Sukses

6 Cara Menyelamatkan Pernikahan yang Mulai Terasa Membosankan

Daripada mencari jalan keluar, Anda dapat bekerja untuk menciptakan hubungan baru untuk diri Anda sendiri dan pasangan dari dalam

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan bisa berjalan monoton yang kadang bagi sebagian pasangan seperti terjebak dalam rutinitas. Hal ini bisa membuat pernikahan terasa membosankan. Dan, bisa membuat biduk pernikahan goyah.

Sebelum goyah, membuat percikan asmara dan keseruan dalam pernikahan penting dilakukan. 

Mengutip pakar hubungan Brad Browning dari YourTango, Anda dapat mencoba cara-cara berikut untuk menyelamatkan pernikahan dari kebosanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menciptakan Kebahagiaan Diri Dulu

Ciptakan kebahagiaan dalam diri Anda terlebih dahulu. Untuk melakukan ini, urutkan semua masalah atau pemikiran pribadi yang telah Anda sembunyikan. Ini tidak berarti Anda harus mengikuti kelas terapi, tetapi luangkan waktu untuk menggali lebih dalam dan mengatasi masalah apa pun yang Anda hindari.

Misalnya, jika Anda telah berjuang dengan kecemasan atau depresi, sekaranglah saatnya untuk menghadapi masalah tersebut. Atau, jika Anda khawatir melakukan kesalahan saat menikah, pikirkan kembali mengapa Anda menikah dengan pasangan Anda.

Melakukan hal itu akan mengeluarkan emosi Anda yang tertahan, membuat Anda lebih bahagia, dan melakukan keajaiban untuk pernikahan Anda.

2. Ubah perspektif

Ambil langkah mundur dan ubah pandangan Anda tentang hubungan kalian. Gunakan perspektif baru untuk memupuk rasa kebersamaan yang langgeng dan nyaman.

Seperti, jika saat ini Anda melihat pernikahan terjebak dalam kebiasaan, coba ubah perspektif Anda untuk melihat kebiasaan itu sebagai tanda keamanan — sesuatu yang dibangun melalui cinta — alih-alih sesuatu yang negatif dan membosankan.

"Jika Anda bisa melakukan ini, maka perasaan bosan Anda juga bisa berubah menjadi perasaan keintiman dan keterikatan yang lebih dalam dengan pasangan dan hubungan Anda," jelas Browning.

 

3 dari 5 halaman

3. Lakukan Hal Baru Bersama

Cara hebat lainnya untuk menghidupkan kembali percikan adalah dengan melakukan hal-hal yang biasa Anda dan pasangan lakukan bersama-sama tetapi sudah lama tidak melakukannya. Atau hal-hal yang selalu Anda bicarakan tetapi tidak pernah Anda lakukan. 

Idenya adalah untuk menjaga hubungan Anda tetap menarik, dan kemungkinan untuk melakukannya tidak terbatas, tulis Browning.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pasangan yang berbagi pengalaman baru dan menarik bersama-sama lebih berkomitmen dan cenderung tidak merasa kurang tertarik.

4. Bersikaplah spontan

Tidak ada yang lebih mendebarkan daripada spontanitas. Untuk melakukan ini, Anda dan pasangan perlu menyisihkan waktu dalam jadwal Anda untuk satu sama lain dan menjaga komunikasi tetap terbuka. 

Mengetahui kapan Anda masing-masing dapat meluangkan waktu akan memungkinkan Anda untuk saling membuat kejutan, dan akan membuat Anda berdua dengan bersemangat bertanya-tanya kapan pertemuan spontan berikutnya akan terjadi.

Tidak peduli seberapa sibuknya Anda berdua, pastikan Anda memiliki sesuatu yang menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama, bahkan untuk waktu yang singkat (dan tanpa meninggalkan rumah jika perlu).

 

4 dari 5 halaman

5. Pelajari Sesuatu yang Baru

Tetap up to date dengan apa yang terjadi di dunia, baca berita, terlibat dalam komunitas Anda dan pelajari keterampilan baru.

Pikirkan tentang seberapa besar Anda dan pasangan saling terbuka saat pertama kali bersama. Kemungkinannya adalah, itu adalah salah satu cara utama Anda terhubung.

Tidak peduli berapa lama Anda sudah saling kenal, ingatlah bahwa selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari tentang pasangan Anda, dan nantikan untuk mengungkap detail baru itu setiap hari.

6. Buatlah kehidupan Anda sendiri di luar pernikahan

Dalam setiap hubungan, penting bagi suami dan istri untuk memiliki kehidupan mereka sendiri di luar pernikahan. Dalam artian memiliki teman, hobi, minat, dan ruang untuk sendiri. 

"Bagaimanapun, bahkan introvert yang paling berdedikasi pun membutuhkan kedekatan dengan orang lain," kata Browning.

Menghabiskan waktu dengan orang lain selain pasangan Anda, mengejar hobi dan mencapai tujuan baru adalah bagian penting dari pertumbuhan sebagai individu. Jika Anda memilih untuk diam sementara dunia terus berputar, Anda pasti akan bosan dengan hidup Anda.

Selain itu, menghabiskan waktu terpisah melakukan hal-hal Anda sendiri akan membuat Anda saling merindukan, dan memberi Anda berdua cerita baru untuk dibagikan.

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19 Saat Perayaan dan Libur Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.