Sukses

Peneliti Kembangkan Obat untuk Tangani Virus Dengue Hanya dalam 6 Jam

Penelitian yang dilakukan di Singapura mengembangkan obat ampuh yang dapat menangani virus dengue hanya dalam 6 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Bayangkan seorang pasien dengan demam berdarah datang ke poliklinik dan mendapat diagnosis kemudian bisa langsung pulang ke rumah untuk beristirahat setelah diberi suntikan antibodi dan tahu bahwa virus itu akan mati dalam 6 jam.

Segera setelah itu, ia dapat melanjutkan aktivitasnya. Terlebih, nyamuk Aedes aegypti yang menggigitnya tidak akan menyebarkan infeksi ke seluruh keluarganya.

Pada 2012, Professor Paul MacAry dan timnya dari Immunology Translational Research Programme di National University of Singapore’s Yong Loo Lin School of Medicine (NUS Medicine) mengisolasi antibodi manusia setelah menyaring "ratusan juta" antibodi yang berasal dari individu yang telah pulih dari serotipe 1 dengue, katanya seperti dilansir dari situs Channel News Asia.

"Kami melihat anomali ini, antibodi ini tampaknya membunuh virus dalam beberapa jam, dan melakukannya pada konsentrasi yang jauh lebih rendah daripada antibodi lain yang kami isolasi," kata MacAry.

Para peneliti awalnya mengira itu adalah kesalahan, tetapi tes berulang menunjukkan sebaliknya.

"Potensinya di luar grafik," katanya. "Itu karena ini adalah antibodi yang sudah mengatasi infeksi dengue."

Saat ini, para ilmuwan tidak hanya mengisolasi antibodi untuk keempat serotipe demam berdarah tetapi juga membuat kiloan zat ini dan bersiap untuk melakukan uji klinis empat obat "super ampuh" tersebut, katanya.

Mereka bekerja dengan sektor swasta sebab "mencoba mengembangkan obat-obatan baru ... bukanlah sesuatu yang sangat mudah dilakukan dengan dana pemerintah".

"Kami sedang melakukan penggalangan dana untuk mendukung pembentukan pipa manufaktur dan uji klinis," tambah MacAry, yang berharap uji coba pertama pada serotipe 1 dapat dimulai dalam 18 hingga 24 bulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghilangkan Bentuk Demam Berdarah Paling Parah

Menurut MacAry, obat-obatan yang dikembangkan ia bersama timnya dapat menjadi terapi paling ampuh untuk demam berdarah.

Meski terdapat vaksin yang menargetkan keempat serotipe demam berdarah, tidak ada terapi khusus untuk pasien demam berdarah.

Cairan saline digunakan untuk mengganti cairan yang hilang, sementara parasetamol mengurangi sakit kepala. Akan tetapi, pasien harus menunggu sistem kekebalan tubuhnya untuk menangani infeksi, kata MacAry. Proses tersebut bisa memakan waktu sekitar dua minggu.

"Apa yang kami coba lakukan adalah menghentikan orang memanifestasi bentuk penyakit demam berdarah yang paling parah," katanya.

"Obat kami dirancang untuk dimasukkan ke dalam ... darah pasien yang terinfeksi, dan itu akan bergerak menuju ke virus, mengikatnya dan membunuhnya (dalam waktu enam jam)."

Hal "luar biasa" lainnya tentang obat ini adalah bahwa obat menghentikan nyamuk menyebarkan virus. Ini karena antibodi mengikat virus dan menghentikan nyamuk terinfeksi demam berdarah menggigit manusia, katanya.

3 dari 4 halaman

Senjata Paling Ampuh untuk Melawan Penyakit

Obat-obatan baru untuk demam berdarah tidak hanya menguntungkan Singapura.

Insiden global demam berdarah telah "berkembang secara dramatis", dan sekitar setengah populasi dunia sekarang berisiko, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Diperkirakan 100 juta hingga 400 juta infeksi terjadi setiap tahun, dengan lebih dari 80 persen kasus ringan dan tanpa gejala. Namun, dalam kasus yang parah, orang akhirnya mengalami pendarahan yang mengancam jiwa atau sindrom syok dengue.

Gejala seperti sakit kepala parah, nyeri di belakang mata dan muntah juga bisa membuat banyak penderita dirawat di rumah sakit. Adanya empat serotipe DBD berarti orang dapat tertular penyakit yang ditularkan nyamuk sebanyak empat kali.

Penelitian MacAry—yang dilakukan di laboratorium dengan mengisolasi, menemukan, dan merekayasa antibodi baru—melampaui demam berdarah.

Apa yang dia sukai dari studi tentang sistem kekebalan tubuh adalah "dampak besar pada kesehatan manusia", mulai dari kanker hingga penyakit kronis. "Sistem kekebalan tubuh adalah senjata paling ampuh yang kita miliki untuk membantu melawan penyakit," katanya.

4 dari 4 halaman

Kemajuan di Bidang Kedokteran

Dalam onkologi, "obat terbaik yang dimiliki untuk menargetkan kanker ... adalah antibodi yang kita gunakan untuk menargetkan dan membunuh sel-sel tumor".

Dalam kasus teknologi messenger ribonucleic acid (mRNA) untuk vaksin COVID-19, para ilmuwan menggunakan molekul mRNA untuk mengajari tubuh membuat protein lonjakan virus corona.

Seandainya COVID-19 terjadi seabad yang lalu, dia berpikir dunia akan melihat situasi semacam influenza Spanyol 1918 yang menyebabkan puluhan juta orang meninggal serta dampak yang ditimbulkan selama beberapa dekade.

Sebaliknya, sains modern memungkinkan para peneliti dan perusahaan farmasi untuk mengeluarkan vaksin COVID-19 pertama beberapa bulan setelah patogen teridentifikasi, berbeda dengan pengembangan vaksin tradisional yang membutuhkan waktu "setidaknya delapan tahun", katanya.

Saat ini, lebih dari setengah obat terlaris di dunia adalah obat berbasis antibodi, dan itu digunakan untuk mengobati penyakit yang sebelumnya disebut tidak dapat diobati, misalnya rheumatoid arthritis.

"Ini adalah salah satu disiplin medis yang mendasari beberapa penemuan baru terbesar di bidang kedokteran," katanya.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.