Sukses

PTM di Jabar Bulan Ini, Hanya 4 Wilayah Ini yang Bisa Memulainya

Rencananya PTM atau Pembelajaran Tatap Muka di Jawa Barat dimulai bulan ini.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa pembelajaran tatap muka (PTM) sudah mulai dilakukan awal September 2021.

Menurut Ridwan Kamil, PTM berlaku bagi daerah di bawah regulasi PPKM Level 2 yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Majalengka, Subang, dan Garut.

"Tentu dengan prokes (protokol kesehatan) yang ketat," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Selasa, 31 Agustus 2021.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa empat wilayah tersebut bisa mulai ujicoba pelaksanaan PTM. Agar pelayanan pendidikan secara tatap muka terlaksana, Ridwan Kamil melayangkan usulan ke pemerintah agar PPKM diterapkan di tingkat kecamatan.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dedi Supandi, mengatakan, seluruh sekolah sudah menyiapkan layanan sarana untuk PTM maupun layanan untuk PJJ.

"Ketentuan terkait PTM mengacu pada status daerah PPKM yang dikeluarkan oleh peraturan pemerintah. Terlebih jika sudah memasuki level 2 dan 1 atau berkategori hijau dengan penerapan prokes ketat," kata Dedi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orangtua Boleh Memilih Anaknya PTM atau PJJ

Dedi menegaskan bahwa orangtua atau wali murid dalam tahap ini, berhak memilih anaknya menjalani PTM atau PJJ.

Dedi, menambahkan, jika terjadi kasus paparan COVID-19 di sekolah, pihak sekolah dapat menangani segera kepada ruang UKS dan telah berkoordinasi dengan puskesmas setempat.

"Maka percepatan vaksinasi pelajar segera dilakukan agar dapat membantu percepatan pembukaan PTM. Intinya kita memastikan agar seluruh anak didik mendapatkan hak belajarnya dengan aman dan sehat," kata Dedi.

 

3 dari 4 halaman

Sesuai Instruksi Presiden

Sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo, Dedi mengatakan bahwa PTM dapat dilakukan jika seluruh siswa dan penyelenggara pendidikan sudah menerima vaksinasi COVID-19.

Untuk itu, dirinya mengingatkan para siswa agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan meski sudah menerima vaksinasi.

"Karena COVID-19 masih ada. Sementara yang belum bisa melaksanakan PTM, siswa agar tetap semangat belajar meskipun harus dilakukan secara daring," Dedi menekankan.

4 dari 4 halaman

Infografis Pembelajaran Tatap Muka atau PTM di Sekolah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.