Sukses

Pilihan Yogurt Terbaik untuk Kesehatan dan Manfaatnya

Adapun manfaat kesehatan dari yogurt sudah tidak diragukan lagi. Menurut Harvard TH Chan School of Public Health, yogurt mengandung banyak nutrisi,

Liputan6.com, Jakarta Produsen yogurt kini telah berkembang pesat, bisa dilihat dari etalase toko-toko yang memajang berbagai jenis dan rasa yogurt, dari yang berbahan dasar kedelai, berbahan almond, berbahan dasar kelapa, dan banyak varietas lainnya.

Sekadar informasi, menurut Harvard TH Chan School of Public Health, yogurt berasal dari negara-negara di Asia Barat dan Timur Tengah. Yogurt ini sering digambarkan sebagai susu koagulasi atau susu kental.

Untuk membuat yoghurt, susu dipanaskan dan dicampur dengan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Setelah tercampur, diamkan selama beberapa jam antara 110-115 derajat Fahrenheit (43-46 derajat celcius).

Yogurt juga bisa disajikan dengan ragam tekstur dan biasanya disajikan dengan buah segar, kacang-kacangan dan granola untuk sarapan pagi, atau digunakan dalam saus gurih dan saus salad.

Adapun manfaat kesehatan dari yogurt sudah tidak diragukan lagi. Menurut Harvard TH Chan School of Public Health, yogurt mengandung banyak nutrisi, serta probiotik yang menyehatkan usus. Laktosa dalam yogurt dipecah menjadi asam laktat oleh bakteri, berarti bahkan orang dengan intoleransi laktosa dapat mengonsumsi yogurt dalam jumlah kecil.

Meskipun yogurt secara umum menyehatkan, zat tambahan seperti gula dapat meningkatkan kalori dan menurunkan kualitas nutrisinya, jadi pastikan untuk memperhatikan kandungannya. Berikut 6 manfaat yogurt bagi kesehatan, dilansir dari Livestrong.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membantu membangun tulang yang lebih kuat

Yogurt yang merupakan makanan olahan susu adalah sumber vitamin D yang menurut National Institute of Health (NIH), membantu membangun tulang yang kuat. Karena yogurt kaya akan kalsium dan vitamin D, sehingga yogurt juga direkomendasikan untuk orang dewasa dan yang lebih tua, yang menurut Tufts University, baik untuk membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang mereka.

2. Menurunkan risiko tekanan darah tinggi

Menurut Tufts University, orang yang mengonsumsi yogurt cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

3. Membantu mengurangi peradangan

Menurut studi per Mei 2017 yang mereview 52 studi klinis di ​Critical Reviews in Food Science and Nutrition, beberapa temuan ada yang saling bertentangan terkait peran yogurt dalam memerangi peradangan, tetapi secara umum, penelitian menunjukkan bahwa susu membantu mengurangi peradangan (kecuali pada orang yang alergi susu sapi). Namun penulis penelitian juga masih belum menemukan kejelasan komponen produk susu mana yang membantu peradangan.

4. Meningkatkan kesehatan usus

Menurut Harvard TH Chan School of Public Health, strain bakteri tertentu yang ditemukan dalam yogurt dapat memengaruhi risiko penyakit tertentu, termasuk sindrom iritasi usus besar (IBS), diabetes tipe 2, kolitis ulserativa, dan penyakit Crohn.

5. Memberikan nutrisi esensial

Menurut USDA, yogurt mengandung nutrisi penting termasuk B2, B12, kalsium, seng dan magnesium, serta dosis protein yang lumayan. Secara keseluruhan, yogurt kaya akan protein, fosfor, kalsium, dan vitamin B.

6. Membantu mencapai berat badan yang ideal

Menurut Tufts University, orang yang makan lebih dari tiga porsi yogurt per minggu tampaknya lebih mampu mengelola berat badan mereka, meskipun ada banyak variabel yang mungkin berkontribusi pada temuan ini. Satu ulasan yang rilis pada Mei 2014 di American Journal of Clinical Nutrition mengamati bahwa orang yang makan lebih banyak yogurt memperoleh lebih sedikit berat badan dari waktu ke waktu dan umumnya kenaikan lingkar pinggang mereka lebih kecil. Namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami sepenuhnya efek yogurt terhadap berat badan.

Satu kekurangan yogurt yaitu karena banyaknya pilihan, penting untuk membaca komposisinya, karena kandungan gula yang berlebihan bisa mengganggu manfaatnya. Gula tambahan berkontribusi pada asupan kalori tanpa menambahkan nutrisi penting. Gula ini sering ditemukan pada yogurt khusus untuk anak-anak atau balita.

 

3 dari 4 halaman

3 jenis yogurt terpopuler serta manfaatnya.

1. Yogurt plain

Yaitu mengacu pada setiap yogurt yang tidak diberi rasa maupun memiliki tambahan gula. Sama seperti susu, yogurt tawar tersedia dalam berbagai persentase lemak yang berbeda, yang artinya juga bisa mengubah nutrisinya. Jadi penting untuk membaca komposisinya. Tentu manfaat yogurt polos ini adalah pilihan paling sehat, yang seperti kanvas kosong yang bisa Anda dandani dengan buah, kacang, granole, dan sebagainya.

2. Yogurt Yunani (Greek Yogurt)

Salah satu manfaatnya yaitu dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, karena mengandung protein yang mengenyangkan (sekitar 30% lebih banyak daripada yogurt tradisional). Rasanya sedikit masam, karena berasal dari susu yang telah ditambahkan bakteri sehat yang membuatnya berfermentasi. Selama proses ini, yogurt mengental dan menghasilkan rasa yang sedikit tajam.

Yogurt kemudian disaring dengan kain katun tipis, yang memungkinkan bagian cairan whey susu mengalir keluar. Kalau yogurt biasa disaring dua kali, sementara Greek yogurt disaring tiga kali untuk menghapus whey tambahan (yang mengakibatkan konsistensi lebih tebal pada akhir proses ini). Proses penyaringan ini menjadikannya istimewa dengan kandungan lebih sedikit whey, laktosa, kalsium, natrium, dan gula dibandingkan yogurt biasa.

3. Yogurt susu kambing

Menurut penelitian yang dirilis Desember 2016 di Proceedings of the Pakistan Academy of Sciences, yogurt ini tentu bermanfaat bagi yang sensitif terhadap laktosa, karena kandungan laktosanya lebih sedikit, yang membuatnya lebih mudah untuk dicerna.

4 dari 4 halaman

Infografis Poin-Poin Penting Usulan RUU Larangan Minuman Beralkohol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.