Sukses

Ketua Satgas COVID-19 Minta Percepat Vaksinasi di Lokasi PON XX Papua

Percepatan vaksinasi di lokasi penyelenggara PON XX Papua.

Liputan6.com, Jayapura Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito meminta percepatan vaksinasi di lokasi penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

"Penguatan protokol kesehatan harus terus dilakukan, salah satunya vaksinasi. Selalu upayakan percepatan vaksinasi demi kelancaran kegiatan ini," pesan Ganip saat menghadiri rapat bertajuk, Perkembangan Pelaksanaan Vaksin di Daerah Venue PON XX di Ballroom Swissbel Hotel, Kota Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021).

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 28 September 2021, sejumlah daerah penyelenggara PON XX Papua telah mencapai vaksinasi dosis pertama di atas 50 persen. 

Rincian cakupan vaksinasinya, yakni Kabupaten Jayapura 58 persen dosis pertama dan 36 persen dosis kedua , Kota Jayapura 65 persen dosis pertama dan 39 persen dosis kedua.

Kemudian Kabupaten Mimika 61 persen dosis pertama dan 42 persen dosis kedua, serta Kabupaten Merauke  70 persen dosis pertama dan 44 persen dosis kedua. Kabupaten Keerom juga masih terus mengejar vaksinasi 60 persen dosis pertama.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penguatan Protokol Kesehatan PON XX Papua

Pemerintah melalui Satgas Penanganan COVID-19 memastikan penyelenggaraan PON XX Papua agar terhindar dari penularan virus Corona. Oleh karena itu, diimbau jajaran unsur Forkopimda  selalu mengajak seluruh masyarakat menerapkan disiplin protokol kesehatan.

"Saya minta seluruh masyarakat untuk selalu taat dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan," ujar Ganip Warsito, yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Provinsi Papua sendiri sudah memenuhi syarat Inmendagri No. 44/2021 mengenai syarat dalam penyelenggaraan kegiatan besar. Di antaranya, sudah mencapai angka vaksinasi COVID-19 minimal 50 persen di empat kabupaten/kota, yang mana tempat venue pertandingan berlangsung.

Penguatan protokol kesehatan juga dilakukan oleh Sub-satuan Tugas Protokol Kesehatan PON XX Kabupaten Jayapura, termasuk di Bandara Internasional Sentani.

Sebanyak 11 relawan membagikan masker dan mengedukasi pendatang maupun masyarakat di kawasan bandara pada Rabu, 29 September 2021.

Para relawan yang bergabung dari berbagai organisasi membagikan 5.000 masker kain melalui program Gerai Masker. Masyarakat ramai mengunjungi gerai untuk mendapatkan masker yang dibagikan secara gratis oleh para Relawan Protokol Kesehatan.

3 dari 4 halaman

Antusias Masyarakat Diberikan Masker

Salah satu Ambassador PON XX, Fatma mengatakan, ia sangat antusias dengan adanya PON XX di Papua.

"Sejauh ini, semua berjalan dengan baik dan lancar, masyarakat sangat antusias dengan PON XX kali ini," kata Fatma.

Perihal protokol kesehatan selama pra-pembukaan, Fatma mengaku sudah berjalan cukup baik meski masih ada beberapa yang tidak patuh. Pembukaan PON XX Papua akan berlangsung pada 2 Oktober 2021.

"Dengan adanya program gerai dan mobil masker BNPB, diharapkan dapat meningkatkan disiplin protokol kesehatan masyarakat Papua," terangnya melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

"Program pembagian masker ini sangat bagus untuk dilakukan di sini. Apalagi untuk beberapa masyarakat masih ada yang belum memakai masker."

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Sembarangan Pakai Masker Dobel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.