Sukses

Bio Farma Jamin Stok Sinovac untuk Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Ketersediaan stok vaksin Sinovac untuk memvaksinasi anak 6-11 tahun.

Liputan6.com, Bandung PT Bio Farma menjamin ketersediaan CoronaVac Sinovac dan vaksin COVID-19 olahan bahan baku (bulk) Sinovac yang akan dipersiapkan untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Hal ini seiring dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyetujui penggunaan Sinovac untuk anak 6-11 tahun.

Juru Bicara PT Bio Farma Bambang Heriyanto menegaskan, Bio Farma sebagai pemilik izin edar dari vaksin COVID-19 Sinovac akan berupaya untuk menjamin ketersediaan vaksin tersebut.

“Kami menjamin ketersediaan vaksin COVID-19 dari Sinovac untuk anak-anak 6-11 tahun. Seperti pada pendistribusian vaksin sebelumnya, kami akan melakukan pendistribusian, setelah program ini (vaksinasi anak 6-11 tahun) disahkan (resmi diberlakukan)," terang Bambang melalui keterangan resmi, ditulis Kamis (4/11/2021).

"Pendistribusiannya juga dilakukan saat kami mendapatkan perintah pengalokasian (Sinovac) dari Kementerian Kesehatan."

Lebih lanjut, Bambang mengatakan, pasokan vaksin COVID-19 CoronaVac produksi Sinovac direncanakan kembali datang ke Indonesia. Kedatangan ini akan kembali menambah jumlah vaksin Sinovac di Tanah Air.

"Bio Farma akan kembali mendatangkan vaksin COVID-19 dari Sinovac sebanyak 40 juta dosis tambahan dalam bentuk jadi (finish product)," katanya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlindungan Anak dengan Vaksinasi COVID-19

Vaksin COVID-19 dari Sinovac, CoronaVac, dan COVID-19 Bio Farma yang diproduksi di Bio Farma telah mendapatkan persetujuan Izin Penggunaan Darurat (EUA) untuk anak usia 6-11 tahun. Penerbitan EUA ini, menyusul penerbitan izin penggunaan sebelumnya, yakni 12-17 tahun dan untuk 18 hingga di atas 59 tahun. 

Dalam hal ini, Kepala BPOM RI Penny K. Lukito menyampaikan, vaksin COVID-19 dari Sinovac, CoronaVac, dan COVID-19 Bio Farma bisa digunakan untuk masyarakat dengan rentang usia 6 tahun hingga usia dewasa. Persetujuan penggunaan juga menilai bahwa vaksin Sinovac aman digunakan untuk anak usia 6-11 tahun.

"Hasil uji klinis untuk anak-anak ini, tentunya menekankan pada aspek keamanan dan aspek dari imunogenisitasnya, yang menunjukkan persentase yang cukup tinggi, yaitu 96 persen," ujar Penny saat konferensi pers pada Senin November 2021.

"Untuk efikasi mengikuti data yang sudah ada sebelumnya. Dengan demikian, vaksin ini aman untuk anak usia 6-11 tahun."

Persetujuan vaksin Sinovac untuk anak 6-11 tahun demi perlindungan anak dari virus Corona. Walaupun kasus COVID-19 Indonesia melandai, kewaspadaan tetap harus dijaga dan vaksinasi harus terus digencarkan.

"Kasus tren dari konfirmasi COVID-19 di Indonesia terus menurun, namun karena pandemi di belahan dunia lain juga masih banyak yang angka positif dan meningkat, sehingga masih menjadi kewaspadaan kita semua bahwa pandemi ini belum berakhir," imbuh Penny.

"Kita harus tetap terus menggulirkan seluas mungkin program vaksinasi COVID-19 ini dan saya kira segmen usia anak-anak menjadi yang penting, maka usia 6-17 sudah bisa dilakukan vaksinasi."

3 dari 3 halaman

Infografis Amankah Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.