Sukses

6 Trik Agar Si Kecil Gemar Makan Buah-Buahan, Cobain Deh Bunda!

Pada masa tumbuh kembangnya, si Kecil akan menjadikan apa pun sebagai bahan untuk belajar. Dalam fase ini, biasanya akan meniru apa pun yang dilihatnya.

Liputan6.com, Jakarta Buah-buahan mengandung berbagai kebaikan seperti vitamin, mineral, dan erat kaitannya dengan daya tahan tubuh, pertumbuhan, serta bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Pemberian buah kepada si kecil sejak awal pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) di usia 6 bulan akan mendukung pemenuhan gizi seimbang. Dengan demikian tumbuh kembang anak semakin optimal dan pembentukan pola makan sehat yang dapat berlanjut sampai usia dewasa.

Sayangnya, masih banyak anak yang tak menyukai buah-buahan. Alasannya berbagai macam, dari bentuknya yang masih asing, teksturnya yang tidak sesuai hingga rasa yang asam dan manis. Tak terkecuali perilaku picky eater, yaitu kebiasaan si kecil yang mau mengonsumsi makanan yang itu-itu saja, sehingga menjadi salah satu penyebab si Kecil enggan makan buah.

Berikut ini adalah tips yang dapat Anda terapkan agar si kecil suka makan buah seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Mulailah dari buah yang mudah untuk ditelan

Pada tahap awal MPASI (saat si Kecil berusia 6 bulan), mulailah memperkenalkan buah-buahan dari buah yang mudah untuk dikunyah dan ditelan dahulu. Misalnya pepaya, buah naga, dan pisang. Hal ini penting untuk memberikan kesan pada si Kecil bahwa rasa buah itu enak dan mudah dimakan.

2. Sajikan buah dengan berbagai warna

Saat si Kecil mulai menginjak usia 9 bulan, Bunda dapat menawarkan camilan buah yang dipotong dalam bentuk finger food. Jangan hanya menawarkan satu jenis buah, melainkan sajikan beberapa jenis buah dengan warna yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Bunda dapat menyajikan mangga, pepaya, melon, dan semangka kuning dalam satu waktu. Biarkan si Kecil memilih dan mencoba sesuai keinginannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Agar Si Kecil Mau Makan Buah

3. Sajikan dalam kondisi beku

Sebagai alternatif, buah dapat dipotong-potong, dimasukkan ke dalam wadah, dan dibekukan. Setelah beku, si Kecil dapat memakannya seperti makan es krim. Cara ini banyak disukai anak-anak. Cara ini cocok untuk diterapkan pada si Kecil yang berusia 9 bulan ke atas.

4. Terapkan one bite rule

Metode ini banyak dipakai para Bunda di Eropa untuk mengajarkan si Kecil makan sayur dan buah. Caranya, sajikan buah yang sama selama 7–10 kali berturut-turut tiap kali jam makan. si Kecil diminta untuk mengunyah dan menelan buah tersebut sebanyak satu gigitan saja. Umumnya, setelah 7–10 kali melakukan one bite rule, si Kecil akan menyukai buah itu.

3 dari 3 halaman

Cara Agar Si Kecil Mau Makan Buah

5. Hindari memberikan permen dan minuman manis

Memberikan penganan manis menyebabkan si Kecil enggan untuk makan buah. si Kecil bisa merasa buah tak menarik karena tidak semanis permen atau minuman manis yang biasa dikonsumsinya.

6. Bunda harus memberi contoh

Hal ini sering terlupakan, padahal contoh dari Bunda sangat penting. Studi membuktikan bahwa pola makan Bunda memberikan dampak besar pada si Kecil.

Umumnya si Kecil akan mengikuti kebiasaan makan Bunda. Oleh karena itu, bila Bunda ingin si Kecil senang mengonsumsi buah-buahan, Bunda harus rajin memberi contoh dengan makan buah di depan si Kecil.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.