Sukses

Kim Seon Ho dan Shin Min Ah Punya, Ketahui 5 Fakta Menarik soal Lesung Pipi

Liputan6.com, Jakarta - Lesung pipi milik Kim Seon Ho dan Shin Min Ah seakan punya pesona tersendiri. Terlebih saat keduanya tampil kompak sebagai pasangan kala berakting dalam drama Korea Hometown Cha Cha Cha yang bakal berakhir pekan ini.

Banyak yang mengait-kaitkan lesung pipi Kim Seon Ho dan Shin Min Ah sebagai tanda keberuntungan. Memang iya begitu? Berikut fakta menarik tentang lesung pipi.

Lesung merupakan lekukan kecil yang dapat ditemukan di kulit. Bukan cuma di pipi bisa juga dagu, dan punggung bawah.

Pada lesung pipi, dapat ditemukan di salah satu maupun kedua sisi pipi. Lekukan ini sering diyakini diwariskan secara genetik, meskipun ada beberapa perdebatan tentang hal ini. 

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 2.300 orang, sekitar 37 persen di antaranya memiliki lesung pipi. 

Berikut, 5 fakta menarik tentang lesung pipi dari berbagai sumber. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kelainan Bentuk Genetik yang Diinginkan

Ilmu kedokteran mengatakan bahwa lesung pipi ternyata terjadi akibat kelainan bentuk genetik. Namun, kelainan ini tidak berbahaya. 

“Lesung pipi adalah kelainan yang diturunkan dari otot di pipi,” kata Brent Moelleken, ahli bedah plastik Beverly Hills, California, yang juga aktif di University of California, Los Angeles mengutip Smithsonian Mag. 

Kebanyakan lesung pipi terbentuk karena adanya variasi pada struktur otot wajah bernama zygomaticus major. Otot ini terlibat dalam ekespresi wajah, salah satunya mengangkat sudut saat tersenyum.

Pada orang dengan lesung pipi, otot tersebut terbelah di lokasi yangsama dari tulang pipi hingga mulut seperti disampaikan dokter Dyah Novita dari Klik Dokter. 

"Meski disebut kelainan, hal ini bukanlah indikasi suatu penyakit atau hal yang berbahaya. Jadi, tidak perlu diapa-apakan lagi,” katanya. 

 

3 dari 6 halaman

2. Dikaitkan dengan Membawa Keberuntungan

Budaya yang berbeda memiliki pendapat yang berbeda tentang lesung pipi. Banyak suku di dunia percaya bahwa terbentuknya lesung pipi adalah pertanda baik. Alasan di baliknya tidak diketahui untuk saat ini.

Orang dengan lesung pipit diasosiasikan dengan kecantikan, kebahagiaan, dan leberuntungan.

 

3. Orang dengan Lesung Pipi Lebih Awet Muda

Lesung pipi diyakini dapat dengan mudah meyembunyikan usia Anda. Membuat Anda terlihat lebih muda, menarik dan menawan.

 

4 dari 6 halaman

4. Lesung Pipi Tidak Bisa Dihilangkan

Tidak semua orang menginginkan memiliki lesung pipi. Dokter bedah plastik asal Michigan, Anthony Youn mengatakan bahwa sebagian pasiennya menginginkan menghilangkan lesung pipi.

"Lesung pipi itu permanen kehadirannya. Beberapa pasien saya ada yang bertanya apa bisa menghilangkan lesung pipi? Saya jawab bawha itu hampir tidak mungkin. Bahkan dengan facelift, lesung pipi tidak akan hilang," kata Youn.

 

 

5 dari 6 halaman

5. Teknik Dimpleplasty alias Bikin Lesung Pipi Buatan

"Nanti akan dibuat sayatan di bagian dalam pipi. Dokter bedah akan melakukan suatu tndakan di otot buccinator lalu membuat terowongan kecil sampai ke permukaan bawah kulit pipi," kata Youn.

Namun, sangat tidak mudah untuk mendapatkan dua lesung pipi buatan yang simetris. Bisa salah satu terlalu besar atau terlalu kecil.

"Saya pernah melihat lesung pipi buatan yang tidak begitu bagus kelihatannya. Dan, sayangnya usai pembedahan, tidak dapat dihilangkan," kata profesor bedah plastik asal California, Brent Moelleken.

 

Reporter: Lianna Leticia

6 dari 6 halaman

Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini