Sukses

4 Penyebab Bangun Tidur Tapi Badan Terasa Lelah

Liputan6.com, Jakarta Saat pagi hari, pernahkah kamu merasa nggak badan kurang enak dan nggak segar, padahal baru bangun dari tidur? Setelah tidur semalaman tubuh bukannya malah terasa segar tapi sangat lelah. Terkadang bahkan sampai sakit kepala, dan tubuh terasa pegal.

Padahal sama-sama kita tahu kalau tidur adalah waktu yang dibutuhkan organ untuk berproses. Ya, sel-sel dalam tubuh meregenerasi. 

Maka dari itu, banyak ahli kesehatan mengatakan agar setiap orang harus rutin menerapkan pola tidur yang berkualitas, agar keesokan harinya bisa lebih fit. 

Nah sekarang pertanyaannya, apa sih yang menyebabkan tubuh jadi nggak nyaman dan nggak segar saat bangun dari tidur? 

Dikutip laman Dream, Dokter Ida Rochmawati, seorang psikiater, menjelaskan lewat akun Instagramnya @newidapsikiater ada beberapa pemicu seseorang yang kerap merasa lelah setelah bangun tidur.

"Perlu dikaji lebih jauh penyebabnya terutama bila kelelahan tersebut berlangsung lebih dari enam bulan. Konsultasikan ke dokter Anda agar bisa mendapatkan pertolongan yang tepat," tulis dr. Ida.

Selain itu ada beberapa penyebab atau kemungkinannya, cek selengkapnya di bawah ini yuk:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Stres

Saat seseorang mengalami stres, tingkat kewaspadaan meningkat. Ketika dalam kondisi tersebut, gelombang otak dominan di gelombang beta. Ini adalah gelombang yang berkaitan dengan tingkat kesadaran, kewaspadaan, fokus, dan gairah yang tinggi.

Gelombang beta juga biasanya muncul ketika seseorang sedang berpikir atau membuat suatu keputusan. Padahal untuk bisa beristirahat setidaknya gelombang otak ada di gelombang alfa, delta dan teta. Itu adalah gelombang yang biasa muncul saat meditasi dan tidur. 

 

3 dari 5 halaman

2. Insomnia

Rata-rata kebutuhan tidur orang dewasa 4-8 jam. Salah satu indikator insomnia adalah bangun tidur nggak segar. Bisa karena sulit mulai tidur, bisa tidur tapi mudah terbangun, atau tidur tidak utuh (bangun-tidur, bangun-tidur lagi). Beberapa jenis gangguan tidur yang bisa menyebabkan tubuh lelah saat bangun tidur selain insomnia adalah sleep apnea dan narkolepsi.

4 dari 5 halaman

3. Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS) adalah sindrom yang bisa menyebabkan penderitanya merasa lelah sepanjang waktu. Diduga mengalami CFS bila merasa lelah selama lebih dari 6 bulan tanpa penyebab yang jelas.

Dokter Ida menyarankan untuk tidur siang selama 30 menit, demi mengurangi rasa lelah. Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Penting juga melakukan olahraga rutin.

"Selain itu, lakukan olahraga yang bisa meningkatkan kualitas tidur seperti berenang, jogging, olah nafas dan sebagainya," ungkap dr. Ida.

Bisa juga menerapkan teknik relaksasi sebelum tidur guna mengurangi stres. Misalnya mandi air hangat, baca buku, meditasi atau yoga.

5 dari 5 halaman

4. Anemia

Kondisi kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan kesehatan darah yang buruk. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala seperti lelah, letih, lesu, dan lemah, dan membuatmu merasakan badan nggak segar, bahkan ketika durasi tidurnya cukup pun bangun pagi pun tetap nggak merasa segar.

Penyebab Hb rendah biasanya menandakan bahwa seseorang mengalami anemia, yang ditandai dengan kurangnya zat besi dalam makanan, membuat sumsum tulang lebih sulit untuk menghasilkan Hemoglobin. Ini sebabnya penting memenuhi nutrisi harian akan zat besi.

Ketika penyebanya kekurangan zat besi, artinya kamu harus banyak meningkatkan kadar hemoglobin dan suplemen untuk mengatasi kurang darah atau anemia

 

 

(*)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS