapkan bahwa gerakan yoga yang satu ini bisa membuka seluruh garis bagian belakang tubuh. Cara melakukannya pun cukup sederhana yakni berdiri dengan jarak kaki yang dibuka selebar pinggul.

Setelahnya, tekuk tubuh Anda dengan menundukkan kepala dan bagian tubuh atas sampai dekat dengan kaki. Biarkan tubuh bagian atas menggantung dan otot terasa rileks.

Anda bisa sedikit bertumpu pada paha dan menggerakan kepala ke kanan kiri, serta atas bawah untuk membantu peregangan menjadi lebih ekstra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Seated Butterfly Forward Fold

Kedua, gerakan yoga seated butterfly forward fold dapat memberikan Anda peregangan untuk bagian tulang belakang secara penuh. Caranya adalah dengan menyatukan kedua telapak kaki sambil duduk di permukaan yang rata seperti lantai atau matras yoga.

Setelahnya rentangkan kedua tangan hingga berada di depan. Pastikan untuk merilekskan bagian leher dan bahu Anda. Saat melakukan gerakan, Anda bisa menarik napas dengan dalam.

3. Seated Torso Circles

Gerakan yoga ketiga ini tak jauh berbeda dengan yang di atas. Anda bisa tetap berada pada posisi duduk dengan tangan yang diletakkan pada bagian paha, kemudian miringkan tubuh sedikit ke kanan, begitupun sebaliknya.

"Saat Anda duduk tegak, rilekskan bahu Anda dan lakukan gerakan melingkar. Mulai dari kanan, kemudian ke kiri. Anda dapat mengubah arah setelah beberapa tarikan napas," kata Olivia.

Gerakan satu ini menjadi gerakan yoga termudah, menurut Olivia. Meski begitu, tak mengurangi kemampuannya untuk meregangkan tubuh terutama pada bagian pinggang dan punggung.

"Child's pose bisa membuka otot yang ada di paha dan menarik tekanan yang ada di bagian belakang tubuh," ujar Olivia.

Caranya adalah dengan melipat kaki hingga menyentuh bagian paha saat Anda duduk, kemudian rentangkan tangan ke bagian depan sambil Anda membungkuk.

5. Supported Bridge Pose

Olivia mengungkapkan bahwa gerakan yoga kelima ini dapat meredakan tekanan yang ada pada bagian belakang tubuh termasuk untuk punggung. Serta, menciptakan ruang antara tulang belakang.

Cara melakukannya adalah dengan menekuk lutut sambil berbaring telentang. Kemudian tekan kedua kaki hingga bagian pinggul terangkat. Tahan gerakan tersebut selama beberapa detik dan ulangi dengan perlahan.

3 dari 3 halaman

6. Seated Side Bends

Gerakan yoga keenam ini berfungsi untuk meregangkan bagian tulang belakang. Menurut Olivia, gerakan satu ini juga bisa meningkatkan mobilitas tulang belakang.

Cara melakukannya adalah dengan menarik napas dan angkat kedua tangan ke atas dalam posisi duduk bersila. Anda bisa meletakkan satu tangan menempel dengan lantai atau matras. Lakukanlah ini dengan kedua sisi.

7. Cat and Cow

Terakhir atau gerakan ke tujuh adalah Cat and Cow. Gerakan satu ini akan membantu tangan maupun kaki mendapatkan manfaat dalam satu waktu.

Caranya adalah dengan meletakkan tangan sejajar dengan pundak, dengan jari-jari yang terbuka. Saat menarik napas, turunkan bagian perut dan di waktu yang bersamaan menaikan dagu. Ketika membuang napas, tarik bagian perut ke atas sambil menempatkan dagu ke bawah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.