Sukses

Rutin Kerjakan 6 Hal Ini Ketika Bangun Tidur, Dijamin Bahagia Sepanjang Hari

Liputan6.com, Jakarta - Coba sebutkan apa saja yang Anda kerjakan sesudah bangun tidur di pagi hari? Cari ponsel lalu Skrol TikTok atau bergegas turun dari ranjang, cuci muka, dan minum segelas air putih?

Pilihan ada pada diri Anda. Namun, Anda perlu tahu bahwa kebiasaan yang dibangun setelah bangun tidur punya dampak besar pada sisa hari Anda.

Begitu kata psikolog klinis berlisensi di Columbia University Irving Medical Center, Erin Engle PsyD, dikutip dari Insider pada Sabtu, 19 Februari 2022.

Erin bilang dengan mempraktikan rutinitas pagi yang 'sehat', Anda bisa lebih produktif, terhindari stres, dan yang paling penting adalah selalu dinaungi rasa bahagia yang enggak habis-habis.

Nah, berikut adalah enam hal yang sebaiknya Anda lakukan ketika bangun tidur pagi hari untuk memulai hari yang sempurna, seperti dikutip dari Medium.

2 dari 5 halaman

1. Minum segelas air

Anda pasti sudah sering mendengar saran yang satu ini. Rutinitas yang paling sederhana dilakukan, tetapi juga paling diabaikan. Minum satu atau dua gelas air di pagi hari (setelah Anda menyikat gigi) membantu memulai metabolisme, membuang racun, dan menghidrasi tubuh. 

2. Regangkan tubuh Anda

Peregangan dapat membuat darah mengalir ke seluruh bagian, dan mengirimkan sinyal ke tubuh Anda untuk bangun dan bersiap-siap. Anda dapat menggabungkan peregangan dengan olahraga atau yoga jika Anda memiliki rutinitas seperti itu atau berencana untuk memulainya. 

Jika tidak, peregangan sudah cukup.

 

3 dari 5 halaman

3. Berjemur di bawah sinar matahari

Setelah menghabiskan sepanjang malam (termasuk mungkin larut malam) di dalam rumah, cobalah untuk pergilah ke luar ruangan di pagi hari untuk merasakan hangatnya sinar matahari di tubuh Anda. Sinar matahari pagi menghasilkan sinar ultraviolet yang jika diserap oleh kulit akan membantu tubuh kita memproduksi vitamin D dan meningkat sistem imun dalam tubuh.

4. Tulis catatan singkat di jurnal Anda

Buat entri di jurnal Anda setiap pagi. Ini bisa berupa kalimat sederhana “Saya benci bangun di pagi hari…” atau “Kami adalah produk sampingan dari bintang.” Apa pun yang membuat Anda merasa lebih baik dan bahagia.

Latihan ini hanya dimaksudkan untuk mengusir pikiran-pikiran buruk dan membuka pikiran Anda untuk kemungkinan-kemungkinan baru dan menarik.

 

4 dari 5 halaman

5. Luangkan 10 menit untuk bersantai atau bermeditasi.

Pagi hari bisa menjadi periode manik terburu-buru. Menolak untuk tersedot ke dalamnya. Duduklah di tempat yang nyaman selama 10 menit dan bersantai atau bermeditasi. Ini akan membantu menstabilkan pikiran Anda, dan memperlengkapi Anda untuk melawan stres apa pun yang mungkin menghampiri Anda hari itu.

6. Baca

Apa yang Anda baca di pagi hari dapat mempengaruhi hari Anda secara drastis. Jika Anda ingin terinspirasi, bacalah esai atau buku inspirasional. Jika Anda ingin merasa bahagia, bacalah esai atau buku tentang kebahagiaan. 

Baca apa pun yang Anda suka — ini adalah cara yang bagus untuk membuat pikiran Anda berpikir dan perasaan hati.

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun.