Sukses

41 Juta Dosis Vaksin di Daerah Belum Dipakai

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada 41 juta vaksin yang belum disuntikkan karena sebelumnya menjadi cadangan di provinsi atau kota.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada 41 juta vaksin yang belum disuntikkan karena sebelumnya menjadi cadangan di provinsi atau kota. 

"Saat ini vaksin yang sudah diterima Kemenkes sebanyak 169 juta dosis. Dari jumlah tersebut, 157 juta dosis telah dikirim ke daerah. 9 juta dosis dalam perjalanan ke daerah, 3 juta dosis disimpan sebagai cadangan stok nasional. Jadi yang disuntikkan daerah baru 116 juta dosis, ada 41 juta dosis yang belum disuntikkan," katanya, dalam konferensi pers, Senin (13/9/2021).

Menkes menerangkan, Indonesia masih menempati urutan keenam jumlah vaksinasi terbanyak di dunia setelah China, India, Amerika Serikat, Brasil, dan Jepang.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percepatan Vaksinasi

Ia juga menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan untuk melakukan percepatan penyuntikan vaksin Covid-19 di daerah yang capaiannya masih di bawah 20 persen, yaitu:

- Lampung (masih sekitar 15 persen),

- Sumatera Barat (18 persen),

- Maluku Utara (18 persen), dan

- Papua (19 persen).

3 dari 3 halaman

Infografis Semua Vaksin Covid-19 Program Nasional Gratis, Laporkan bila Berbayar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

  • Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh.

    Vaksinasi

  • Vaksinasi Covid-19 adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun dari Covid-19.
    Vaksinasi Covid-19 adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun dari Covid-19.

    vaksinasi covid