Sukses

Mayo Clinic, RS Tempat SBY Jalani Pengobatan Kanker Prostat di AS

SBY menjalani pengobatan kanker prostat di Mayo Clinic di Minnesota AS.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal menjalani pengobatan kanker prostat di Mayo Clinic di Amerika Serikat. SBY akan menjalani pengobatan di sana ditemani keluarga.

Selama 1,5 bulan, SBY akan menjalani perawatan kesehatan di Amerika Serikat seperti disampaikan anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan.

"Beliau memerlukan check-up, kemudian perawatan, check-up lagi, kurang lebih 1,5 bulan," ujar Syarief Hasan kepada wartawan, Selasa (2/11/2021) mengutip News Liputan6.com.

Syarief mengatakan bahwa Mayo Clinic tempat berobat SBY adalah dekat Minneapolis. Dari Minneapolis butuh 1,5 jam untuk mencapai Mayo Clinic yang dimaksud.

Bila merujuk keterangan di laman resmi Mayo Clinic, maka yang dimaksud Syarief adalah Mayo Clinic di Rochester, Minnesota. Ini adalah lokasi klinik Mayo Clinic yang terbesar di antara yang lain.

Selain di Minnesota, Mayo Clinic yang terbesar juga terdapat di Arizona, dan Florida. Mayo Clinic lainnya tersebar di beberapa negara bagian Amerika Serikat serta terdapat pula di London, Abu Dhabi, dan beberapa negara lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rumah Sakit Ranking 1 di AS

Mayo Clinic di Minnesota masuk dalam jajaran rumah sakit terbaik di Amerika Serikat pada 2021 -2022 oleh US News & World Report.

"Kami bersyukur kepada staf kami yang brilian dan berdedikasi, yang memastikan kebutuhan pasien adalah nomor satu. Menjadi rumah sakit ranking satu selama enam tahun berturut-turut merupakan hal baik bagi kerja keras mereka," kata CEO Mayo Clinic, Gianrico Farrugia mengutip Instagram Mayo Clinic.

Dalam pengobatan bukan cuma aspek fisik yang diperhatikan. Mayo Clinic menekankanjuga bahwa memperhatikan kebutuhan emosional dan spiritual pasiennya.

Lewat laman resmi Mayo Clinic, ada 32 dokter yang pakar menangani kanker prostat di Mayo Clinic Minnesota.

Lalu, Mayo Clinic di Minnesota juga dapat ranking satu dalam lima bidang spesialiasi:

- diabetes dan endokrinologi

 - gastroenterologi

- ginekologi

- pulmonologi dan bedah paru

- urologi

Lalu, rumah sakit ini juga berada dalam ranking ketiga di AS dalam pengobatan kanker, geriatri dan reumatologi.

Seperti diberitakan sebelumnya, SBY kini tengah terkena kanker prostat. Menurut staf pribadi SBY, Ossy Dermawan  berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scann, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan atau stadium awal.

3 dari 3 halaman

Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.