Sukses

Bukan Hanya Bisa Membakar Kalori, Ini 3 Cara Yoga Bantu Turunkan Berat Badan

Yoga ternyata dapat membantu menurunkan berat badan meskipun masuk kategori olahraga dengan intensitas ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Yoga telah lama menawarkan banyak manfaat kesehatan. Mulai dari memperkuat otot, bantu meningkatkan kualitas tidur, hingga mengurangi stres. Anda mungkin sudah tak asing dengan manfaat-manfaat itu.

Namun tak berhenti di sana, yoga pun ternyata dapat membantu menurunkan berat badan meskipun masuk kategori olahraga dengan intensitas ringan.

"Ada beberapa cara berbeda bagaimana yoga dapat membantu menurunkan berat badan, dan ini bukan hanya masalah kalori yang Anda bakar di atas matras yoga," kata manajer program yoga Cleveland Clinic Center for Integrative Medicine, Judi Bar mengutip Everyday Health, Sabtu (24/12/2022).

Bar mengungkapkan bahwa yoga bahkan dapat merubah gaya hidup seseorang jika dilakukan dengan benar. Dari sanalah, yoga secara perlahan dapat membantu meningkatkan aktivitas fisik dan mengurangi kebiasaan makan seseorang.

"Apalagi yoga bisa membantu Anda mengelola stres, yang juga dapat berujung menjaga berat badan agar tetap stabil," kata Bar.

Demi mencari tahu manfaat yoga pada penurunan berat badan dengan lebih dalam, Bar dan rekan penulis lainnya pun melakukan studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Lifestyle Medicine.

Data menunjukkan bahwa manfaat penurunan berat badan dari yoga memang berkaitan dengan beberapa faktor.

Seperti mengeluarkan energi selama sesi yoga, mendorong olahraga lain agar tidak menimbulkan nyeri punggung dan nyeri sendi, membantu Anda untuk lebih terhubung dengan tubuh, yang mana bisa ikut memengaruhi rasa kenyang dan kebiasaan makan Anda.

Jadi, jika Anda tengah mencoba menurunkan atau mempertahankan berat badan, berikut tiga cara bagaimana yoga bisa membantu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Yoga Bantu Mindful Eating

Profesor kedokteran di Harvard Medical School, Sat Bir Singh Khalsa mengungkapkan bahwa saat melakukan yoga, Anda sebenarnya memperkuat lebih dari sekadar otot.

"Saat Anda menahan postur dalam waktu yang lama, Anda dapat lebih terhubung dengan perasaan dalam tubuh. Instruktur yoga mungkin akan meminta Anda memantau pernapasan dan memperhatikan apa yang pikiran dan tubuh katakan pada Anda, yang mana merupakan cara untuk belajar dan melatih kesadaran," kata Khalsa.

Dari sanalah, yoga bisa membantu Anda mempraktikkan kebiasaan makan yang lebih baik atau mindful eating. Mindful eating dapat membantu Anda mengenali isyarat lapar dan membatasi makan yang berlebihan.

"Semua perilaku inilah yang dapat membantu Anda tetap menjalankan diet atau rencana penurunan berat badan, termasuk dalam membuat pilihan makanan yang lebih sehat secara keseluruhan," ujar Khalsa.

"Di sinilah manfaat yoga. Bukan hanya tentang aktivitas fisik, tapi tentang mendengarkan isyarat tubuh," tambahnya.

3 dari 4 halaman

2. Yoga Bantu Mengelola Stres

Ada banyak cara mengapa stres dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, terutama stres kronis yang tidak dikelola. Terlebih, stres pun dapat membuat penurunan berat badan menjadi lebih sulit lagi.

“Stres dapat membuat penurunan berat badan menjadi sangat sulit karena dapat menyebabkan peningkatan kortisol, makan stres, dan sulit tidur,” kata asisten profesor di Medical University of South Carolina, Sundar Balasubramanian.

Nah, dalam hal ini, yoga dapat membantu menurunkan tingkat stres yang kronis. Hal tersebut lantaran melatih pernapasan saat yoga dapat membantu menghilangkan stres dan mengembalikan efek negatif darinya.

"Pernapasan dan meditasi adalah landasan untuk latihan yoga. Keduanya berkontribusi untuk meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, dan menurunkan tingkat stres," tambah Sundar.

4 dari 4 halaman

3. Yoga Bantu Membangun Otot

Membangun massa otot adalah cara lain yoga membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan.

Terapis sekaligus instruktur yoga dari International Association of Yoga Therapists, Carol Krucoff mengungkapkan bahwa Anda mungkin berpikir memperkuat otot hanya bisa dilakukan dengan mengangkat beban.

"Sedangkan dalam yoga, kita menggunakan berat badan sendiri sebagai bentuk perlawanan. Seluruh tubuh akan bekerja untuk menjaga Anda tetap seimbang sehingga semuanya berolahraga," ujar Carol.

"Anda menggunakan otot bahu, inti, pinggul, dan kaki untuk menahan tubuh Anda. Ada pula posisi yoga yang dapat mengaktifkan otot lain di lengan bawah, bahu, dan punggung Anda. Pembentukan otot ini membakar kalori," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.