Sukses

Langkah Mudah Jaga Jantung Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kesehatan jantung adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan setiap hari.

Apa yang Anda makan, seberapa banyak Anda bergerak, apakah Anda merokok dan mengontrol kolesterol dan tekanan darah adalah lima hal yang dapat berdampak besar pada jantung Anda.

Berikut adalah tips menjaga jantung agar tetap sehat, dikutip dari Heart Foundation.

2 dari 5 halaman

Makan makanan sehat jantung

Makan sehat untuk jantung yang sehat adalah sebuah pola. Itu tidak fokus pada satu jenis makanan atau nutrisi, tetapi lebih pada apa yang Anda makan selama berhari-hari, berminggu-minggu, dan berbulan-bulan.

Gaya makan ini secara alami rendah lemak jenuh dan trans, garam dan gula tambahan. Ini kaya akan biji-bijian, serat, antioksidan dan lemak tak jenuh. Perbanyak makan buah dan sayur guna menurunkan risiko penyakit jantung. Dan, tukar karbohidrat ke gandum utuh.

Gunakan bumbu dan rempah-rempah sebagai pengganti garam. Makan terlalu banyak garam tidak baik untuk jantung Anda. Natrium dalam garam dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, faktor risiko utama penyakit jantung. 

3 dari 5 halaman

Menjadi lebih aktif

Melakukan aktivitas fisik secara teratur mengurangi risiko terkena serangan jantung atau penyakit jantung. Tetap aktif membantu mengendalikan faktor risiko penyakit jantung yang umum, termasuk:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Kelebihan berat badan.

Aktivitas fisik yang teratur juga dapat membantu memperkuat tulang dan otot Anda. Ini dapat membantu Anda merasa lebih energik, bahagia, dan santai.

Mulailah dengan tujuan kecil yang realistis dan tingkatkan aktivitas fisik intensitas sedang selama 30-60 menit yang direkomendasikan (seperti jalan cepat) pada sebagian besar hari dalam seminggu.

4 dari 5 halaman

Kurangi merokok

Langkah pertama untuk berhenti adalah memahami risiko yang terkait dengan merokok.

Merokok merusak pembuluh darah yang menuju ke jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya. Ini membuat Anda empat kali lebih mungkin meninggal karena serangan jantung atau stroke dan tiga kali lebih mungkin meninggal karena kematian jantung mendadak.

Berhenti merokok memang tidak selalu mudah. Itu bisa membutuhkan ketekunan. Anda dapat melakukannya dengan perencanaan, latihan, dan bantuan. Namun yang pasti, Anda harus berhenti merokok di dalam rumah, mobil, dan tempat tertutup lainnya demi melindungi kesehatan keluarga atau orang sekitar. 

 

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis 9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas Covid-19