Sukses

Rajin Naik Sepeda dan Tak Makan Gorengan, Rahasia Pria 75 Tahun Mengontrol Diabetes

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria asal Oklahoma, Amerika Serikat bernama Simeon Gipson mengungkap rahasia mengalahkan diabetesnya di usianya yang ke-75.

Gipson pensiun dini dari pekerjaannya di bagian hukum-medis di Cherokee Nation W. W. Hastings Indian Hospital karena kondisi medisnya. Ia sempat mengalami operasi penggantian lutut dan operasi bahu.

Sebenarnya kondisi yang dialaminya sama seperti yang dialami kebanyakan orang lanjut usia (lansia). Apalagi, Gipson bertambah gemuk, yang kemudian ia menderita diabetes. Sementara kondisi diabetes menjadi lebih rumit untuk ditangani seiring pertambahan usia.

Namun, Gipson enggan menjalani terapi suntik untuk mengatasi diabetesnya, ia pun mulai mempertimbangkan untuk berolahraga. Akhirnya memilih olahraga bersepeda.

"Sejak itu, saya suka mengayuh sepeda mengelilingi tempat tinggal. Sepeda tersebut merupakan hadiah dari anak saya yang antusias mendengar niat saya," katanya, seperti dikutip Menshealth.

Awalnya ia mencoba bersepeda sejauh 16 km. Lalu secara bertahap menambahkan jarak lintasan. Hingga kini, ia mampu mencapai 160 km.

 

2 dari 4 halaman

Ikut kompetisi

Gipson sampai dihubungi oleh Oklahoma Senior Games yang mendukungnya untuk berpartisipasi di balapan sepeda. Gipson yang tertarik mulai menjadikan kompetisi sebagai bagian dari hidupnya. Dan itu telah menambah vitalitasnya.

Selain bersepeda, Gipson mengatakan dirinya berusaha untuk makan lebih baik, seperti mengurangi makanan yang digoreng, serta rutin minum sembilan obatnya untuk diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Dalam 10 tahun, ia berhasil menurunkan berat badan hingga 34 kg.

“Saya bertahan selama ini dalam bersepeda karena keras kepala dan karena senang. Saya juga selalu ingin menikmati balapan, tidak peduli seberapa sakit saya,” kata Gipson.

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Penderita Diabetes Hindari Penularan Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: