Sukses

998.400 Vaksin COVID-19 AstraZeneca Sumbangan Jepang Tiba di RI

Vaksin COVID-19 AstraZeneca sumbangan dari pemerintah Jepang tiba di Indonesia hari ini

Liputan6.com, Jakarta Indonesia hari ini, Kamis (1/7/2021), kedatangan 998.400 dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca. Kedatangan ini merupakan tahap yang ke-19 dari seluruh penerimaan vaksin untuk virus corona ke Tanah Air.

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro mengungkapkan bahwa vaksin COVID-19 AstraZeneca dalam bentuk jadi yang tiba hari ini merupakan sumbangan dari pemerintah Jepang.

"Ini merupakan hasil kerja sama bilateral Indonesia dan Jepang," kata Reisa dalam pengantar konferensi persnya.

Reisa mengungkapkan, kedatangan vaksin dari Jepang ini menambah total vaksin AstraZeneca di Indonesia menjadi 9.226.800 dosis. Sedangkan total vaksin dari semua merek adalah 99.226.800 dosis.

Pada sambutannya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pun mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah serta masyarakat Jepang yang telah menyumbangkan vaksinnya.

"Saya hanya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada bapak Duta Besar Jepang, dan juga pemerintah Jepang, dan seluruh rakyat Jepang, atas perhatian dan bantuannya, untuk membantu pengiriman vaksin AstraZeneca ke Indonesia," ujarnya.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kedekatan Dua Negara

Menurut Menkes, Jepang dan Indonesia sudah memiliki hubungan yang sudah sangat lama dan dekat.

"Saya percaya ini bukan dilatar belakangi oleh hal-hal lain, selain kedekatan hubungan antar kedua bangsa. Dan saya berharap rakyat Jepang juga sehat selalu, dan mudah-mudahan bisa mengatasi pandemi ini bersama-sama," lanjutnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengatakan, kedatangan ini merupakan yang pertama dari rencana dua kali kedatangan vaksin dari pemerintah Jepang.

3 dari 3 halaman

Infografis Perbandingan Vaksin Covid-19 Sinovac dengan AstraZeneca

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.