Sukses

Wamenkes: Vaksinasi Booster Dimulai 1 Januari 2022

Pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 ketiga atau vaksinasi booster rencananya akan dilaksanakan pada awal 2022.

Liputan6.com, Boyolali Pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 ketiga atau vaksinasi booster rencananya dilaksanakan pada awal 2022.

Terkait hal tersebut, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyampaikan bahwa vaksinasi booster dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Booster kita lakukan sesuai arahan Bapak Presiden untuk dimulai tanggal 1 Januari 2022,” ujar Dante saat kunjungan ke Boyolali Jawa Tengah Jumat (10/12/2021).

“Untuk booster tersebut tentu kita sudah menyusun beberapa strategi karena kebutuhan booster itu tentu akan melipatgandakan kebutuhan belanja untuk vaksin.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dua Strategi

Dante menambahkan, ada dua strategi yang dilakukan untuk pelaksanaan vaksinasi booster.

Pertama untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) vaksinasi booster akan digratiskan. Sedang, bagi non PBI maka vaksin booster berbayar.

“Jadi untuk booster akan dilakukan di fasilitas kesehatan swasta. Sedangkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) serta fasilitas kesehatan milik pemerintah akan memprioritaskan target vaksinasi dasar yakni dosis satu dan dua.”

Hal ini dilakukan agar pelaksanaan vaksinasi booster tidak mengganggu jalannya vaksinasi dosis satu dan dua.

Terkait sasarannya, vaksinasi booster akan diprioritaskan bagi kelompok lanjut usia (lansia) dan orang dengan komorbid atau penyakit penyerta.

Booster kita utanakan untuk lansia dan mereka yang punya komorbid terlebih dahulu.”

Ia melanjutkan, terkait bayar atau tidak tergantung pada status lansia. Jika lansia adalah PBI maka vaksin booster gratis, jika bukan maka harus bayar.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Covid-19 Booster, Butuh atau Enggak?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini