Sukses

Aurel Hermansyah Hamil, Ini Fakta Perubahan Tubuh Ibu di Trimester Pertama

Liputan6.com, Jakarta - Satu bulan usai menikah, Aurel Hermansyah hamil. Kabar gembira ini dia sampaikan lewat akun Instagram pribadinya.

"MasyaAllah, terima kasih ya Allah. 1 bulan dikasih anugrah terindah sm Allah, doain ya onty online semoga diberi kesehatan," tulis istri YouTuber Atta Halilintar ini.

Trimester pertama kehamilan, seperti yang dijalani Aurel Hermansyah, berlangsung dari hari pertama haid terakhir (HPHT) hingga pekan 12-13. Di trimester ini ada banyak hal yang terjadi baik pada ibu serta janin.

Penting diingat bahwa setiap kehamilan itu berbeda-beda. Ada sebagian wanita yang merasa baik-baik saja di tiga bulan pertama tapi ada juga yang mengaku menantang. Berikut perubahan yang tejadi pada tubuh ibu hamil di trimester pertama seperti dikutip WebMD pada Senin, 10 Mei 2021.

a. Nyeri payudara

Payudara yang terasa nyeri merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang mempersiapkan saluran ASI yang nantinya bakal menyalurkan ASI ke sang buah hati saat lahir.

Memilih ukuran cup maupun lingkar dada bra yang lebih longgar bisa membantu kondisi ini.

b.Konstipasi

Ada sebagian ibu hamil (bumil) yang susah buang air besar. Hal ini lazim terjadi karena saat hamil hormon progresteron memperlambat kontraksi otot-otot di saluran pencernaan. Makan lebih banyak serat dan minum, banyak cairan, serta melakukan aktivitas fisik membantu mengurangi keluhan konstipasi.

c. Keluar cairan putih

Normal bila melihat ada cairan putih susui di awal-awal kehamilan. Ini namanya leukorrhea. Pastikan menjaga kebersihan organ intim bila ini terjadi.

d. Merasa lelah

Tubuh sedang bekerja keras mendukung janin yang sedang tumbuh. Ini artinya tubuh seorang bumil wajar sekali bila merasa lelah. Tidur siang sebentar bisa membantu kondisi ini. Pastikan juga asupan zat besi untuk mencegah terjadinya anemia.

 

2 dari 4 halaman

e. Tidak suka makanan atau suka makanan tertentu

Selera makan bisa berubah saat hamil. Mungkin dulu tidak suka makanan tersebut, tapi saat hamil jadi demen sekali.Mengidam makanan tertentu boleh-boleh saja, asal sehat dan rendah kalori.

f. Lebih sering kebelet pipis

Janin memang masih kecil tapi rahim membesar yang memberi tekanan pada kandung kemih. Ini yang membuat jadi lebih sering kebelet pipis. Namun, jangan batasi minum ya karena kondisi ini. Asupan cairan penting bagi ibu hamil

g. Suasana hati cepat berubah

Rasa lelah dan perubahan homron membuat emosi bumil bak rollercoaster, naik turun. Pastikan bercerita hal ini ke pasangan atau orangtua agar suasana hati lebih baik.

h. Mual

Morning sickness atau rasa mual  yang mungkin diikuti muntah terjadi pada sekitar 85 persen ibu hamil. Hal ini kerap terjadi di trimester pertama. Mual dan atau muntah ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh.

Beberapa wanita mengalmi morning sickness yang ringan atau bahkan tidak mengalami. Namun, ada juga yang parah hingga sulit masuk asupan makanan atau cairan. Jika ini terjadi segera kontak dokter Anda.i. Berat badan naik sedikitSelama trimester pertama berat badan bumil yang disarankan naik sekitar 1,5-3 kg. Pastikan menambah asupan kalori sekitar 150 kalori per hari.

3 dari 4 halaman

Infografis

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut