Sukses

7 Manfaat Kakao bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Selain dapat memperbaiki suasana hati, mengonsumsi kakao ternyata juga memiliki beberapa manfaat lain untuk mencegah berbagai penyakit.

Hal ini dikarenakan dalam kakao terdapat beragam nutrisi dan manfaat bagi kesehatan, seperti protein, karbohidrat, serat, polifenol, flavonoid, kalsium, zat besi, kafein, magnesium, dan kalium. 

Namun, manfaat tersebut hanya dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi kakao murni atau yang sudah diolah menjadi atau dark chocolate .

Melansir Klikdokter dan Bright Side, berikut manfaat sehat kakao yang jarang diketahui, yang dapat mengubah kesehatan dengan cara tidak terduga.

2 dari 5 halaman

1. Dapat meredakan kram menstruasi

Mengonsumsi kakao murni atau coklat hitam dalam jumlah moderat diketahui dapat meredakan nyeri kram menstruasi secara alami. Kandungan magnesium dalam kakao membantu menenangkan otot-otot rahim Anda. Sehingga rasa sakit tersebut berkurang. 

2. Menurunkan tekanan darah

Kakao murni dipercaya baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Manfaat tersebut diduga berasal dari senyawa nitrogen oksida yang dapat melebarkan pembuluh darah.

Manfaat ini juga didukung oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi cokelat hitam selama 2–8 minggu berturut-turut dapat menurunkan tekanan darah.

3. Menambah Stamina

Kakao murni merupakan sumber kalori yang baik, sehingga bisa memberikan tambahan stamina dan membuat Anda lebih berenergi dalam menjalani aktivitas. 

Kakao juga mengandung kafein yang dikenal sebagai stimulan alami yang bisa membuat Anda tetap fokus dan terjaga.

3 dari 5 halaman

4. Mengendalikan gejala asma

Bubuk kakao murni dipercaya dapat mengurangi kambuhnya gejala pada penderita asma. Manfaat ini berasal dari senyawa theobromine dan theophylline yang dapat melebarkan saluran napas, sehingga bisa mengurangi gejala asma.

5. Mencegah pikun dan memelihara fungsi otak

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa antioksidan flavanoid yang terkandung di dalam kakao dapat memperlambat proses penurunan daya ingat pada orang lanjut usia.

Efek ini diduga dipengaruhi oleh manfaat kakao yang dapat melancarkan aliran darah ke otak dan mengurangi dampak kerusakan sel otak akibat pertambahan usia.

4 dari 5 halaman

6. Memiliki sifat antikanker

Kakao mengandung antioksidan yang tinggi dan bersifat antiradang. Berkat kandungan dan sifatnya tersebut, kakao dipercaya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, dan menangkal efek kerusakan sel, sehingga risiko terkena kanker pun dapat berkurang.

7. Menurunkan risiko penyakit jantung

Perannya sebagai penurun tekanan darah membuat kakao juga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung. Selain nitrogen oksida, manfaat ini juga berasal dari kandungan antioksidan flavanoid.

Terlepas dari manfaat kakao yang begitu beragam, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan kakao sebagai terapi pengobatan untuk mengobati suatu penyakit. Bila menderita kondisi medis tertentu, ada baiknya Anda konsultasikan ke dokter untuk memastikan keamanan konsumsi kakao.

Reporter: Lianna leticia

5 dari 5 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Kelelahan Pandemi Covid-19