Sukses

4 Cara Mengonsumsi Cokelat Hitam agar Lebih Nikmat

Ragam cara sehat menikmati coklat hitam yang terkenal pahit tapi lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Dibandingkan dengan cokelat biasa, cokelat hitam atau dark chocolate lebih memiliki segudang manfaat untuk memelihara kesehatan. Kandungan kakao murni pada cokelat hitam lebih banyak dari coklat biasa yang sudah dicampur susu dan gula, yaitu antara 35-85 persen.

Menurut beberapa penelitian, coklat hitam diperkaya theobromine (zat anti-radang yang hanya terdapat pada tanaman kakao), zinc, kafein, lemak, sejumlah vitamin, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan vitamin K. Anda pun bisa mendapatkan berbagai jenis antioksidan, seperti polifenol, flavanoid, dan katekin, dalam jumlah tinggi dari cokelat hitam.

Tertarik untuk mencobanya? Berikut empat cara menikmati cokelat hitam, dilansir dari NBC News.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mulailah dengan persentase rendah

Bagi Anda yang ingin mencoba namun tidak terbiasa dengan rasa pahit, ada baiknya untuk memulai dengan cokelat hitam dengan persentase kakao lebih rendah, seperti 50 persen. Lalu setelah terbiasa, baru Anda coba dengan presentase yang lebih tinggi

Jangan coba langsung mengonsumsi cokelat hitam dengan presentase kokoa yang terlalu tinggi. Hal itu akan membuat Anda tidak bisa menikmati manfaat dari coklat tersebut karena kepahitan.

3 dari 4 halaman

2. Makan lebih banyak buah

Jika Anda terbiasa mendapatkan gula dari cokelat olahan seperti cokelat susu dan cokelat putih, kepekaan indra perasa Anda terhadap rasa manis yang lebih alami mungkin akan berkurang secara drastis.

Ahli gizi diet dan editor senior strategi kesehatan dan kebugaran di Remedy Review, Ashley Jordan Ferira, Ph.D., merekomendasikan untuk memilih buah ketika Anda memiliki keinginan untuk sesuatu yang manis sebagai langkah untuk melatih indera pengecap Anda dari waktu ke waktu untuk mengenali sumber rasa manis alami.

4 dari 4 halaman

3. Kreasikan dengan Makanan Manis Lain

Selain memulai dengan persentase kakao yang lebih rendah dan terus meningkat, cobalah untuk mengkreasikan coklat hitam dengan makanan yang memiliki rasa manis alami. Contohnya seperti stroberi.

Rasa pahit pada cokelat akan jadi berkurang dan kepekaan indra pengecap Anda terhadap rasa manis alami juga ikut meningkat.

4. Kurangi Cokelat Susu dan Cokelat Putih

Berikutnya, cobalah untuk meningkatkan paparan coklat hitam pada lidah sambil menggurangi konsumsi cokelat susu atau cokelat putih.

Seiring waktu, cokelat hitam akan secara alami terasa lebih enak.

 

Reporter: Lianna Leticia

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.