Sukses

Selain ARMY, Ini Sederet Fandom Kpop yang Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Liputan6.com, Jakarta Upaya saling bahu-membahu untuk para korban Tragedi Kanjuruhan belum berhenti. Selain nantinya akan mendapatkan santunan dari pemerintah, keluarga korban Tragedi Kanjuruhan pun mendapatkan bantuan dari para penggemar Kpop.

Selain para ARMY atau penggemar grup vokal BTS, fandom grup musik Korea Selatan lainnya yang ada di Indonesia juga ikut melakukan penggalangan dana. Masing-masing fandom mengawali galang dana tersebut dengan ucapan duka cita.

Lalu, fandom mana sajakah yang ikut melakukan galang dana untuk Tragedi Kanjuruhan? Mengutip laman Kitabisa, berikut beberapa diantaranya.

1. NCTzen dan WayZenni

Para penggemar NCT dan WAyV melakukan galang dana sejak Selasa, 4 Oktober 2022. Hingga Jumat, 7 Oktober 2022 sekitar pukul 15.00 WIB, donasi yang dikumpulkan sudah mencapai lebih dari Rp340 juta. Jumlah tersebut melebihi target awal yang telah mereka tetapkan yakni Rp310 juta.  

"Korban meninggal dunia di pertandingan Arema versus Persebaya pada Sabtu 1 Oktober 2022 tersebut tak sekadar angka, di dalamnya ada keluarga yang kehilangan pasangan dan buah hatinya. Kami percaya tak ada sepakbola seharga nyawa manusia," tulis NCTzen dan WayZenni Indonesia.

2. CARAT Indonesia

Selain itu, penggemar grup musik Seventeen yang menamai fandom mereka dengan sebutan CARAT menjadi fandom selanjutnya yang ikut menggalang dana. Menilik laman galang dana yang dibuat oleh CARAT Indonesia hingga Jumat (7/10/2022), uang yang terkumpul sudah lebih dari Rp147 juta.

"Bantuan ini tak akan bisa menggantikan yang telah tiada. Bantuan ini setidaknya jadi bentuk welas asih dan bantuan untuk sedikit membantu meringankan musibah yang dijalani oleh keluarga korban," tulis keterangan dalam laman galang dana Carats Bantu Korban Kanjuruhan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

3. EXO-L Indonesia

Selanjutnya, para penggemar EXO juga ikut melakukan galang dana. Mereka menggalang dana sejak Rabu, 5 Oktober 2022 dan tercatat sudah hampir enam ribu orang yang telah ikut berdonasi.

Hingga tulisan ini dipublikasikan, galang dana yang dilakukan oleh EXO-L untuk korban Tragedi Kanjuruhan telah terkumpul lebih dari Rp145 juta.

4. ELF Indonesia

Keempat, para penggemar dari boy band Super Junior pun ikut berkontribusi dengan membuka galang dana. Upaya ini mereka lakukan di hari yang sama dengan EXO-L yakni Rabu, 5 Oktober 2022.

Tercatat lebih dari seribu orang telah ikut berdonasi dan sudah terkumpul lebih dari Rp42 juta untuk para korban Tragedi Kanjuruhan.

3 dari 4 halaman

5. Seonhohada Indonesia

Kelima, galang dana dilakukan oleh Seonhohada atau penggemar Kim Seon Ho. Sejak 5 Oktober 2022 lalu, galang dana yang dilakukan Seonhohada Indonesia Project (SIP) untuk Kanjuruhan sudah mengumpulkan lebih dari Rp11 juta.

Tentu, galang dana tersebut bukanlah kali pertama para Seonhohada melakukan aktivitas dengan membawa nama Kim Seon Ho. Pada ulang tahun Kim Seon Ho ke 36, Seonhohada Indonesia juga memberikan ucapan kreatif.

Pada April 2022 lalu, Seonhohada membuka warteg sebagai proyek ulang tahun Kim Seon Ho. Proyek tersebut dimulai dekat dengan momentum puasa Ramadhan.

"Kenapa jadi di bulan Ramadhan, simply karena berdekatan dengan bulan Mei. Ramadhan juga identik dengan kebaikan, dan itu sejalan dengan tujuan SIP sendiri, menyebar kebaikan," kata Laila saat berbincang dengan Health Liputan6.com melalui aplikasi pesan singkat.

4 dari 4 halaman

Galang Dana dari ARMY Sudah Ditutup

Sebelumnya, galang dana untuk Tragedi Kanjuruhan dilakukan oleh penggemar BTS, ARMY. Menurut para ARMY Indonesia, galang dana tersebut dilakukan sebagai bentuk empati dan solidaritas antara keluarga Tanah Air.

"Kami mengajak ARMY di seluruh Indonesia sebagai bentuk empati dan solidaritas antar keluarga se-Tanah Air, satu Bangsa Indonesia untuk ikut berkontribusi untuk membantu para korban dari tragedi ini dengan ikut berdonasi melalui KITABISA," tulis keterangan dalam akun Instagram @btsarmy.project pada Senin, 3 Oktober 2022.

Berdasarkan nominal yang tercantum dalam laman Kitabisa.com, galang dana dari ARMY Indonesia terkumpul hingga Rp447.559.567. Galang dana yang dilakukan oleh ARMY Indonesia juga telah berakhir.

Bantuan dari para ARMY nantinya akan disalurkan untuk keluarga korban terdampak. Termasuk untuk modal usaha bagi keluarga yang kehilangan sosok tulang punggung dan santunan pendidikan bagi anak-anak yang ditinggalkan orangtuanya.

"Nantinya dana hasil donasi akan disalurkan langsung oleh tim ARMY Malang," lanjut keterangan dalam unggahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.