Sukses

Ingin Diet Berjalan Lancar? Lakukan 5 Hal Penting Ini

Catat 5 hal penting yang harus dilakukan jika sedang melakukan diet.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang memiliki tujuan yang sama, melaksanakan diet untuk mendapatkan badan yang ideal. Hal yang penting diperhatikan dalam diet yaitu mengatur pola makan.

Mengontrol rasa kenyang dan lapar merupakan suatu proses biologis yang kompleks sehingga seseorang tidak bisa mengurangi porsi makan dengan begitu saja ketika diet. Otak yang mengontrol rasa lapar dan kenyang kita.

Setiap orang yang menjalani diet memiliki kebutuhan nutrisi dan pola yang berbeda-beda. Dokter Patricia Gabriella T J., M.Gizi mengatakan bahwa ketika diet, tubuh menginginkan sedikit dalam hal kalori, bukan porsi saja.

Semua aktivitas memang dikontrol oleh otak dan beberapa organ. Sebab itu, indra penglihatan dapat memberikan sinyal ke otak yang mempengaruhi rasa lapar dan kenyang.

Berikut Liputan6 rangkum dari Merdeka, Rabu (3/11/21) mengenai tips mengatur makan agar diet berjalan dengan sehat dan efektif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Hal Penting yang Dilakukan untuk Pelaku Diet

1. Kenali Permasalahan dan Tujuan Diet

Sebelum melakukan diet, kenali permasalahan dan tujuan melakukannya. Umumnya, seseorang melalukan diet agar mendapatkan badan yang ideal dan hidup lebih sehat.

2. Tentukan Langkah untuk Mencapai Target Diet

Pelaku diet dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mempertimbangkan langkah-langkah dalam melakukan diet.

3. Pilih Tim Pendukung Diet

Patricia menyarankan pelaku diet memiliki support system agar dapat mendukung ketika mengalami kesulitan sepanjang menjalankan diet.

4. Buat Daftar Menu Makanan Diet

Catat makanan yang disukai dan tidak disukai oleh pelaku diet. Hal ini dapat membantu mereka untuk memilih mengonsumsi makanan sehat yang disukai.

5. Catat Semua Aktivitas

Tujuan mencatat semua aktivitas dimulai dari jenis makanan hingga kegiatan sehari-hari agar mengingat waktu, jenis makanan serta olahraga yang seimbang dengan tubuh.

 

Penulis: Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini