Sukses

Bila Positif COVID-19, Jubir Reisa: Tak Perlu Panik dan Berebut ICU

Jika Anda positif COVID-19, Jubir Reisa tegaskan tak perlu panik dan berebut ruang ICU.

Liputan6.com, Jakarta Jika hasil tes PCR menunjukkan Anda terkonfirmasi positif COVID-19, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan tak perlu panik dan berebut ruang ICU di rumah sakit. Upaya pertama yang harus dilakukan adalah melapor ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat dengan domisili.

"Laporkan ke puskemas, faskes terdekat atau satgas. Apabila mengalami gejala COVID-19 ringan hingga sedang, manfaatkan sarana telemedicine," tegas Reisa saat memberikan keterangan pers harian PPKM Darurat, Rabu (21/7/2021).

"Ingat, Anda tidak sendirian, kita akan saling membantu, dirawat di rumah sakit atau tidak, adalah keputusan dokter."

Apabila menjalani isolasi mandiri, Reisa Broto Asmoro mengingatkan, rajin mengukur saturasi oksigen suhu tubuh dan tensi darah, tetap berkonsultasi dengan dokter dan keluarga lewat saluran virtual.

"Jangan putus komunikasi. Apabila terjadi perburukan kondisi badan, komunikasi yang rutin memastikan bantuan akan cepat datang dan Anda akan tertolong dengan segera," pesannya.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jika Kontak Erat, Segera Lapor ke Puskesmas

Reisa Broto Asmoro menambahkan, apabila Anda berkontak erat, laporkan segera ke puskesmas. Pastikan diri dites dengan berani dan bertanggung jawab.

Ketahui dengan pasti kondisi tubuh agar tidak menjadi sumber penularan virus Corona yang tak diduga orang lain. Apabila negatif bisa membantu tim lacak atau tim tracing memastikan aman dari penularan virus Corona.

Tak lupa, praktikkan dengan disiplin ketat semua protokol kesehatan sekarang juga bersama-sama.

“Pakai masker dobel, jaga jarak dengan tetap di rumah, cuci tangan sesering mungkin,” saran Reisa dalam pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

"Kemudian, kurangi keluar rumah atau turunkan mobilitas dan jauhi kerumunan, karena pembawa virus Corona ini adalah manusia. Semakin banyak manusia berkumpul pada satu tempat, semakin besar kemungkinan virus menyebar."

3 dari 4 halaman

Kontribusi Turunkan Laju Penularan COVID-19

Disiplin protokol kesehatan, menurut Reisa Broto Asmoro, dapat berkontribusi mengurangi jumlah konfirmasi dan mengurangi angka kematian, dan menurunkan laju penularan COVID-19 secara drastis.

Upaya pelaporan diri ke puskesmas saat Anda terkonfirmasi positif dapat menurunkan beban rumah sakit, Bed Occupancy Ratio (BOR) dan meningkatkan angka kesembuhan.

Selain itu, upaya pelaporan diri saat kontak erat dapat membantu kabupaten/kota mencapai target pemeriksaan (testing) dan pelacakan (tracing) yang diamanatkan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

"Kombinasi upaya di atas juga membantu kabupaten/kota Anda keluar dari PPKM Darurat. Percayalah kita bisa, Indonesia, pasti bisa! Semoga Tuhan melindungi dan memberkati bangsa Indonesia,” tutup Reisa.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.