Sukses

Catat, 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Radang Sendi

Terdapat beberapa makanan yang dapat dihindari oleh para penderita radang sendi, daging olahan salah satunya.

Liputan6.com, Jakarta - Radang sendi tidak bisa disembuhkan hanya dengan makanan. Namun ada beberapa makanan yang dapat dihindari oleh para penderita radang sendi.

"Ada banyak tipe radang sendi tetapi kita dapat menggunakan makanan diet untuk radang sendi sehat yang sama untuk semua kondisi," ujar ahli diet di New York, Rachel Fine dilansir dari Health. 

Rachel menjelaskan, beberapa jenis makanan ini dapat membantu meredakan peradangan dan meredakan beberapa nyeri yang disebabkan oleh radang sendi. Meskipun begitu, tetap penting untuk mengingat makanan bukan hanya jadi salah satu penentu.

"Perlu diingat, Anda tidak dapat menyembuhkan radang sendi hanya melalui diet. Manajemen nyeri membutuhkan panduan dokter, diiringi dengan terapi fisik, manajemen stres, olahraga, dan sebagainya," ujar konsultan nutrisi di Miami, Monica Auslander Moreno.

Penasaran apa saja makanan yang bisa dihindari? Berikut penjelasannya.

1. Karbohidrat olahan (Refined carbohydates)

Rachel mengungkapkan, refined carbs dapat merangsang peradangan. Karena dinilai dapat menyerap hampir semua serat, vitamin, dan mineral untuk tubuh.

Penelitian mengungkapkan, gula dan tepung yang ada dalam sereal untuk sarapan dan makanan ringan kemasan, misalnya. Jenis makanan ini dapat memperburuk peradangan dan berpengaruh pada kesehatan usus.

2. Minuman yang mengandung pemanis buatan

Minuman dengan kandungan gula tinggi seperti soda telah dikaitkan dengan tingkat peradangan kronis yang lebih tinggi. American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, bahkan minuman bersoda dengan ukuran 12 ons pun bisa meningkatkan risiko radang sendi sebesar 63 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Omega-6

Makanan yang mengandung omega-6 tinggi ternyata juga masuk dalam makanan yang harus dihindari oleh penderita radang sendi. Seperti jagung, kedelai, dan sebaiknya.

"Molekul yang disebut eicosanoids, yang berasal dari asam lemak omega-6 dapat meningkatkan tekanan darah, memicu respons imun, dan memperburuk peradangan," ujar Rachel.

4. Daging olahan

Daging olahan seperti bacon atau sosis dapat memperburuk kondisi radang sendi. Mengingat daging olahan kurang diproses dan cenderung memiliki sodium tinggi yang dapat menyebabkan pembengkakan pada sendi.

5. Frozen pizza

Menurut Centers for Disease and Prevention (CDC), pizza dapat menyebabkan peradangan sendi. Refined carbs yang terkandung didalamya, ditambah dengan topping daging olahan akan menjadi kombinasi yang buruk untuk penderita radang sendi.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.