Sukses

Pfizer Izinkan Produksi Obat COVID-19 Versi Generik

Obat COVID-19 dari Pfizer versi generik bakal diedarkan di 95 negara berpenghasilan menengah dan rendah.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan farmasi raksasa Pfizer memberi lampu hijau adanya obat antiviral eksperimental COVID-19 versi generik. Namun, pil tersebut hanya akan diedarkan di 95 negara berpenghasilan menengah ke bawah.

Lewat perjanjian lisensi sukarela antara Pfizer dengan organisasi kesehatan masyarakat Medicines Patent Pool, memungkinkan produsen untuk memproduksi dan memasok pil PF-07321332 versi generik. Sehingga, pil tersebut bisa diedarkan tanpa ancaman pelanggaran paten.

Sebagian besar negara yang termasuk dalam kesepakatan tersebut ada di Arika dan Asia.

"Pfizer tetap berkomitmen untuk menghadirkan terobosan ilmian untuk membantu mengakhir pandemi," kata Kepala Eksekutif Pfizer Albert Bourla pada Selasa, 16 November 2021 mengutip Aljazeera pada Rabu (17/11/2021).

Sebelumnya, pada awal November, Bourla mengatakan bahwa Pfizer memang memiliki tujuan agar pil tersebut bisa digunakan juga oleh negara-negara berpenghasilan rendah.

"Seharusnya, tidak ada penghalang bagi mereka untuk memiliki akses (terhadap obat COVID-19)."

Pfizer meyakini pengobatan oral antivirus memiliki peranan penting dalam mengurangi keparahan infeksi COVID-19 serta mengurangi beban sistem kesehatan serta bisa menyelamatkan nyawa seperti disampaikan Bourla.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Uji Coba

Pada, Selasa kemarin, Pfizer sudah mengajukan izin penggunaan darurat pil antiviral COVID-19 ke regulator Amerika Serikat.

Pfizer mengungkapkan uji coba tahap akhir pil tersebut menunjukkan hal baik. Mengonsumsi pil tersebut menurunkan kemungkinan rawat inap serta kematian pada orang dewasa yang terinfeksi COVID-19 yang parah hingga 89 persen.

Uji coba tersebut berdasarkan data 1.219 kasus COVID-19 di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika dan Asia.

Obat tersebut terbukti efektif jika diminum pada tahap awal infeksi dan diberikan dalam kombinasi dengan obat antiviral, ritonavir.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Harga Eceran Tertinggi Obat dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.