Sukses

Penyintas COVID-19 Alami Kabut Otak, Mudah Lupa hingga Sulit Fokus, Kenapa?

Brain fog (kabut otak) adalah istilah awam yang menggambarkan proses berpikir yang lambat yang memengaruhi memori, konsentrasi dan/atau kejernihan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Kabut otak atau brain fog menjadi salah satu kondisi yang dikeluhkan sebagian penyintas COVID-19. Meski telah pulih beberapa waktu dari infeksi virus Corona, sebagian individu mengaku tidak dapat berpikir secara jernih atau cepat, menjadi pelupa, hingga terkadang sulit konsentrasi.

"Brain fog (kabut otak) adalah istilah awam yang menggambarkan proses berpikir yang lambat yang memengaruhi memori, konsentrasi dan/atau kejernihan mental. Ini adalah gejala yang dilaporkan sendiri dan definisinya bisa bervariasi antar individu dan dokter," jelas Associate Profesor Kevin Tan, seorang konsultan senior di Departeman Neurologi National Neuroscience Institute.

Meski tak sedikit penyintas COVID-19 yang mengeluhkan mengenai kabut otak, fenomena ini tidak terbatas pada kasus COVID-19 saja. Menurut Tan, brain fog juga bisa disebabkan oleh kondisi kehamilan, menopause, serta pemulihan dari infeksi lain atau cedera kepala minor.

"Ditambah, itu juga ditengarai sebagai efek samping dari pengobatan tertentu seperti beberapa kemoterapi," ucapnya, dilansir Channelnewsasia.

Lebih lanjut Tan mengatakan, saat ini masih belum diketahui secara pasti mengapa virus SARS-CoV-2 berdampak pada kemampuan kognitif seperti memori, fokus, dan fungsi otak, termasuk dalam hal perencanaan dan multitasking.

"Ada suatu studi awal kecil yang menunjukkan bahwa ada 'penyusutan otak' pasca infeksi COVID-19, tapi temuan-temuan ini perlu direplikasi lebih luas dan dikaitkan dengan bukti lain mengenai bagaimana virus tersebut memengaruhi otak," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

22-23 Persen Kasus COVID-19 Alami Disfungsi Kognitif

Profesor Neurpsikologi Kamini Khrisnan, seperti dikutip dari situs Cleveland Clinic, mengatkaan, kabut otak bisa jadi merupakan akibat badai sitokin. Ketika mengalami infeksi seperti COVID-19, tubuh membanjiri aliran darah dengan protein inflamasi yang dikenal sebagai sitokin untuk menargetkan virus. Namun kelemahannya, itu bisa meningkatkan respons sistem imun yang dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut pada organ-organ seperti otak.

Diperkirakan, 22 hingga 23 persen dari keseluruhan kasus COVID-19 mengalami disfungsi kognitif setelah pulih dari COVID-19. Tan juga menyampaikan bahwa kondisi kabut otak tersebut tak berkaitan dengan faktor lain seperti usia dan gender.

Menurut penelitian ini pada lebih dari 3.000 orang dari 56 negara, timbulnya kabut otak terjadi pada sekitar 31 persen responden pada minggu pertama gejala COVID-19. Ini memburuk selama tiga bulan pertama, memuncak pada hampir 67 persen peserta, sebelum menurun di bulan-bulan berikutnya. Pada bulan ketujuh, sekitar 55 persen dari mereka mengalami disfungsi kognitif. 

 

3 dari 4 halaman

Kabut Otak Bagian dari Long COVID

Kabut otak adalah bagian dari long COVID, yang merupakan gejala yang berlangsung selama berbulan-bulan. Lebih lanjut, “orang-orang yang telah berada di ICU atau membutuhkan bentuk perawatan yang lebih parah cenderung mengalami lebih banyak kabut otak,” kata Prof Krishnan.

Alasannya bisa jadi, pasien ini juga sering mengalami gejala lain yang dapat mempengaruhi ketajaman mental mereka seperti sulit tidur, tingkat stres yang meningkat atau perubahan pola makan yang signifikan, katanya.

Namun, itu tidak berarti Anda lolos jika gejala Anda ringan: Penyimpangan memori dan kesulitan dalam fokus mungkin masih terjadi, menurut sebuah penelitian di Jerman yang merekrut 136 peserta dengan usia rata-rata 30 untuk memainkan permainan otak. 

Hampir 40 persen dari mereka telah pulih dari COVID-19 tetapi tidak memerlukan rawat inap, sementara sisanya tidak menderita COVID-19. Ditemukan bahwa kelompok COVID-19 tidak melakukannya dengan baik di bidang yang membutuhkan perhatian seperti kelompok lainnya. Mereka juga tampil "jauh lebih buruk" pada tugas-tugas memori.

Lapisan peraknya adalah, ketika para peneliti menindaklanjuti dengan para peserta, pemulihan ingatan mereka dicatat dalam waktu enam bulan, sedangkan perhatian mereka meningkat dalam waktu sembilan bulan setelah terinfeksi.

“Gejala sering membaik dari waktu ke waktu,” kata Assoc Prof Tan. “Namun, ini bisa memakan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan karena seperti halnya infeksi apa pun, pemulihan dapat sangat bervariasi antar individu.”

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kabut Otak

Olahraga dapat berperan dalam meningkatkan fungsi kognitif, terutama yang aerobik seperti berlari dan bersepeda, menurut Harvard Health. Peningkatan kapasitas untuk mengangkut oksigen ke otak dapat meningkatkan "jumlah pembuluh darah dan sinapsis, meningkatkan volume otak".

Dan jika menjadi sosial, bermain game, terlibat dalam kegiatan kerajinan dan membaca ditemukan untuk membantu manula mencegah gangguan kognitif ringan dalam sebuah penelitian, mengumpulkan beberapa teman untuk malam permainan papan mungkin juga merupakan stimulan mental yang Anda butuhkan untuk menghilangkan kabut otak. .

Namun, tidak ada formula ajaib yang secara khusus menargetkan kekaburan mental yang disebabkan oleh COVID-19, kata Assoc Prof Tan, meskipun Anda tidak bisa salah mendapatkan tidur yang cukup, makan makanan yang sehat, diet seimbang, dan menghindari merokok dan stres.

“Pertimbangkan untuk menemui dokter keluarga Anda jika masalah memori atau kognitif Anda secara signifikan memengaruhi aktivitas dan fungsi Anda sehari-hari, seperti kemampuan Anda untuk bekerja,” kata Assoc Prof Tan. “Bantuan medis harus fokus untuk menemukan penyebab karena individu dengan kabut otak setelah COVID-19 mungkin memiliki alasan lain untuk gangguan kognitif.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.