Sukses

Asah Otak dengan Latihan Ini, Bermanfaat untuk Jaga Keseimbangan Tubuh

Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun menghadirkan gerakan-gerakan brain gym atau gym otak yang disebut X-Brain. Bekerja sama dengan platform psikologi Riliv, X-Brain didesain langsung untuk mengasah otak.

Liputan6.com, Jakarta Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun menghadirkan gerakan-gerakan brain gym atau gym otak yang disebut X-Brain. Bekerja sama dengan platform psikologi Riliv, X-Brain didesain langsung untuk mengasah otak.

Beberapa gerakan X-Brain yakni:

Putaran leher (neck rolls)

Gerakan pertama untuk meningkatkan kinerja otak dimulai dari bagian kepala. Gerakan ini dilakukan dengan menegakkan bahu, tundukkan kepala ke depan, lalu putar kepala ke sisi kanan dan kiri.

Putaran leher dapat meredakan rasa tegang di bagian leher. Gerakan ini juga dapat meningkatkan penglihatan dan pendengaran karena membantu mata dan telinga bekerja sama dengan baik.

Gerakan silang (cross crawl)

Gerakan silang dilakukan dengan menggerakkan tangan kanan bersamaan dengan kaki kiri dan tangan kiri dengan kaki kanan. Tidak hanya diam di tempat, gerakan silang juga bisa dilakukan sambil berjalan.

Gerakan ini punya banyak manfaat yakni meningkatkan koordinasi kiri dan kanan, memperbaiki pernapasan dan stamina, serta meningkatkan pendengaran dan penglihatan.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gerakan Lainnya

Delapan tidur (lazy 8)

Gerakan ini dilakukan dengan membuat angka 8 namun secara horizontal (delapan tidur). Kepalkan tangan dan sisakan jari jempol, kemudian buat angka 8 tidur seolah-olah sedang menggambar. Mata harus mengikuti gerakan angka 8 tersebut. Lakukan gerakan ini 3 kali untuk setiap tangan dan 3 kali untuk kedua tangan.

Mata yang mengikuti gerakan angka 8 bertujuan mengintegrasikan mata kiri dan kanan. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan penglihatan.

Coretan ganda (double doodle)

Terlihat dari namanya, gerakan ini merupakan gerakan menggambar bentuk dengan kedua tangan secara bersamaan.

“Misalnya jika kamu ingin menggambar bentuk hati, kamu bisa menggambar sisi sebelah kanan menggunakan tangan kanan dan sisi sebelah kiri menggunakan tangan kiri secara bersamaan, hingga berbentuk hati,” mengutip keterangan pers Riliv Sabtu (18/12/2021).

Gerakan ini sangat baik untuk koordinasi tangan dan mata. Jika dilakukan secara rutin, ini bisa meningkatkan kemampuan penglihatan dan olahraga.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Mengisi energi (the energizer)

Untuk melakukan gerakan mengisi energi, letakkanlah lengan bawah dan tangan di meja, sejajar pundak dengan jari tangan sedikit miring ke dalam. Lalu, dekatkan badan hingga menyentuh meja. Tarik napas sambil menahan punggung, tengkuk, dan kepala tetap tegak. Terakhir, hembuskan napas sambil menurunkan lalu menaikkan dagu.

Gerakan mengisi energi berfungsi untuk menenangkan sistem saraf pusat dan memperbaiki postur tubuh.

Gerakan silang berbaring (cross crawl sit-ups)

Gerakan ini dilakukan dalam posisi berbaring kemudian mengangkat sedikit kepala dan kaki. Satu tangan menyentuh lutut arah berlawanan secara bergantian dan gerakkan kaki seperti mengayuh sepeda.

Melakukan gerakan silang berbaring secara rutin dapat memperkuat otot perut, melegakan punggung bagian bawah, dan mengaktifkan kedua belah otak secara bersamaan sehingga mudah menerima pelajaran.

Pernapasan perut (belly breathing)

Pernapasan dengan perut akan menyediakan cukup oksigen agar otak bekerja maksimal.

Pertama, letakkan kedua tangan di atas perut lalu kosongkan paru-paru dengan membuang napas pendek. Setelah itu, tarik napas, tahan, dan buang napas dalam hitungan masing-masing 3 detik.

 

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.