Sukses

7 Tanda Seseorang Menyukai Anda, Salah Satunya Kerap Meledek

Sedang dekat dengan seseorang tetapi tak tahu apakah ia menyukai Anda atau tidak? Kenali tanda-tanda ini, salah satunya hobi meledek Anda

Liputan6.com, Jakarta - Pendekatan (PDKT) adalah hal lazim dilakukan sebelum menjalin hubungan dengan seseorang. Namun, tak semua orang tahu kalau dirinya didekati. 

Bisa jadi, Anda mungkin menyukai orang tersebut tetapi tak berani untuk mengungkapkan perasaan sebab takut ia tak memiliki perasaan yang sama. Padahal, sebenarnya banyak tanda yang dapat menunjukkan apakah orang itu menyukai Anda atau tidak.

Bahkan, mungkin saja tanpa disadari ada orang lain yang selama ini juga memendam perasaan untuk Anda.

Berikut tanda-tanda seseorang menyukai Anda menurut situs Bustle:

1. Nada Suara Berubah

Mungkin sulit untuk mengetahui apakah seseorang mengubah nada suaranya jika Anda baru saja bertemu. Akan tetapi, anggap itu sebagai pertanda baik jika mereka menaikkan suara mereka lebih rendah atau lebih tinggi di hadapan Anda.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa orang memvariasikan kekuatan dan nada suara mereka ketika berbicara dengan orang-orang yang menurut mereka menarik.

Bahkan mungkin, dalam penelitian ini, bagi mereka yang mendengar percakapan tersebut untuk mengetahui kapan percikan api mulai muncul hanya dengan mendengarkan nada suara orang tersebut.

Menurut pelatih hubungan Julia McCurley, perubahan vokal ini terjadi karena kita secara tidak sadar ingin menonjol dari orang lain dan menarik perhatian pasangan. Seorang pria mungkin, misalnya, ingin terdengar lebih maskulin daripada pria lain di sekitarnya agar mendapatkan perhatian Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pupil Melebar

Cara mengetahui apakah seseorang tertarik pada Anda dapat dilihat dari bahasa tubuh. Salah satunya adalah dengan melihat mata orang lain dan dengan santai memperhatikan apakah pupil mereka tampak kecil atau besar. Apakah mereka kecil? Atau apakah mereka lebar?

"Ketika kita menyukai seseorang, kita ingin melihat lebih banyak dari [mereka]," kata seorang ahli bahasa tubuh dan pemilik Blue Lotus Mind Coaching & Training, Tiffany Toombs.

Toombs berkata, pupil membesar untuk memungkinkan lebih banyak cahaya masuk sehingga mereka bisa mendapatkan tampilan yang lebih baik.

Pupil yang melebar juga merupakan tanda kegembiraan, ujar seorang psikolog klinis Holly Schiff, Psy.D.

"Respons fisiologis seperti kegembiraan atau ketertarikan seksual melepaskan oksitosin dan dopamin ke otak yang memengaruhi ukuran pupil Anda," katanya.

3. Tidak Sering Berkedip

Tanda lain berhubungan dengan mata adalah seberapa sering mereka berkedip. Jika sepertinya orang tersebut menatap cukup lama, itu pertanda baik.

Menurut Toombs, tidak jarang seseorang yang mengalami ketertarikan untuk menyinkronkan kedipan mereka dengan orang yang mereka ajak bicara.

Pada dasarnya, mereka tidak akan mau berkedip dan melewatkan sedetik pun menatap mata Anda.

 

3 dari 4 halaman

4. Mengikuti Tingkah Laku Anda

Jika Anda memiliki percakapan menyenangkan dengan seseorang, dan ketertarikan mulai terbangun, jangan heran jika mereka mulai meniru cara Anda berbicara dengan tangan, cara Anda duduk di kursi, atau tingkat energi Anda.

"Ini disebut mirroring," kata Schiff.

"Jika seseorang tertarik kepada Anda dan merasa nyaman dengan Anda, mereka secara tidak sadar mulai mengadopsi beberapa tingkah laku dan perilaku Anda. Mereka ingin merasa lebih selaras dengan Anda. Jadi meniru hal-hal yang Anda lakukan adalah cara untuk menunjukkan bahwa mereka terlibat dalam interaksi dan menciptakan ikatan."

Mereka mungkin juga mulai berbicara seperti Anda, melemparkan beberapa ungkapan atau bahkan mungkin (secara tidak sadar) mengikuti aksen atau cara Anda berbicara.

Toombs mengatakan konsep ini juga menjadi alasan pasangan mulai terlihat seperti satu sama lain setelah beberapa waktu bersama.

5. Gelisah

Ketika seseorang merasa tertarik, ia mungkin menunjukkan kegugupan seperti bermain dengan anting-anting, menggosokkan jari-jari mereka, atau membelai sisi leher mereka, kata Karinch. Ini adalah kebiasaan gugup yang umum di antara orang-orang yang stres karena alasan yang baik.

"Ketertarikan sering kali melibatkan semacam ketegangan yang mungkin kita sebut 'stres yang baik,'" kata pakar bahasa tubuh dan penulis The Art of Body Talk Maryann Karinch.

"Baik stres disebabkan oleh sesuatu yang 'baik' atau 'buruk,' mau bagaimanapun, tubuh memiliki beberapa respons yang sama. Saat berkencan dengan seseorang yang menurut Anda mengasyikkan, dan yang menganggap Anda mengasyikkan, gerakan ini mungkin lebih sering dilakukan."

4 dari 4 halaman

6. Sering Meledek

Pernah berkencan dengan seseorang yang terus meledek Anda? Ia meledek apa pun yang Anda pesan, mengejek minuman favorit Anda, dan membuat lelucon tentang pengeluaran Anda?

Meskipun ini jelas merupakan teknik seperti anak-anak, tapi tahu tidak bahwa ini merupakan cara bagi seseorang untuk meredakan kegugupan.

"Menggoda atau meledek adalah cara mudah atau terang-terangan untuk memberi tahu orang itu bahwa Anda tertarik padanya," kata McCurley.

Masalahnya, tidak hanya mengganggu, tetapi juga mudah untuk disangkal.

"Tidak semua orang menganggapnya sebagai tanda ketertarikan karena teman-teman juga saling meledek," kata McCurley.

"Tetapi jika itu adalah seseorang yang tidak Anda kenal dengan baik, pasti mereka tertarik kepada Anda dan ingin memberi tahu dengan cara yang halus."

7. Wajah Memerah

Seperti yang dikatakan Schiff, "Wajah kita memerah karena serbuan kegembiraan atau adrenalin karena itu adalah sumber utama komunikasi dan emosi."

Jadi perhatikan pipi yang merona ketika melihat Anda.

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini