Sukses

Resolusi Tahun Baru 2022, Lawan Penuaan Otak dengan Kebiasaan Sederhana

Hindari penuaan otak sebagai resolusi tahun baru 2022

Liputan6.com, Jakarta - Apa resolusi Anda tahun baru 2022 ini? Beberapa orang ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat atau menurunkan berat badan.

Namun, jangan lupa, pikiran Anda juga sama pentingnya. Anda yang ingin melawan penuaan otak, bisa melakukan sebuah kebiasaan ini di kehidupan sehari-hari.

Para ilmuwan dari Universitas Zurich telah mengumpulkan bukti neurologis yang menunjukkan bahwa keputusan Anda sangat memengaruhi kognisi Anda dan bagaimana otak Anda menua beberapa dekade kemudian. 

Sebuah studi menemukan lebih banyak belajar selama seumur hidup mendorong fungsi otak dan kognisi yang kuat di usia tua. Ini mungkin terdengar sederhana, tapi temuan utama dari penelitian ini dapat diringkas apabila Anda tidak menggunakan pikiran Anda, Anda mungkin akan kehilangannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lawan Penuaan Otak

Para peneliti memeriksa otak ratusan orang dewasa yang lebih tua, dan menemukan bahwa mereka yang memiliki latar belakang akademis menunjukkan tanda-tanda degenerasi otak yang jauh lebih sedikit selama tujuh tahun.

Temuan ini menunjukkan bahwa belajar secara positif memengaruhi proses penuaan di dalam otak, dan mendorong pikiran yang lebih muda dan lebih tajam, tidak peduli usia sebenarnya.

"Selain itu, akademisi juga memproses informasi lebih cepat dan lebih akurat --- misalnya, saat mencocokkan huruf, jumlah pola. Penurunan kinerja pemrosesan mental mereka secara keseluruhan lebih rendah," kata penulis studi pertama Isabel Hotz dikutip The Eat pada Sabtu, 1 Januari 2022. 

Lebih dari 200 warga senior dilacak oleh tim peneliti selama lebih dari tujuh tahun. Semua orang dewasa yang termasuk tidak menunjukkan tanda-tanda demensia, menunjukkan kecerdasan di atas rata-rata, dan menjalani kehidupan sosial yang sangat aktif.

 

3 dari 5 halaman

  Lubang Hitam dan Bintik Putih  

Selama periode tujuh tahun lebih itu, subjek dinilai baik secara neuroanatomi maupun neuropsikologis melalui MRI secara teratur. Pemindaian otak tersebut memungkinkan penulis penelitian untuk memeriksa kekosongan dan hiperintensitas materi putih pada gambar digital.

'Proses degeneratif' saraf ini muncul di MRI sebagai 'lubang hitam' atau 'bintik putih'. 

Dengan kata lain, semakin banyak lubang hitam dan bintik putih yang terlihat pada MRI, semakin banyak kerusakan otak.

Para peneliti tidak yakin mengapa proses degeneratif ini menghasilkan kelainan hitam dan putih pada pemindaian otak, tetapi teorinya bahwa fenomena tersebut kemungkinan disebabkan oleh kurangnya aliran darah, hilangnya jalur neuron/saraf, atau jaringan mati otak. 

Seperti yang mungkin dibayangkan, lubang hitam dan bintik putih yang diamati ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada kognisi dan kemampuan berpikir seseorang, terutama jika noda tersebut terletak di daerah saraf yang sangat penting. 

Ketika para peneliti menilai MRI peserta selama periode pelacakan, responden yang memiliki latar belakang akademis menunjukkan peningkatan yang jauh lebih rendah dalam tanda-tanda khas degenerasi otak ini.

 

4 dari 5 halaman

Kaitannya Belajar dan Otak

Temuan ini memang berfokus pada 'akademisi' atau mereka yang telah mencapai gelar Sarjana, Magister, atau Doktor, pesan umum tidak terbatas pada pendidikan akademis formal.

Jika pekerjaan ini menginspirasi Anda untuk kembali ke sekolah, itu bagus, tetapi sebenarnya Anda bisa belajar dari mana saja.

Internet telah membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk mempelajari sesuatu yang baru. Informasi hampir tak terbatas tentang hampir semua topik yang dapat Anda bayangkan ada di ujung jari.

Jadi, ketika Anda menghabiskan tahun 2022 untuk mempelajari bahasa baru atau cara melukis, kemungkinan besar Anda akan membangun jaringan saraf yang lebih kuat untuk bertahan ketika usia tua pasti membebani otak Anda.

"Kami menduga bahwa tingkat pendidikan yang tinggi mengarah pada peningkatan jaringan saraf dan kognitif selama kehidupan orang, dan bahwa mereka membangun cadangan, sehingga untuk berbicara. Di usia tua, otak mereka kemudian lebih mampu untuk mengkompensasi setiap gangguan yang terjadi," komentar pemimpin studi dan neuropsikolog, Lutz Jäncke.

 

5 dari 5 halaman

infografis Otak-Atik Daya Listrik Rumah Tangga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.