Sukses

Pakai Sampo atau Sabun, Mana yang Harus Didahulukan Saat Mandi?

Tahapan yang tepat saat mandi bisa bantu berikan manfaat bagi kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi seolah jadi bagian paling sederhana dan mudah dalam rutinitas sehari-hari. Mengingat yang dilakukan hanyalah menggunakan sabun dan sampo sebelum kemudian membilasnya hingga bersih.

Namun, ternyata ada lho tahapan tertentu saat mandi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal untuk kulit Anda.

"Perawatan kulit itu bisa dimulai saat mandi. Ini melibatkan apa yang Anda bersihkan, seberapa sering, dan bagaimana Anda melakukannya," ujar dokter kulit Mono Gohara dikutip Well and Good, Kamis (10/3/2022).

Maka, bagaimanakah cara yang tepat? Berikut diantaranya.

1. Suhu air

Gohara menjelaskan, mandi menggunakan air hangat terasa begitu nikmat dan rileks. Namun penting untuk memerhatikan suhu yang tepat.

"Air yang terlalu panas dapat merusak kulit karena dapat menghilangkan lipid dan protein penting, bahkan membuatnya lebih mudah meradang. Jadi pastikan suhunya hangat saja, bukan panas menyengat," kata Gohara.

2. Keramas

Saat hendak mandi dan ingin keramas, Gohara menyarankan untuk melakukannya lebih dulu sebelum melakukan yang lainnya.

"Pastikan untuk menjadikan keramas sebagai hal pertama yang Anda lakukan. Gunakanlah produk bebas sulfat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut," ujar Gohara.

Jika ingin menambahkan kondisioner, maka lakukanlah itu setelah keramas. Namun pastikanlah residu yang berpotensi untuk menyumbat pori-pori telah sepenuhnya bersih agar tidak menimbulkan jerawat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gunakan sabun

Setelah keramas, Anda dapat beralih untuk membersihkan tubuh menggunakan sabun. Gohara menyarankan untuk berfokus membersihkan area yang kotor dan menggosok area yang kemungkinan menimbulkan bau.

"Anda perlu menggosok bagian seperti kaki, bawah pinggang, dan lain-lainnya. Carilah sabun yang lembut dan dapat melembabkan kulit Anda," kata Gohara.

4. Mencukur

Hal pertama yang dapat Anda lakukan sebelum mencukur adalah memastikan bahwa kulit Anda dalam keadaan bersih, dan pori-pori telah terbuka usai dibasuh dengan air hangat.

"Pastikan untuk mengikuti saja butiran rambut alih-alih melawannya, untuk mencegah terjadi luka atau iritasi saat mencukur," kata Gohara.

5. Keringkan

Menurut Gohara, rutinitas mandi tidak hanya berakhir usai Anda mematikan air. Melainkan Anda juga harus mengeringkan kulit dengan tuntas.

"Saya lebih suka menggunakan bathrobe daripada handuk, karena handuk dapat menyerap air begitu saja tanpa harus menggosok kulit untuk membuang kelebihan air," kata Gohara. 

Setelah kering, maka Anda juga diperkenankan untuk menggunakan pelembab.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.