Sukses

Mulai Kebiasaan Makan Sehat dengan Langkah Sederhana

Liputan6.com, Jakarta - Memulai kebiasaan makan sehat dapat diawali dengan langkah sederhana. Meski sebagian besar kebiasaan makan dibentuk sejak masa kanak-kanak, bukan berarti terlambat untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Salah satu langkah awal memulai kebiasaan makan sehat adalah dengan sarapan. Namun, ingat menu sarapannya juga haruslah yang sehat. Dilansir dari situs Mayo Clinic, dalam menu sarapan sertakan setidaknya dua kelompok makanan, misalnya biji-bijian, protein tanpa lemak, produk susu, atau buah dan sayur. 

Sarapan setiap hari juga telah terbukti secara ilmiah membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan dengan mengurangi rasa lapar. Ketika menu sarapan yang dikonsumsi adalah makanan sehat, lebih mudah untuk menolak pilihan yang tidak sehat di siang hari.

Memulai kebiasaan makan sehat tidak terlepas dari memenuhi kebutuhan air. Namun, sayangnya air adalah nutrisi yang sering diabaikan, padahal setiap sistem di tubuh membutuhkannya agar dapat bekerja optimal. 

Menurut rekomendasi dari Institute of Medicine, pria membutuhkan sekitar 13 gelas air, sedangkan wanita sembilan gelas per hari. Minum segelas air sebelum makan juga dapat mencegah Anda dari makan kalori yang tidak perlu.

2 dari 4 halaman

Berlatih Mindful Eating

Mindfulness merupakan bentuk meditasi yang memfokuskan perhatian pada saat ini atau apa yang dirasakan pada setiap momen, bahkan saat makan yang dikenal dengan istilah mindful eating. Mindful eating membantu Anda memperlambat dan menikmati makanan yang dapat mencegah makan berlebihan. 

Luangkan waktu sejenak sebelum makan dan pikirkan bahwa makanan yang akan Anda makan merupakan bahan bakar untuk tubuh. Ingatkan ke diri sendiri bahwa Anda ingin merasa puas, bukan kenyang.

Selain itu, perlu juga untuk menghindari makanan olahan seperti makanan beku dan memperhatikan porsi makanan dalam kelompok protein dan lemak. Nutrisi protein dan lemak memang diperlukan, tetapi cenderung tinggi kalori.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 4 halaman

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini