Sukses

7 Tahun Dinanti, Bayi Panda Kai Kai dan Jia Jia Lahir dan Tumbuh Pesat

Belum lama ini, seekor bayi panda lahir di Singapura. Bayi ini adalah hasil perkawinan antara dua panda dewasa Kai Kai dan Jia Jia.

Liputan6.com, Jakarta Seekor bayi panda lahir di Singapura. Bayi ini adalah hasil perkawinan antara dua panda dewasa Kai Kai dan Jia Jia.

Keduanya adalah penghuni terkenal kebun binatang River Wonders yang tiba di Singapura dari Tiongkok pada 2012 dengan waktu pinjaman 10 tahun dari Tiongkok.

Bayi mereka lahir pada 14 Agustus setelah tujuh kali upaya mengembangkan kehamilan. Kai Kai (14) dan Jia Jia (13) pertama kali kawin pada 2015, ketika Jia Jia memulai siklus estrus pertamanya atau setara dengan siklus menstruasi manusia pada panda.

Kelahiran bayi panda yang ditunggu-tunggu itu dibantu oleh tim Mandai Wildlife Group yang dipimpin oleh petugas perawatan hewan Trisha Tay.

“Sementara Jia Jia melakukan sebagian besar perawatan untuk anaknya, tim memeriksa bahwa dia menyusui dan membersihkannya dengan baik,” kata Tay mengutip Straitstimes Selasa (21/12/2021).

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertumbuhan Panda Secara Umum

Panda adalah hewan yang dapat bertumbuh pesat hingga 900 kali berat lahirnya.

Secara umum, saat lahir panda memiliki panjang tubuh seukuran botol sabun yakni sekitar 17 cm. Bayi panda memiliki warna seperti bayi tikus yakni cenderung merah muda. Pada hari ke-7, tanda-tanda hitam mulai nampak.

Saat dilahirkan, panda belum bisa melihat. Matanya mulai terbuka di sekitar hari ke-35 hingga 40. Pada hari ke-55, ia mulai seukuran bangku kecil yakni 50 cm.

Pada hari ke-90 anak panda mulai bisa berputar-putar dan mulai  berjalan hingga memanjat pada hari ke-120 setelah dilahirkan. Pada saat itu, anak panda berukuran 66 cm atau seukuran setengah ban sepeda gunung.

Pada usia 1, anak panda dapat memiliki berat sekitar 45 kg dan panjangnya sekitar 100 cm atau panjang sebuah gitar.

Pada usia 5, panda dapat memiliki berat sekitar 150 kg. Panjangnya lebih kurang 150 cm, kira-kira lebarnya seukuran kasur besar.

3 dari 4 halaman

Pertumbuhan Bayi Kai kai dan Jia Jia

Meskipun terlalu dini bagi para penjaga untuk mengetahui seperti apa kepribadian anak Kai Kai dan Jia Jia, ia jelas telah menjadi lebih mirip panda raksasa, tumbuh secara eksponensial sejak kelahirannya.

Pada hari ke-10 tanda-tanda hitam pertama mulai muncul. Di hari ke-33 beratnya mencapai 1,504 kg. Hari ke-40 mata terbuka untuk pertama kalinya. Di hari ke-54 panjangnya menjadi 51,5 cm dari hidung ke ekor. Hari ke-60 muncul gigi pertama di gusi atas. Hari ke-89 dapat melangkah untuk pertama kalinya.

Publik akan segera dapat melihat bayi panda ini, karena ia dijadwalkan untuk bergabung dengan Jia Jia mulai awal tahun depan.

Mandai Wildlife Group mengatakan bahwa namanya akan diumumkan bersama oleh Singapura dan China pada bulan ini.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.