Sukses

Terungkap, Velma Dinkley di Film Scooby Doo Penyuka Sesama Jenis

Sebuah potongan film animasi spesial berjudul "Trick or Treat Scooby-Doo!" yang beredar baru-baru ini membuat para penggemar meyakini bahwa Velma seorang lesbian.

Liputan6.com, Jakarta - Orientasi seksual Velma Dinkley, salah satu karakter dalam kartun Scooby-Doo, terungkap. Dalam film Scooby-Doo edisi Halloween mendatang, anggota Mystery Inc yang digambarkan berpotongan rambut bob dan berkacamata itu terkonfirmasi sebagai penyuka sesama jenis.

Sebuah potongan film animasi spesial berjudul "Trick or Treat Scooby-Doo!" yang beredar baru-baru ini membuat para penggemar meyakini bahwa Velma seorang lesbian. Dalam potongan video itu Velma digambarkan tergila-gila pada sosok Coco Diablo.

Rupanya itu bukan satu-satunya clip atau potongan video yang beredar di jagat maya. Klip lain yang juga ramai diperbincangkan warganet soal orientasi seksual Velma menampilkan adegan dia curhat pada sahabatnya, Daphne, mengenai harus bersikap bagaimana terhadap gadis yang dia taksir.

Komentar seputar orientasi seksual Velma ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Mengutip laman CNN, sudah sejak lama para penggemar kartun meyakini jika Velma adalah bagian dari komunitas LGBTQ+.

Sementara itu pada 2020, sutradara James Gunn mengatakan dia berusaha membuat segamblang mungkin mengenai orientasi seksual Velma di naskah film live-action Scooby Doo.

"Pada 2001, Velma secara eksplisit (digambarkan) gay di naskah awalku," cuit Gunn pada waktu itu.

"Tapi studio terus menyamarkannya dan menyamarkannya, menjadi ambigu, lalu tidak ada sama sekali dan akhirnya dia punya pacar cowok," lanjut Gunn.

Naskah film live-action (diperankan oleh manusia), Scooby-Doo tahun 2001 dan sekuelnya tahun 2004 ditulis oleh Gunn. Karakter Velma dalam dua film tersebut diperankan oleh aktris Linda Cardellini. Sedangkan dalam sekuel 2004, pacar Velma diperankan oleh Seth Green.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebagian Besar Fans Memahami

Tak ada sedikit pun tanda atau petunjuk dari karakter Velma di kedua film tersebut yang mengarah pada orientasi sesama jenis.

Namun, pada 2020, Tony Cervone, produser yang mensupervisi series film tersebut pernah mengunggah karakter Velma dan Marcie menggunakan warna pelangi atau Pride colors yang menjadi simbol komunitas LGBTQ+.

"Tentunya aku tidak mewakili setiap versi Velma Dinkley, tapi aku merupakan salah satu sosok kunci yang mewakili versi ini. Kami menyajikan niat kami sejelas mungkin, semampu kami seperti sepuluh tahun lalu," demikian tulis Cervone dalam caption foto yang diunggahnya.

"Sebagian besar fans kami memahaminya. Bagi yang tidak, aku menyarankan agar kalian melihat lebih dekat."

 

3 dari 3 halaman

Dirayakan Google

Mesin pencari Google juga merayakan Velma yang telah terkonfirmasi sebagai bagian dari komunitas LGBTQ+. Mengutip Variety, Google menghujani Velma dengan confetti dan bendera kebanggaan gay setelah anggota lama kru "Scooby-Doo" itu secara resmi dikonfirmasi sebagai lesbian.

Dalam telur Paskah baru yang muncul pada hari Rabu, pencarian Google untuk kata “Velma,” “Velma Scooby-Doo,” “Velma Dinkley” dan bahkan “Dinkley” menghasilkan halaman hasil pencarian biasa — bersama dengan kaskade confetti warna-warni dan berbagai bendera LGBTQ.

Halaman Google Search kemudian memunculkan dua tombol di bagian bawah halaman: satu untuk memutar ulang animasi, dan satu lagi untuk membagikan hasil pencarian melalui Facebook, Twitter atau email (bersama dengan trio ikon bendera kebanggaan gay).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini