Sukses

Jokowi: Vaksinasi COVID-19 pada 70 Persen Penduduk ASEAN Harus Secepatnya Tercapai

Presiden Jokowi dalam ASEAN Business and Investment Summit mengatakan penanganan kesehatan di ASEAN harus tetap menjadi prioritas pertama.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam ASEAN Business and Investment Summit mengatakan penanganan kesehatan di ASEAN harus tetap menjadi prioritas pertama. Salah satunya, dalam waktu dekat harus segera teracapai capaian vaksinasi 70 persen warga ASEAN.

“Agenda jangka pendek untuk mempercepat dan memeratakan vaksinasi di semua negara kawasan harus kita lakukan bersama,” kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

"Target vaksinasi penduduk ASEAN sebesar 70 persen harus segera dicapai secepatnya."

Lalu, target jangka menengah, ASEAN perlu membangun protokol krisis kesehatan agar lebih berdaya tahan dalam menghadapi kondisi krisis kesehatan di masa mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percepatan Pemulihan Ekonomi

Setelah percepatan vaksinasi, selanjutnya percepatan pemulihan ekonomi ASEAN dengan melakukan reaktivasi perjalanan yang aman, termasuk pariwisata yang aman. Menurut Jokowi, berdasarkan catatan Badan PBB untuk Turisme Dunia (UN-WTO), tingkat pembatasan di Asia Tenggara adalah yang tertinggi di dunia yakni mencapai 82 persen.

Dengan semakin COVID-19 terkendali pandemi, pembatasan tersebut bisa mulai dikurangi, tetapi harus dijamin tetap aman dari risiko pandemi.

“Asean Travel Corridor Arrangement Framework yang digagas Indonesia setahun lalu perlu segera diimplementasikan,” katanya.

Lalu, pengakuan sertifikat vaksin di kawasan ASEAN menurut Jokowi harus segera dilakukan.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations.

    ASEAN